Perbandingan VOSviewer Stand Alone (Offline) dengan Versi Online

VOSviewer Online merupakan versi online dari VOSviewer stand alone (yang harus dipasang di laptop/PC). Lalu, apa perbedaan mendasar kedua aplikasi?

Sumber: erickunto.com

Apa itu VOSviewer online?

VOSviewer online merupakan versi daring dari VOSviewer stand alone yang harus dipasang di laptop/PC. Versi online ini resmi dirilis pada 16 Juli 2021 dan dapat diakses secara gratis melalui laman app.vosviewer.com

Fungsi utamanya untuk menampilkan visualisasi yang interaktif sehingga pembaca dapat melakukan eksplorasi hasil visualisasi secara mandiri. Meskipun demikian, VOSviewer stand alone masih tetap dibutuhkan untuk menjalankan analisis bibliometrik, terutama jika Anda ingin membuat hasil visualisasi menjadi interaktif dan online. 

Terwujudnya versi online ini salah satunya karena didukung pendanaan dari DigitalScience. Dari informasi yang saya dapatkan, dalam waktu dekat akan muncul integrasi VOSviewer online di Dimensions, basis data gratis dan terbuka untuk artikel ilmiah dan dataset. 

Jangan sampai ketinggalan informasi mengenai riset dan publikasi dengan melakukan langganan artikel saya dengan cara mengisi alamat email pada Nawala Digital yang berada di samping atau di bawah artikel ini.

VOSviewer stand alone

Secara tampilan atau antar muka, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan VOSviewer stand alone. Hanya saja ada beberapa tombol atau menu yang berbeda. Jika Anda belum mengenal baik dengan antar muka versi stand alone, Anda dapat menyaksikan video di bawah ini.

Antar muka VOSviewer online

VOSviewer versi online memiliki dua menu utama yang berada di kanan atas dan sisi kiri layar Anda. Jika Anda belum menemukan menu yang ada di sisi kiri, silakan klik tombol panah. Secara otomatis, menu akan muncul. Ikon-ikon yang berada di kanan atas disebut Action Buttons dan yang berada di sisi kiri disebut Control Panel. Berikut masing-masing ikon dan fungsinya sebagaimana saya adaptasi dari app.vosviewer.com/docs/user-interface.

Action Buttons

Dari kiri ke kanan, Anda akan menemukan ikon-ikon sebagai berikut.

  • Gunakan tombol Open untuk membuka visualisasi melalui file JSON VOSviewer atau map dan network.
  • Gunakan tombol Save untuk menyimpan jaringan dalam file JSON VOSviewer.
  • Gunakan tombol Share untuk membagikan visualisasi jaringan menggunakan kode QR, tautan, atau kode HTML untuk menyematkan visualisasi di halaman web.
  • Gunakan tombol Screenshoot untuk membuat tangkapan layar dari visualisasi dalam format PNG.
  • Gunakan tombol antarmuka pengguna Dark untuk beralih ke antarmuka pengguna gelap VOSviewer Online.
  • Gunakan tombol Fullscreen untuk melihat VOSviewer Online dalam layar penuh.
  • Gunakan tombol Info untuk melihat Dokumen VOSviewer Online atau Tentang informasi VOSviewer Online.

Agar lebih jelas, Anda dapat mencermati tangkapan layar di bawah ini. 

Action buttons pada VOSviewer online

Control Panel

Panel kontrol terdiri dari tab berikut:

  • View, gunakan tab ini untuk melakukan penyesuaian pada visualisasi di panel utama.
  • Find, gunakan tab ini untuk menemukan item dalam visualisasi di panel utama.
  • Update, gunakan tab ini untuk memperbarui tata letak dan pengelompokan jaringan yang divisualisasikan di panel utama.

Berikut ini adalah hasil tangkapan layar Control Panel.

Control panel pada VOSviewer online

Contoh visualisasi

Berikut ini adalah satu salah contoh visualisasi yang dibuat menggunakan VOSviewer online. Jika Anda tertarik untuk melihat contoh-contoh visualisasi yang lain, silakan kunjungi tautan ini. Untuk pemetaan atau visualisasi yang lebih rinci, Anda dapat mengunjungi "Isu dan Topik Riset Impoliteness" melalui tautan ini. Anda juga akan menemukan visualisasi penulis dan artikel yang berpengaruh serta jurnal-jurnal yang menerbitkan artikel dengan topik impoliteness

Visualisasi semacam ini dapat Anda manfaatkan untuk menulis tinjauan pustaka, khususnya mengidentifikasi gap riset dan menemukan novelty atau kebaruan.

Perbandingan VOSviewer stand alone dengan versi online

Jika Anda telah familiar dengan VOSviewer stand alone, kini saatnya mencoba versi online. Setidaknya ada tiga hal yang saya temukan terkait perbedaan kedua versi ini.

Visualisasi

Hasil ekspor visualisasi pada VOSviewer online berupa gambar dengan format PNG. Gambar inilah yang sering kali disisipkan pada artikel maupun web. Kekurangannya, pembaca hanya akan mendapati node-node dengan frekuensi tinggi saja, yang ditampilkan dengan bulatan yang lebih besar. Untuk node-node lain yang lebih kecil, pembaca akan kesulitan membacanya.

Kebalikannya, untuk hasil visualisasi VOSviewer online lebih dinamis dan interaktif. Pembaca dapat melakukan eksplorasi node-node yang diinginkan. Bahkan, pembaca juga dapat mencari kata kunci tertentu yang diinginkan melalui Find yang ada di Control Panel sebelah kiri layar. Jika Anda belum percaya, silakan kembali ke contoh visualisasi yang saya tampilkan di atas lalu coba masukkan atau cari kata kunci tertentu.

Jumlah output visualisasi

VOSviewer stand alone memungkinkan menampilkan tiga tipe visualisasi: network, overlay, dan density. Network menampilkan visualisasi jejaring atau keterkaitan antara penulis, topik, artikel, afiliasi, negara, dlsb. Overlay juga menampilkan layaknya visualisasi network namun diikuti dengan rata-rata tahun sehingga memudahkan pembaca untuk mengetahui perkembangan atau evoluasi sebuah topik riset. Density dapat menampilkan kadar kejenuhan sebuah topik. Topik yang semakin banyak dibahas (muncul pada keywords di artikel) akan ditampilkan dengan warna yang semakin pekat. Jika Anda belum memiliki gambaran mengenai ketiga perbedaan visualisasi ini, silakan kunjungi tautan ini.

Visualisasi VOSviewer online tidak membedakan antara network dan density. Anda dapat langsung menemukan topik-topik mana yang lebih banyak dibahas dengan melihat node-node yang divisualisasikan lebih besar dengan node lain. Anda sekaligus juga dapat mencermati node-node atau keywords lain yang terkait dengan node tersebut. Adapun untuk menampilkan visualisasi overlay Anda dapat menuju Control Panel lalu temukan View. Temukan opsi Color dan pilih avg.pub.year. Silakan kembali pada visualisasi di atas untuk mencobanya.

Tipe file yang bisa digunakan

VOSviewer stand alone memiliki keleluasaan tipe file jika dibandingkan dengan versi online. Versi stand alone dapat menerima file dalam format csv (diunduh dari basis data tertentu), RIS (dari Mendeley atau Zotero), GML, dlsb. Bahkan, kita dapat langsung melakukan visualisasi tanpa harus mengimpor dataset tertentu melalui API yang dibuka oleh beberapa platform, misalnya CrossRef.

Kebalikannya, VOSviewer online saat ini hanya memiliki dua tipe file yang didukung: JSON dan map. Kedua tipe file ini dapat Anda buat menggunakan VOSviewer stand alone. Namun keunikannya, setiap visualisasi yang dibagikan oleh pengguna dapat langsung disimpan ke format JSON. Artinya, jika Anda menemukan visualisasi online seperti di atas misalnya, Anda dapat langsung menyimpan file JSON tanpa harus meminta izin ke kreator karena data tersebut bersifat publik.

Poin-poin penting

Berikut adalah 3 poin penting dari VOSviewer online yang saya dapati dari hasil pengalaman saya. Jika Anda memiliki pendapat atau komentar lain, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah artikel ini.

3 poin utama VOSviewer online

Materi webinar

Tertarik untuk mencoba VOSviewer online? Silakan kunjungi tautan ini untuk mendapatkan materi "Berkenalan dengan VOSviewer Online" dari webinar yang saya sampaikan pada Ahad, 18 Juli 2021 lalu dalam Kongkow Bareng Academic Librarians #43. 

Silakan bagikan artikel ini kepada kolega dan rekan kerja Anda, jika dirasa bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Baca Juga