Isu dan Topik Riset Impoliteness Bidang Pragmatik

Apa saja isu-isu riset tentang impoliteness? Siapa penulis potensial? Artikel apa yang banyak dikutip? Jurnal mana yang paling banyak dituju?

Sumber: erickunto.com


Semakin lama saya mencoba VOSviewer online, semakin saya tertarik dan jatuh hati. Visualisasinya yang interaktif dapat membantu pembaca menggali lebih dalam dari data yang ditampilkan. Jika biasanya peta jaringan hanya disisipkan dalam format gambar, saat ini kita dapat menyematkan di blog atau laman web seperti yang saya lakukan di bawah ini. Kelebihannya, pembaca dapat melakukan pencarian secara mandiri dan memilih node (atau titik-titik) tertentu sesuai yang diinginkannya. Node ini menampilkan hasil dari visualisasi para penulis, dokumen, kata kunci, afiliasi, negara, bahkan jurnal pada topik-topik tertentu.

Berikut ini akan saya sajikan beberapa hasil visualisasi terkait topik tentang impoliteness atau ketidaksantunan berbahasa. Bagi akademisi yang menggeluti bidang linguistik atau bahasa, pasti akan mengenal betul bahwa kajian ini berada di bawah Pragmatik. Apa saja topik-topik yang telah dibahas terkait impoliteness? Siapa saja para penulis yang telah melakukan penelitian? Jurnal apa saja yang menjadi otlet untuk menerbitkan artikel? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dengan mudah Anda dapatkan melalui hasil visualisasi berikut.

Konteks data untuk visualisasi

Namun, sebelum saya menayangkan hasil visualisasi tentang impoliteness, ada baiknya Anda mencermati konteks terkait dataset yang saya manfaatkan. Informasi ini mencakup basis data, kata kunci, dan filter yang saya gunakan dalam melakukan penelusuran.

  • basis data: Scopus
  • tanggal akses: 20 Juli 2021
  • string pencarian: TITLE-ABS-KEY ( impoliteness ) AND ( LIMIT-TO ( PUBSTAGE , "final" ) ) AND ( LIMIT-TO ( DOCTYPE , "ar" ) ) AND ( LIMIT-TO ( SRCTYPE , "j" ) )
  • total dokumen: 327 artikel
  • jenis publikasi: artikel
  • versi artikel: final

Keyword co-occurence

Visualisasi ini menampilkan kata-kata kunci yang muncul pada 327 artikel terkait impoliteness. Semakin besar node berarti semakin besar pula frekuensi penggunaan kata kunci tersebut di dalam keseluruhan artikel yang ada. Jika Anda mendapati ada node yang terhubung satu sama lain, itu berarti kata-kata kunci tersebut sering muncul berdampingan. Silakan klik salah satu kata kunci yang Anda inginkan dan coba lihat apa hasilnya. Anda juga dapat mencari kata kunci tertentu melalui sidebar sebelah kiri dan temukan Find. Anda akan menemukan kata-kata kunci yang telah diurutkan berdasarkan abjad.

Sources citation

Setelah Anda mengetahui isu-isu atau topik riset tentang impoliteness sebagaimana tergambar pada visualisasi di atas, pertanyaan berikutnya yang mungkin muncul di benak Anda adalah jurnal mana yang menampung atau menerima topik riset impoliteness. Jurnal apa yang paling banyak menerbitkan artikel dengan topik ini? Informasi ini dapat Anda manfaatkan untuk menelusur referensi-referensi terkait atau bahkan menjadikannya sebagai jurnal target atau tujuan pengiriman artikel Anda berikutnya. 

Documents citation

Artikel mana saja yang paling banyak dikutip? Bagaimana jejaring artikel dalam hal kutipan? Pertanyaan ini akan Anda temukan jawabannya pada visualisasi di bawah ini.

Tip! Jika Anda ingin mengunjungi artikel tertentu, silakan klik pada node yang Anda inginkan lalu perhatikan di sisi kiri bawah akan terdapat URL. Klik tautan tersebut dan Anda akan diarahkan ke artikel yang Anda inginkan.

Authors citation

Jika Anda ingin tahu siapa saja penulis yang karyanya paling banyak dikutip, silakan cermati visualisasi berikut ini. Sekaligus Anda juga akan menemukan jumlah dokumen dari penulis tersebut.

Undangan kolaborasi

Bagaimana pengalaman Anda mencoba visualisasi di atas? Informasi baru apa yang Anda dapatkan? Apa yang kemudian muncul di benak Anda? Jika Anda tertarik untuk melanjutkan apa yang saya sampaikan di atas menjadi sebuah tulisan, silakan bubuhkan pada kolom komentar atau kontak saya melalui tautan ini.

Yang jelas, pada tahun 2019 saya pernah menulis di jurnal Aksara, 31(1), 91–111 dengan judul "Analisis Bibliometrik Berkala Ilmiah Names: Journal of Onomastics dan Peluang Riset Onomastik di Indonesia". Kajian semacam ini dikenal dengan istilah bibliometrik. Klik tautan ini jika Anda tertarik untuk membaca lebih lengkap artikel tersebut. Jika Anda tertarik mengetahui lebih jauh tentang VOSviewer, silakan kunjungi artikel-artikel saya di sini atau Anda dapat mengaksesnya melalui artikel-artikel di bawah ini.

Baca Juga