Perbedaan Wakelet Versi Website dan Aplikasi

Wakelet dapat diakses via web maupun aplikasi. Apa saja perbedaan fitur di kedua versi ini? Mana yang lebih cocok untuk kebutuhan kita?
Sumber: erickunto.com


Pengantar

Sebagian besar platform saat ini pasti memiliki dua versi, baik versi website dan aplikasi. Tidak dapat kita pungkiri karena memang sebagian besar manusia saat ini mengakses informasi dan internet melalui ponsel pintar yang ada di genggaman tangan. Wakelet pun demikian, dapat diakses melalui website maupun aplikasi di smartphone. Lalu, apakah terdapat perbedaan apabila pengguna mengakses dari dua piranti ini? Seberapa besar perbedaannya? Mana yang lebih optimal atau layak digunakan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Versi Website

Wakelet memang paling optimal apabila dibuka melalui website wakelet.com dari PC atau laptop. Ada beberapa fitur yang memang harus diakses oleh pengguna melalui versi web, misalnya untuk merekam video maupun merekam layar melalui integrasi dengan Flipgrid. Selain itu, untuk peramban (browser) versi laptop atau PC tersedia add-on baik untuk Google Chrome, Mozilla Firefox, maupun Microsoft Edge. Add-on ini sangat memudahkan pengguna untuk menambahkan link maupun bookmark penting langsung ke koleksi wakelet tanpa harus melakukan copy-paste ke koleksi Wakelet kita. Jika Anda tertarik untuk memasang add-on ini, silakan kunjungi tautan ini.

Fitur penambahan item ke koleksi Wakelet

Versi Aplikasi

Dua sistem operasi terbesar yang paling banyak digunakan saat ini adalah iOS dan Android. Mau tidak mau para pengembang akan menyediakan paltformnya ke dalam dua aplikasi ini. Sejauh pengalaman saya, aplikasi yang ada di iOS sering kali muncul atau rilis lebih dahulu apabila dibandingkan dengan Android. Bahkan, terkadang ada beberapa aplikasi khusus yang hanya hadir di iOS.

Untuk memasang aplikasi Wakelet versi iOS dapat melalui tautan ini. Jika Anda menggunakan smartphone berbasis Android, silakan instal aplikasi Wakelet melalui tautan ini.

Perbedaan

Lalu, apa saja perbedaan fitur yang ada di kedua versi ini? Agar lebih jelas, Anda dapat mencermati perbandingan keduanya pada tabel berikut ini.

Fitur Website Aplikasi
Menambahkan link tersedia tersedia
Mengunggah gambar tersedia tersedia
Mengambil foto dari kamera tidak/belum tersedia tersedia
Menambahkan catatan tersedia tersedia
Menambahkan cuitan Twitter tersedia tersedia
Unggah PDF tersedia tidak/belum tersedia
Menambahkan bookmark tersedia tersedia
Rekam video via Flipgrid tersedia tidak/belum tersedia
Panen video YouTube tersedia tidak/belum tersedia
Input fail dari GDrive tersedia tidak/belum tersedia
Input fail dari OneDrive tersedia tidak/belum tersedia
Bahasa Indonesia tersedia tersedia
Immersive Reader tersedia tersedia
Notifikasi tersedia tersedia
Space tersedia tersedia
Reaksi atau Tanggapan tersedia tersedia

Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul

Meskipun beberapa fitur yang tersedia di versi website belum sepenuhnya bisa diakses melalui aplikasi, setidaknya beberapa solusi berikut ini dapat menjadi alternatif bagaimana memaksimalkan aplikasi Wakelet.

Tanya: Apakah jika saya memasang aplikasi Wakelet, semua koleksi yang sudah saya kelola di versi web akan tersedia di aplikasi?
Jawab: Ya, tentu saja. Semua konten dan koleksi Anda dapat diakses dari kedua versi, baik versi website maupun aplikasi. Syaratnya, Anda login dan menggunakan akun yang sama.

Tanya: Mana yang paling bagus, akses Wakelet via website atau aplikasi?
Jawab: Menurut saya keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan juga bergantung informasi yang Anda dapatkan berasal dari mana. Jika Anda mendapatkan tautan penting dari WhatsApp misalnya, tentu cara yang paling efektif adalah menyimpan tautan tersebut ke bookmark atau ke dalam koleksi melalui aplikasi. Aplikasi unggul dalam kecepatan dan dapat kita lakukan pada saat bepergian (on the go). Kapan pun Anda mendapatkan informasi penting, Anda dapat langsung menyimpannya tanpa perlu membuka laptop atau PC. Namun, mengakses Wakelet via PC atau laptop memiliki keunggulan (1) membuat video rekaman langsung via Flipgrid; (2) langsung memungkinkan unggah PDF; (3) tersedia add-on sehingga proses menyimpan ke koleksi semakin cepat.

Tanya: Apakah untuk versi aplikasi saya hanya bisa memanfaatkannya untuk menyimpan konten dan link penting ke koleksi atau bookmark saja?
Jawab: Itu salah satu fungsi utamanya. Namun, Anda juga dapat menyunting profil, membuat koleksi baru, mengelola koleksi yang ada, bergabung di koleksi pengguna lain, membuat space, bergabung di space, dlsb.

Rekaman webinar

Beberapa waktu lalu saya bersama pak Heri Triyono memberikan demonstrasi secara live streaming mengenai bagaimana mengoptimalkan penggunaan Wakelet via aplikasi. Apabila Anda belum sempat menonton webinar ini, silakan klik tombol putar di bawah ini.

Baca Juga