Beberapa Contoh Visualisasi Peta Riset Interaktif Menggunakan VOSviewer Online

Hasil visualisasi peta riset interaktif menggunakan VOSviewer online. Cek barang kali sesuai dengan topik riset Anda dan jadikan peluang kolaborasi.
Sumber: erickunto.com


VOSviewer dan bibliometrik

Sejak dirilis 16 Juli 2021 beberapa waktu lalu, VOSviewer online menjanjikan hasil visualisasi yang lebih kaya, interaktif, dan informatif. Penggunaan VOSviewer yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh kaum akademisi Indonesia juga telah menunjukkan betapa besarnya peluang pemanfaatan perangkat lunak ini untuk memetakan tren riset, evolusi riset, peta kolaborasi, dlsb. Sejak tahun 2014, setidaknya ada 46 artikel yang mengulas tentang bibliometrik sebagaimana tercatat di basis data Garuda

Kajian bibliometrik yang biasanya menjadi lahan para pustakawan pada faktanya saat ini mulai diminati oleh para akademisi lain yang bahkan tidak pernah mendapatkan mata kuliah tentang bibliometrik, termasuk saya. Kajian yang dikenal dapat dilakukan dengan waktu yang relatif singkat karena berbekal dataset yang berasal dari basis data bisa jadi menjadi alasan utama tingginya peningkatan kajian bibliometrik. 

Reproduksi riset bibliometrik dengan VOSviewer

Tulisan pertama saya tentang bibliometrik terbit pada tahun 2019 di jurnal Aksara, 31(1), 91–111 dengan judul "Analisis Bibliometrik Berkala Ilmiah Names: Journal of Onomastics dan Peluang Riset Onomastik di Indonesia". Klik tautan ini jika Anda tertarik untuk membaca lebih lengkap artikel tersebut. Sengaja saya tulisan dalam bahasa Indonesia dan saya kirimkan ke jurnal nasional agar lebih banyak akademisi yang mengenal bibliomterik. Dataset juga saya unggah di repositori data terbuka agar pembaca dapat mencoba menggunakan (ulang) data tersebut. Bahkan, metode yang saya lakukan juga saya rekam agar bisa menjadi tutorial untuk rekan-rekan lain. Berikut tautan penting untuk artikel saya yang saya sebutkan di atas tentang bibliometrik.

  • tautan artikel [link]
  • dataset [link]
  • cara ekspor metadata artikel dari Scopus [link]
  • membangun science mapping menggunakan VOSviewer [link]
  • perangkat lunak VOSviewer [link]

Pegiat bibliometrik

Di Indonesia, terdapat kumpulan rekan-rekan pegiat bibliometrik yang menyelanggarakan agenda mingguan yang membahas bibliometrik dan sejenisnya. Sesi sharing yang lebih bersifat obrolan kasual ini biasanya dilakukan setiap Ahad malam mulai pukul 20.00 WIB. Kebetulan, hari Ahad lalu saya diperkenankan memberikan demonstrasi terkait penggunaan VOSviewer Online. Jika kebetulan Anda tidak bergabung di agenda tersebut, Anda dapat mempelajari materi "Berkenalan dengan VOSviewer Online" melalui tautan ini

Dari hasil kegiatan tersebut, beberapa rekan pegiat bibliometrik berbagi hasil visualisasinya di grup Whataspp. Atas seizin para kreator, visualisasi tersebut saya sematkan di artikel ini agar lebih banyak orang yang mengenal, mencoba, memiliki rasa ingin tahu terkait bibliometrik. Selamat datang di dunia bibliometrik!

Penting! Jika dari hasil eksplorasi visualisasi di bawah ini Anda memiliki ketertarikan atau minat riset yang sejalan, saya rekomendasikan Anda untuk menghubungi para kreator dalam rangka kolaborasi lebih lanjut. Tidak perlu ragu dan silakan kontak melalui informasi yang saya cantumkan di setiap visualisasi yang dibuat.

Eric Kunto Aribowo

Sebelumnya, saya telah membuat visualisasi interaktif menggunakan VOSviewer online dari artikel bibliometrik yang saya sebutkan sebelumnya. Anda dapat mengaksesnya di sini. Pada kesempatan ini, saya akan melampirkan dua visualisasi bukan tentang topik tertentu seperti kebanyakan analisis bibliometrik yang dilakukan. Namun, saya akan menampilkan peta kolaborasi dan peta jalan riset saya selama ini, antara tahun 2012-2021. Daftar atau riwayat publikasi saya dapat dilihat melalui tautan ini.

Peta jalan riset

Visualisasi ini saya buat dengan menggunakan data dengan format RIS yang ada di Reference Management Software. Anda dapat memanfaatkan Mendeley (klik di sini untuk mengetahui blogpost saya tentang Mendeley) atau Zotero (beberapa blogpost saya tentang Zotero). Saya sangat terbuka untuk kolaborasi lebih lanjut untuk tema-tema riset di bawah ini. Anda tertarik? Silakan kontak saya melalui tautan ini.

Sebagai panduan ekplorasi, silakan lakukan:

  • zoom in dan/ zoom out pada tombol yang ada di sini kanan
  • temukan panel di sisi kiri dan coba pilih Find dan pilih kata kunci tertentu
  • melalui panel di sebelah kiri, klik View dan pilih Color > avg.pub.year untuk menampilkan tahun publikasi

Peta kolaborasi

Berikut adalah para kolaborator yang pernah menulis artikel bersama saya. Pada kesempatan ini pula, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kolaborasi dan pengalaman penuh manfaat yang saya dapatkan. Dan tentunya, saya masih ingin berkolaborasi untuk artikel-artikel berikutnya. Jika Anda tertarik berkolaborasi dengan saya, silakan kontak saya. Bisa jadi ada hal-hal menarik yang akan kita lakukan setelah Anda menghubungi saya.

Budi Hermawan

Jika Anda menekuni bidang manajemen, barang kali tertarik tentang tema tata kelola perusahaan yang baik, seperti yang ditekuni oleh Budi Hermawan. Silakan kontak via Instagram jika berminat berkolaborasi lebih jauh dengan beliau. Konteks terkait visualisasi dapat Anda cermati melalui informasi di bawah ini.

  • Kreator: Budi Hermawan
  • Medsos kreator: www.instagram/arjunabudi
  • ORCID kreator: 0000-0002-8757-022X
  • Basis data: Scopus (dari seseorang yang tidak ingin disebutkan namanya 😁)
  • Kata kunci: Good Corporate Governace
  • Periode: 1994-2020
  • Total artikel: 1,120 dokumen
  • Filter: TITLE-ABS-KEY ( "Good Corporate Governance" )

Ingin mencoba membuat?

Jika Anda tertarik mencoba membuat dan membagikan visualisasi interaktif seperti di atas, silakan kunjungi tautan ini. Tertarik memajang hasil visualisasi Anda atau memiliki komentar dan pertanyaan terkait hal ini? Silakan bubuhkan di kolom komentar di bawah ini atau kontak saya di sini.

Baca Juga