Apa yang Baru di VOSviewer 1.16.17 Stand Alone?

Belum genap seminggu sejak VOSviewer online dirilis, kali ini hadir update untuk versi stand alone (offline). Apa saja fitur-fitur pembaruannya?


Sumber: erickunto.com


Hari ini CWTS merilis pemutakhiran VOSviewer stand alone versi 1.6.17 setelah belum genap seminggu VOSviewer online dirilis. Versi terbaru VOSviewer ini memungkinkan pengguna untuk langsung membagikan visualisasi ke VOSviewer online dengan lebih mudah (perbandingan VOSviewer stand alone dengan online dapat diakses di sini). Fitur baru lainnya adalah dukungan untuk Lens, sumber data bibliometrik terbuka yang dapat diakses secara gratis yang akhir-akhir ini menjadi semakin populer.

Apa fitur terbaru VOSviewer?

VOSviewer merupakan perangkat lunak yang dapat membantu penggunanya untuk membuat visualisasi atau pemetaan data bibliografi. Dengan menggunakan perangkat ini, pengguna dapat dengan lebih mudah mengidentifikasi isu-isu apa saja yang pernah diteliti pada suatu kajian tertentu, siapa saja para peneliti atau penulis yang berpengaruh, artikel mana yang menjadi rujukan para peneliti lainnya; yang tentu saja hal ini dapat membantu kita meramu tinjauan pustaka.

Jika Anda ingin membaca artikel-artikel yang pernah saya tulis terkait VOSviewer silakan kunjungi tautan ini.

Sejak dirilis tahun 2009, VOSviewer telah melakukan pemutakhiran secara berkelanjutan. Lalu, apa saja fitur-fitur terbaru yang ada di versi 1.16.17 ini? Apa keuntungan pengguna melakukan pemutakhiran VOSviewer?

Mendukung basis data Lens

VOSviewer menyediakan dukungan untuk membangun jaringan bibliometrik berdasarkan data dari berbagai sumber data terbuka, termasuk Crossref, Europe PMC, Microsoft Academic, OpenCitations, dan PubMed. Beberapa sumber data lain yang didukung oleh VOSviewer, seperti Dimensions menawarkan akses gratis ke (sebagian) data mereka. Meskipun demikian, saya menyarankan Anda untuk melakukan pengecekan ke laman kebijakan Dimensions karena mereka memberlakukan batasan tentang bagaimana data dapat digunakan.

VOSviewer versi 1.6.17 menawarkan dukungan baru untuk membangun jaringan bibliometrik berdasarkan data yang diekspor dari Lens. Data dari Lens dapat diakses secara gratis untuk penggunaan pribadi dengan beberapa batasan. Institusi perlu berlangganan untuk menggunakan skema institusional yang disediakan oleh Lens atau jika berencana menggunakan data dari Lens secara komersial. 

Namun, Lens memiliki kebijakan akses yang adil yang menjanjikan bahwa “tidak seorang pun akan dirugikan oleh kurangnya akses ke skema institusional Lens.org”. Yang lebih penting, fitur ekspor di antarmuka web Lens sangat murah hati. Lens memungkinkan pengguna untuk mengekspor data hingga 50.000 metadata referensi, yang lebih baik dibandingkan dengan sumber data lainnya bahkan yang belangganan sekalipun seperti Scopus dan WoS. 

Membagikan visualisasi ke VOSviewer online

VOSviewer memiliki fitur berbagi baru yang memungkinkan visualisasi ditampilkan secara interaktif dan tersedia secara online untuk publik. Fitur ini dapat digunakan untuk mengunggah peta jejaring yang divisualisasikan VOSviewer dari layanan penyimpanan awan. Saat ini ada tiga layanan didukung: Google Drive, Microsoft OneDrive, dan Dropbox. 

Peta jejaring akan diunggah dalam file JSON VOSviewer, jenis file baru yang didukung oleh VOSviewer. Dengan menggunakan file JSON yang tersedia di penyimpanan awan, jaringan kemudian akan dibuka dan divisualisasikan di VOSviewer online, versi web yang dirilis minggu lalu.

Menu berbagi visualisasi interaktif ke VOSviewer online

Langkah selanjutnya adalah menggunakan fitur Share di VOSviewer online untuk mendapatkan link ke visualisasi interaktif. Tautan ini dapat digunakan untuk berbagi visualisasi dengan orang lain. Selain itu, seperti yang telah dibahas dalam artikel beberapa hari lalu, visualisasi juga dapat disematkan di halaman web seperti contoh di bawah ini.

Video pengantar Prof. Neck

Sebelum menuju ke contoh hasil visualisasi, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu pengantar sekaligus demonstrasi yang disampaikan langsung oleh pengembang VOSviewer, Prof. Neck Jan van Eck berikut.

Contoh visualisasi

Visualisasi ini saya lakukan dengan memanfaatkan data dari Lens untuk publikasi semua publikasi (tanpa membedakan tipe) yang ditulis oleh semua penulis di bawah afiliasi Universitas Gadjah Mada. Saya mencoba memetakan publikasi dari tahun 2016-2021 berdasarkan relasi kata kunci dan co-authorship. Dataset dapat diakses di sini jika Anda berminat untuk mencobanya.

Visualisasi kata kunci

Visualisasi co-authorship

Tutorial ekspor Lens

Beberapa waktu lalu, lebih tepatnya tahun lalu saya membawakan webinar terkait pemanfaatan basis data Lens untuk penelusuran referensi. Jika Anda tertarik menonton ulang rekamannya, silakan putar video di bawah ini dan dapatkan materinya melalui tautan ini. Video ini menjelaskan bagaimana kita dapat menggunakan data yang diekspor dari Lens kemudian diimpor ke Mendeley.

Tertarik untuk membuat visualisasi semacam ini? Kunjungi "Tutorial Membuat Visualisasi Peta Riset Interaktif Memanfaatkan VOSviewer Online" melalui tautan ini. Temukan pula visualisasi-visualisasi apa saja yang dapat dibuat menggunakan VOSviewer dengan mengunjungi artikel ini.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagian ke kolega dan jejaring Anda. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat ditulis pada kolom komentar.

Baca Juga