Segera Hadir Aplikasi Wakelet dalam Bahasa Indonesia di iOS

Menerjemahkan menu di aplikasi menjadi bahasa Indonesia berarti memudahkan pengguna sekaligus internasionalisasi bahasa Indonesia. Tertarik bergabung?
Sumber: erickunto.com


Pengantar

Setelah belum lama ini menerjemahkan menu Wakelet ke dalam bahasa Indonesia untuk versi website, saya melanjutkan proyek penerjemahan untuk aplikasi khususnya iOS. Meskipun bahasa Inggris saya tidak begitu lancar dan fasih, mudah-mudahan hasil terjemahan yang saya lakukan bisa dipahami dengan baik oleh kalangan pengguna Wakelet di Indonesia. Saya juga tidak kuatir apabila terjadi kesalahan atau kekurangtepatan dalam pengalih-bahasaan karena setiap pengguna juga dapat memberikan feedback terkait hasil penerjemahan tersebut.

Platform OneSky

Platform yang digunakan untuk menerjemahkan ini adalah OneSky. Saya juga baru pertama kali menggunakan paltform ini untuk menerjemahkan di Wakelet. Beberapa tahun saya, saat menerjemahkan menu di Mentimeter saya diundang ke platform Crowdin. Menurut pengalaman saya, OneSky lebih mudah digunakan dengan UI yang juga lebih menarik. Hasil terjemah yang sudah ada juga tersimpan ke dalam basis data sehingga ketika input terjemah di versi berbeda (misalnya versi aplikasi) ada muncul rekomendasi. Dengan demikian, kita tinggal klik hasil terjemahan sebelumnya jika memang teks yang diterjemahkan sama.

Sumber: erickunto.com


Mengapa rela menerjemahkan?

Dalam aktivitas menerjemahkan platform seperti Wakelet atau Mentimeter (dari pengalaman yang pernah saya lakukan) memang tidak bisa mengharapkan imbalan, terutama dalam bentuk uang. Motivasi saya menerjemahkan ini dengan suka rela adalah agar memudahkan pengguna dari Indonesia yang sering kali mengalami kendala terkait bahasa, terutama bahasa asing (Inggris). Mudah-mudah dengan hadirnya terjemahan dalam bahasa Indonesia dapat lebih memudahkan pengguna, terutama di kalangan pendidik. Setali tiga uang, dengan munculnya bahasa Indonesia di kalangan pengembang aplikasi mudah-mudahan ikut mengangkat derajat dan mempromosikan bahasa Indonesia ke kancah global. 

Sumber: erickunto.com


Penutup

Apabila Anda berminat untuk berkontribusi dalam penerjemahan ini, silakan hubungi saya melalui Kontak. Meskipun penerjemahan ini baru dilakukan untuk versi iOS, mudah-mudahan dapat langsung juga digunakan untuk versi Android.

Baca Juga