Tutorial Membuat Visualisasi Peta Riset Interaktif Memanfaatkan VOSviewer Online

VOSviewer online menjanjikan visualisasi yang lebih interaktif? Bagaimana cara membuatnya? Apa yang perlu disiapkan? Dapatkan tutorialnya di sini.

Sumber: erickunto.com

Step by step membuat visualisasi

Dalam rangka membuat visualisasi interaktif menggunakan VOSviewer, pertama-tama Anda harus mengunduh VOSviewer stand alone dan menginstalnya di laptop atau PC. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan ini. Tidak perlu kuatir karena perangkat lunak ini gratis dan open source. VOSviewer dapat dioperasikan di laptop atau PC dengan sistem operasi mac, Windows, dan Linux.

Belum memiliki gambaran tentang VOSviewer? Apa saja perbedaan versi stand alone dengan versi online? Dapatkan informasi tersebut dari artikel saya "Perbandingan VOSviewer Stand Alone (Offline) dengan Versi Online" melalui tautan ini.

Cara pertama

Ada empat tahapan yang harus Anda lakukan untuk membuat visualisasi ini. Tahapan-tahapan ini dilakukan dengan menggunakan VOSviewer stand alone dan versi online. Mohon cermati dengan seksama langkah-langkah di bawah ini. Pastikan pula Anda menggunakan versi VOSviewer dengan tepat (stand alone atau online) untuk setiap prosesnya.

Langkah-langkah membuat visualisasi

Sudah siap memulai membuat visualisasi? Mari kita mulai dengan menyiapkan dataset yang akan digunakan sebagai bahan visualisasi.

Siapkan dataset

Setelah memasang VOSviewer, sebaiknya Anda mulai mencari topik yang akan dianalisis yang biasanya diwakili oleh kata kunci yang spesifik pada bidang ilmu yang Anda tekuni. Anda bisa mendapatkan referensi-referensi dari basis data seperti Google Scholar, DOAJ, Dimensions, dlsb.

Jika Anda berencana menggunakan basis data Scopus yang dilanggan oleh kampus Anda, silakan cermati tutorial di bawah ini. Ingat, proses ini sangat berbeda dibandingkan melakukan penelusuran melalui perangkat lunak Publish or Perish (pelajari artikel-artikel saya terkait Publish or Perish di sini.)

Tutorial ini memanfaatkan akun berlangganan dari Universitas Gadjah Mada saat saya masih tercatat sebagai mahasiswa doktor di sana.

Jika Anda tidak ingin repot, Anda juga dapat menggunakan dataset dari referensi-referensi yang telah Anda simpan di Mendeley atau Zotero. Jangan lupa, ekspor referensi-referensi yang akan Anda gunakan ke dalam format RIS karena VOSviewer versi stand alone juga mendukung dataset dengan format ini.

Impor dataset

Setelah dataset tersedia, impor dataset tersebut ke VOSviewer stand alone. Jalankan analisis sesuai visualisasi yang ingin ditampilkan; apakah jejaring co-authorshipco-occurence keyword, atau yang lain sesuai tujuan dari permasalahan dari riset Anda. Anda dapat menyaksikan video di bawah ini sebagai tutorial bagaimana cara membangun dan membuat visualisasi terkait peta riset menggunakan VOSviewer stand alone.

Simpan network

Setelah hasil visualisasi muncul, Anda perlu menyimpan hasil visualisasi tersebut ke dalam format map dan network file. Ingat! Ada dua file yang akan Anda simpan (lebih jelas lihat gambar di bawah). 


Untuk melakukan perbandingan hasil visualisasi yang dibuat menggunakan VOSviewer stand alone dengan versi online, silakan simpan juga visualisasi tersebut dalam bentuk gambar dengan format PNG. Yang jelas, kriteria analisis yang muncul pada versi online akan sama persis sebagaimana alur dan pengaturan yang Anda gunakan di VOSviewer stand alonde. Meskipun demikian, nantinya Anda juga dapat mengatur ulang layout di VOSviewer versi online.

Impor file

Impor kedua file map dan network tersebut ke VOSviewer online melalui menu Open yang ada di kanan atas. Ubah dari format JSON ke format map untuk pilihan impor. Pastikan file yang Anda impor sesuai dengan menu upload.

Jika diringkas, prosesnya menjadi tiga tahap seperti ini.

Sumber: erickunto.com

Cara kedua

Metode kedua ini lebih mudah jika dibandingkan dengan cara pertama. Namun syaratnya, Anda harus menggunakan VOSviewer stand alone versi terbaru. Silakan lakukan pemutakhiran ke versi 1.16.17 jika Anda berencana menggunakan metode kedua ini.

Jalankan analisis bibliometrik

Proses ini sama persis dengan tahapan pada cara pertama namun Anda tidak perlu mengunggah secara manual visualisasi ke VOSviewer online. Caranya, silakan jalankan analisis bibliometrik hingga visualisasi peta jejaring ditampilkan oleh VOSviewer. Untuk tahapan ini, Anda tidak perlu menyimpan hasil visualisasi lalu mengunggahnya seperti cara pertama.

Menu Share ke VOSviewer online yang ada di versi terbaru

Bagikan ke publik

Cukup klik Share dan pilih media penyimpanan awan yang Anda gunakan. Lakukan autorisasi dan secara otomatis Anda akan diarahkan ke tautan baru di mana Anda dapat langsung membagikan hasil visualisasi Anda.

Silakan cek hasil visualisasi Anda dan jangan lupa untuk membagikan ke kolega Anda. Hal ini untuk memastikan apakah visualisasi dapat diakses secara sempurna oleh piranti lain. Jika tertarik menampilkan hasil visualisasi Anda di web ini, silakan kontak saya.

Hasil visualisasi

Jika Anda berhasil mengikuti tutorial hingga tahapan ini, seharusnya Anda akan mendapatkan tampilan visualisasi yang interaktif. Silakan coba klik salah satu titik atau node yang Anda inginkan dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda ingin melihat contoh-contoh visualisasi yang lain silakan kunjungi artikel ini.

Anda juga dapat membuat visualisasi yang berbeda, baik untuk keywords, author, journal, dlsb. Hasil visualisasi ini akan membantu Anda mengindetifikasi gap riset dan menemukan novelty atau topik riset yang belum atau masih jarang dilakukan. Tertarik melihat jejaring antar penulis, artikel, dan jurnal? Silakan kunjungi tautan ini.

Catatan penting

Ingat! Jika Anda menggunakan cara pertama, Anda harus pahami bahwa VOSviewer online hanya menampilkan visualisasi dari dataset yang Anda miliki. Anda belum bisa membagikannya kepada rekan-rekan atau mempostingnya di media sosial. Coba cek tautan visualisasi tersebut dari alamat yang dimunculkan pada browser atau peramban yang Anda gunakan. 

Agar visualisasi Anda dapat diakses oleh pembaca, Anda harus membagikannya terlebih dahulu. Untuk membagikan hasil visualisasi, saya tulis di artikel lain. Silakan kunjungi tautan ini untuk mendapatkan tutorial lengkapnya. Nantinya, hasil visualisasi density dan overlay dapat dibagikan via link atau disisipkan di website yang tentunya akan lebih menarik seperti contoh pada tautan ini.

Jika Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan terkait proses visualisasi ini, silakan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.



Baca Juga