Mengaktifkan Built-in PDF Reader di Zotero

Zotero versi beta menghadirkan PDF reader yang ditanam langsung di Zotero. Pengguna tidak perlu lagi membuka PDF melalui aplikasi atau perangkat lain.

Sumber: erickunto.com

Beberapa pemutakhiran

Akhir-akhir ini, para tim pengembang Zotero melakukan beberapa perbaruan fitur penting. Saya meyakini fitur-fitur ini merupakan most wanted feature yang paling banyak di-request oleh para penggunanya. Apakah salah satu atau kedua fitur ini juga menjadi harapan Anda untuk muncul di versi Zotero berikutnya?

Kedua fitur yang akan saya sampaikan ini bisa jadi menjadi daya tarik untuk para pengguna lain berpindah ke Zotero. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Zotero untuk iOS

Sejak dirilis beberapa bulan lalu, aplikasi Zotero sudah dapat dipasang di perangkat iOS. Para pengguna iPhone dan iPad dapat melakukan uji coba aplikasi ini melalui Test Flight. Jika Anda pengguna iOS dan tertarik mencobanya, silakan lakukan request melalui tautan ini. Setelahnya, Anda akan dikirimi tautan untuk mengunduh aplikasi beserta redeem code. Tertarik ingin melihat seperti apa tampilan antar mukanya?

Antar muka aplikasi Zotero di iOS

Bagi beberapa pengguna, seperti saya misalnya, pasti akan sangat beruntung dengan adanya aplikasi ini. Artinya, saya dapat langsung membaca referensi dalam format PDF melalui iPhone atau iPad tanpa harus membuka laptop. Anotasi pun dapat dilakukan dengan mengusapkan jari pada layar. 

Menariknya, ketika Mendeley menghentikan dukungan terhadap aplikasi Mendeley untuk smartphone, Zotero justru mengembangkan aplikasi versi smartphone. Seperti apa aplikasi Zotero di iOS? Apa saja yang dapat kita lakukan melalui aplikasi ini? Kunjungi artikel "Zotero Kembangkan Aplikasi untuk iOS" berikut ini.

Built-in PDF reader

Salah satu masifnya penggunaan RMS adalah hadirnya aplikasi untuk membuka dan membaca file PDF. Ini tentu akan membantu pada akademisi dalam memberi highlight, anotasi, dan catatan-catatan penting dari referensi-referensi yang dibaca. Inilah yang menjadi salah satu penyebab, mengapa Mendeley banyak digunakan di kalangan akademisi di dunia.

Namun, saat ini pengguna akan dibuat bingung untuk memilih antara Mendeley atau Zotero. Zotero versi beta menghadirkan PDF reader yang ditanam langsung di Zotero. Pengguna tidak perlu lagi membuka PDF melalui aplikasi atau perangkat lunak lainnya. Kehadiran fitur ini tentunya akan dapat menambah produktivitas para pengguna Zotero. 

Mengaktifkan Built-in PDF Reader di Zotero

Fitur ini sebenarnya akan dirilis secara resmi untuk Zotero versi 6. Namun, jika Anda tidak sabar menggunakannya, silakan ikuti tutorial berikut ini.

Instal Zotero versi beta

Sebelum Anda memasang versi beta ini, saya menyarankan Anda melakukan pencadangan (back up) basis data koleksi Anda. Zotero dapat membuka metadata dan koleksi referensi yang Anda gunakan pada versi stabil. Namun, karena untuk menginstal versi beta Anda diharuskan menghapus Zotero versi stabil, pastikan data Anda aman.

Jika Anda sudah melakukan pencadangan data, silakan instal Zotero versi beta sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Tidak ada perbedaan cara instalasi Zotero versi stabil dengan versi beta. Anda juga dapat menggunakan Zotero Connector yang telah terpasang di peramban favorit Anda. Namun, jika Anda tidak yakin bagaimana langkah-langkah memasangnya, silakan kunjungi tutorial "Instalasi Zotero dan Plugin Microsoft Office Word" melalui tautan ini.

Aktifkan PDF reader

Setelah Anda melakukan instalasi, PDF reader bawaan Zotero tidak langsung muncul secara otomatis. Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu Zotero > Preferences > General. Cermati pada opsi File Handling seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Pastikan Anda mencontreng opsi "Enable the Zotero PDF reader and new note editor (preview, my library only)". Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan restart Zotero.   

Lakukan uji coba

Jika PDF reader telah diaktifkan, saatnya Anda mencoba fitur ini. Silakan temukan salah satu referensi Anda yang terlampir file PDF. Coba double click dan lihat apa yang terjadi. Sekilas, tampilannya akan mirip seperti PDR reader yang ada di Mendeley. Sebuah tab baru akan muncul ketika Anda membuka file PDF, begitu pula seterusnya.

Fitur highlight dan anotasi di PDF reader Zotero

Pengalaman pengguna

Bagaimana komentar Anda tentang fitur PDF reader di Zotero? Apakah ini akan menjadi daya tarik para calon pengguna baru? 

Apabila Anda telah mengeklsporasi fitur-fitur yang ada di PDF reader ini, atau memiliki tip bagaimana memanfaatkan dengan lebih efektif silakan bubuhkan pada kolom komentar berikut.
 

Baca Juga