Reactions: Cara baru memberikan tanggapan di Wakelet

Sekarang kita bisa menambahkan reaksi atau tanggapan di setiap item yang ada di koleksi Wakelet. Ini dapat digunakan untuk poling, feedback tugas, dll

Sumber: wakelet.com


Berita gembira

Pada Wakelet Ambassador & Community Leader Training di bulan Februari, tepatnya tanggal 10 (di Indonesia jatuh pada tanggal 11 Februari pukul 00.00 WIB) Wakelet merilis salah satu fitur yang paling dinanti oleh banyak penggunanya. Wakelet menyebutnya dengan istilah Reactions. Fitur ini sebenarnya telah disinggung pada saat peluncuran Space bulan Agustus 2020 silam. Dengan fitur ini, pembaca atau pengunjung koleksi dapat menambahkan reaksi atau tanggapan dari setiap item yang ditambahkan di koleksi.

Reactions

Ide dari fitur ini adalah pembaca dan pemilik koleksi dapat menambahkan reaksi atau tanggapan melalui emoticon yang tersedia. Menariknya, setiap tanggapan dari masing-masing pengguna akan direkam dan dikalkulasi setiap pilihan reaksinya. Emoticon yang tersedia untuk memberikan tanggapan seperti di bawah ini.

๐Ÿ‘๐Ÿผ ๐Ÿ‘ ๐Ÿ’™ ๐Ÿ˜ง ๐Ÿ’ฏ

Makna kode

Tentunya makna kode tersebut dapat disesuaikan oleh kehendak pembaca masing-masing. Namun, pemilik koleksi juga dapat menentukan makna dari setiap kode tersebut, misalnya:

  • ๐Ÿ‘๐Ÿผ Keren
  • ๐Ÿ‘ Bagus
  • ๐Ÿ’™ Suka
  • ๐Ÿ˜ง Kaget
  • ๐Ÿ’ฏ Benar

Syarat menambahkan reaksi

Untuk menambahkan reaksi, pengguna harus sudah memiliki akun Wakelet. Hal ini disebabkan hasil rekapitulasi dari setiap reaksi ketika diklik akan menunjukkan pemberi tanggapan tersebut. Kita juga langsung dapat menuju ke profil pemberi tanggapan untuk mengetahui biografi dan koleksi Wakelet yang telah dibuatnya. Jika Anda belum memiliki akun di Wakelet silakan ikuti tutorial saya di tautan ini atau saksikan video tutorialnya di YouTube.

Catatan! Jika Anda tertarik untuk mendapatkan panduan dan tutorial Wakelet lebih lengkap, silakan kunjungi profil Wakelet saya di tautan ini atau kunjungi sumber belajar mandiri di website saya atau kunjungi profil komunitas Wakelet Indonesia.

Bagaimana menggunakannya?

Dengan adanya fitur untuk memberikan reaksi ini, kita dapat memanfaatkan untuk beragam fungsi, misalnya untuk jajak pendapat, mengapresiasi pekerjaan siswa, menandai bahwa item tersebut benar (misalnya untuk tugas siswa), meninggalkan feedback, dlsb. Anda dapat berkreasi lebih lanjut dalam memanfaatkan fitur ini.

Sumber: wakelet.com


Uji coba

Jika Anda tertarik untuk mencoba fitur ini, silakan kunjungi koleksi Wakelet melalui tautan ini dan berikan tanggapan pada masing-masing item. Anda juga dapat mengganti pilihan tanggapan jika menurut Anda pilihan pertama bukanlah pilihan yang tepat. Untuk menambahkan tanggapan Anda tinggal menekan ikon jempol yang ada di sisi kanan item lalu pilih reaksi yang Anda suka.

Penting! Saat ini fitur ini baru tersedia dalam versi web. Jika Anda mengakses via smartphone, pastikan Anda membuka koleksi melalui browser, bukan via aplikasi. Reaksi di aplikasi akan dirilis pada update berikutnya.

Pemberian reaksi emoticon di item Wakelet


Reactions di iOS

Pada update aplikasi Wakelet di iOS terbaru, pengguna juga sudah dapat menambahkan reaksi langsung melalui smartphone. Caranya juga tidak jauh berbeda, tinggal klik ikom jempol lalu pilih tanggapan Anda. Jika ingin membatalkan, silakan klik ulang ikon yang Anda pilih sebelumnya.

Feedback

Bagaimana menurut Anda fitur ini? Bagaimana Anda akan memanfaatkan fitur ini untuk koleksi yang Anda buat? Jika Anda memiliki tanggapan atau masukan terkait fitur ini, silakan beri komentar di bawah melalui tombol “Posting Komentar”.

Baca Juga