Mengubah Antarmuka Aplikasi Wakelet di Smartphone ke Bahasa Indonesia

Setelah baru-baru ini Wakelet merilis antarmuka bahasa Indonesia untuk versi web, sekarang muncul opsi bahasa Indonesia untuk aplikasi smartphone.
Sumber: erickunto.com


Bahasa Indonesia semakin mendunia

Awal bulan ini, tepatnya tanggal 1 Juli 2021 Wakelet merilis pemutakhiran aplikasi versi mobile untuk piranti berbasis iOS. Perbaruan pada versi 2.84.6 ini sebagaimana disebutkan di AppStore:

It's update time! We've packed a few awesome enhancements into the app, including improvements to the design of the "save" area, support for 8 different languages, and a better experience for iPad users.

Keep letting us know how we can improve - your feedback means the world to us. Stay tuned for more exciting updates coming soon!

Setelah saya coba mutakhirkan aplikasi saya, memang tidak banyak fitur baru yang ditambahkan pada versi ini. Namun, yang menarik adalah fitur untuk mengubah bahasa. Saat ini terdapat delapan pilihan bahasa untuk antarmuka aplikasi Wakelet versi mobile. Kerennya, bahasa Indonesia termasuk salah satu opsi yang ada. Penerjemahan yang dilakukan sejak Februari yang lalu akhirnya telah rilis secara resmi.

Sebelumnya, versi bahasa Indonesia telah dirilis untuk versi web. Jika Anda belum sempat membaca atau ingin tahu bagaimana cara mengubah antarmuka Wakelet versi web silakan kunjungi tautan ini.

Cara mengubah setelah ke bahasa Indonesia

Sebelum melakukan penggantian bahasa ini, silakan lakukan pemutakhiran aplikasi Anda melalui AppStore, khusus untuk piranti berbasis iOS. Belum tahu kapan versi terbaru di Android akan rilis. Namun, Anda dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui PlayStore

Cara ubah bahasa di aplikasi Wakelet

Untuk lebih detil, berikut cara mengubah antarmuka aplikasi Wakelet ke dalam bahasa Indonesia.
  1. Lakukan pemutakhiran aplikasi melalui tautan ini untuk iOS dan tautan ini untuk Android
  2. Untuk smartphone berbasis iOS silakan menuju ke Setting atau Pengaturan yang ada di smartphone Anda (bukan pengaturan di aplikasi Wakelet)
  3. Gulir ke bawah hingga menemukan pengaturan untuk Wakelet
  4. Temukan menu Preferred Language dan pilih Bahasa Indonesia
  5. Buka aplikasi Wakelet dan cek perubahan yang terjadi

Perbedaan Wakelet versi web dan aplikasi

Jika Anda mengakses Wakelet menggunakan aplikasi yang ada smartphone, memang sedikit berbeda dengan versi web. Beberapa fungsi seperti merekam video tidak dapat dilakukan melalui smartphone. Berikut ilustrasi singkat mengenai perbedaan Wakelet versi web dan aplikasi. Untuk penjelasan lebih lengkap, Anda dapat membaca pada artikel ini.

Sumber: erickunto.com

Buku panduan Wakelet

Wakelet adalah platform kurasi konten di mana pendidik dan mahasiswa dapat menyimpan tautan penting (dari blog atau situs web), posting media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), video YouTube, dan gambar sebagai item yang nantinya akan diorganisir menjadi koleksi pribadi atau publik. Pengguna dapat menambahkan catatan ke setiap item untuk menceritakan informasi, mengajukan pertanyaan, atau memberikan arahan kepada pembaca.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari Wakelet ini lebih lanjut, Anda dapat mengakses buku panduan Wakelet untuk Pendidik yang telah kami terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Anda dapat mengaksesnya melalui kedua tautan di bawah ini.

  • Ebook versi pertama [link]
  • Ebook versi kedua [link]

Sumber belajar Wakelet

Kebetulan saya telah melakukan kurasi dari berbagai materi terkait Wakelet. Materi ini berisi salindia (slide), poster, infografik, video tutorial, dan rekaman webinar yang pernah saya sampaikan. Anda dapat mengaksesnya secara gratis melalui kedua tautan ini.

Komunitas Wakelet Indonesia

Sebagai bagian dari Wakelet Ambassador yang ada di Indonesia, saya bersama rekan-rekan lain membentuk komunitas Wakelet ID yang bertujuan untuk berbagi ide pemanfaatan Wakelet, khususnya untuk kepentingan pendidikan. Di komunitas ini, Anda juga akan mendapatkan materi dan pengalaman-pengalaman terbaik dari pengguna Wakelet yang dapat Anda adaptasi di kelas Anda. Berikut kanal yang dapat Anda akses.

Cara mengubah ikon Wakelet

Selain mengubah bahasa antarmuka, Anda juga dapat mengubah ikon Wakelet yang normalnya berwarna biru menjadi versi space. Untuk melakukannya, silakan:
  1. Buka aplikasi Wakelet
  2. Pilih Beranda
  3. Buka Menu yang ada di kanan atas (tiga garis horisontal)
  4. Pilih ikon aplikasi
  5. Pilih ikon yang Anda suka

Saran terkait terjemahan

Motivasi kami melakukan penerjemahan antarmuka ini tidak hanya dalam rangka menjunjung tinggi bahasa Indonesia ke kancah global. Kami juga berharap, dengan adanya penerjemahan ini para pengguna Wakelet akan lebih mudah dalam mengeksplorasi dan menggunakan aplikasi Wakelet.

Terakhir, jika setelah Anda mengubah setelah bahasa menjadi bahasa Indonesia dan Anda menemukan ada penerjemahan yang kurang tepat, jangan segan-segan untuk menghubungi saya. Anda dapat memberikan saran penerjemahan melalui formulir Kontak.

Baca Juga