Cara Mengganti Menu Wakelet ke Bahasa Indonesia

Saat ini sudah tersedia Wakelet versi bahasa Indonesia. Untuk mengubah menu ke bahasa Indonesia bisa ikuti tutorial ini.
Sumber: wakelet.com


Pengumuman

Per tanggal 4 Februari 2021, tepatnya pukul 3pm GMT atau 22.00 WIB Wakelet merilis versi bahasa Indonesia. Ini berarti bahasa Indonesia menjadi bahasa kesebelas yang mendukung multibahasa Wakelet. Penerjemahan ini dilakukan oleh saya bersama kolega saya, Pak Karyano yang juga menjadi bagian komunitas Wakelet Indonesia. Kami berharap dengan adanya fasilitas menu Wakelet dalam bahasa Indonesia ini dapat lebih memudahkan pengguna, terutama para pendidik di Indonesia dalam memanfaatkan Wakelet untuk kepentingan edukasi.

Menu pada Wakelet versi bahasa Indonesia


Apa itu Wakelet

Barang kali beberapa dari Anda baru kali pertama mendengar Wakelet. Jika boleh saya simpulkan bahwa Wakelet itu adalah sebuah aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk melakukan kurasi atau membuat kliping digital dari semua sumber daring yang memiliki tautan (laman berita, postingan medsos, blok edukatif, tautan ke dokumen daring) dan memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengunggah dokumen PDF maupun gambar. Menariknya lagi, dengan integrasi Flipgrid pengguna dapat langsung merekam video maupun merekam layar langsung dari Wakelet. Anda juga dapat mengamati infografik berikut.

Infografik Wakelet oleh Eric Kunto Aribowo

Apa saja fungsinya

Secara teknis telah saya sampaikan bahwa Wakelet ini memungkinkan kita untuk mengumpulkan tautan-tautan penting dan dokumen PDF. Ini berarti kita dapat memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan. Yang paling sederhana adalah fungsi bookmark. Dengan menyimpan semua tautan-tautan penting di Wakelet, kita tidak akan lagi kehilangan atau kerepotan ketika mencari kembali tautan tersebut. Nah, selain itu kegunaan Wakelet tergantung dengan kreativitas masing-masing penggunanya. Saya pribadi memanfaatkan Wakelet untuk kepentingan berikut ini.

Info! Jika Anda tertarik untuk melihat semua koleksi Wakelet yang telah saya buat, silakan kunjungi https://wakelet.com/@erickunto. Anda juga akan menemukan tutorial Wakelet yang telah saya buat di profil tersebut.

Koleksi tutorial Wakelet yand terdapat di profil saya


Aplikasi Wakelet

Untuk memanfaatkan Wakelet Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi di PC/laptop Anda. Anda cukup mengunjungi www.wakelet.com karena aplikasi ini berbasis web. Pastikan Anda terhubung dengan jaringan internet jika ingin menggunakan Wakelet. Untuk lebih memudahkan pengguna, Wakelet juga tersedia dalam aplikasi iOS maupun Android. Klik tombol di bawah ini untuk mengunduh aplikasi Wakelet.

Cara mengganti menu

Saya yakin Anda sudah tidak sabar untuk menggunakan Wakelet dalam bahasa Indonesia. Caranya cukup mudah, yakni:

  1. Silakan menuju ke https://wakelet.com lalu masuk (login) dengan akun Anda. Jika Anda belum memiliki akun silakan daftarkan diri. Gratis! Jika Anda membutuhkan tutorial klik tautan ini
  2. Temukan menu pengaturan dengan ikon tiga titik horizontal yang ada di kanan atas
  3. Pilih opsi Account Settings dan menuju ke Languages di sisi kiri bawah
  4. Pilih dari menu drop-down dan cari bahasa Indonesia
  5. Tunggu peramban Anda memuat dan segera semua tampilan menu akan berubah menjadi bahasa Indonesia
Pilihan pengaturan mengganti bahasa di Wakelet


Bergabung di grup Facebook

Selain merilis Wakelet versi bahasa Indonesia, saat ini Anda juga dapat bergabung di grup Facebook Wakelet Indonesia melalui tautan ini. Anda dapat berbagi ide menarik penggunaan Wakelet, bertanya, atau mengajak kolaborasi para pendidik lain. Di grup ini Anda akan berjumpa para anggota komunitas Wakelet Indonesia, yang saat ini sudah ada 5 ambassador. Semoga ke depan akan semakin banyak pengguna baru Wakelet. Jika Anda juga pengguna aktif Telegram, silakan bergabung di grup Wakelet Indonesia melalui https://t.me/WAKELETINDONESIA.

Info penting

Jika Anda tertarik dan penasaran mengenai Wakelet, tunggu minggu depan tepatnya hari Rabu, 10 Februari 2021 pukul 19.30-21.00 WIB akan diselenggarakan webinar "Perkenalan Wakelet". Webinar ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang Wakelet. Sesi ini akan menampilkan best practice dan demo bagaimana menggunakan Wakelet oleh para Ambassador dan Community Leader di Indonesia. Segera daftarkan diri Anda di tautan ini agar tidak kehabisan tempat. Webinar ini gratis dan disediakan sertifikat oleh Wakelet. Silakan bergabung di grup Facebook untuk mendapati informasi terkini terkait Wakelet.

Baca Juga