6 Perbedaan Mendeley Desktop dengan Mendeley Reference Manager yang Wajib Kamu Tahu

Mendeley Reference Manager ke depan akan menggantikan Mendeley Desktop. Sebelum beralih ke MRM simak dulu perbandingan keduanya.

Sumber: erickunto.com


Mendeley Reference Manager (MRM) yang telah dirilis sejak 2019 saat ini telah rilis dalam versi resmi. Hanya tinggal tunggu waktu kapan Mendeley Desktop (MD) dihentikan masa edarnya. Namun, sebelum Anda melakukan migrasi ke MRM ada baiknya Anda mempertimbangkan enam perbedaan mendasar berikut. 

Sebelumnya, untuk mengobati rasa penasaran Anda tentang MRM saya tampilkan cuplikan layar antar-muka MRM.

Tampilan antar-muka Mendeley Reference Manager

Secara tampilan atau user interface memang sedikit berbeda dengan Mendeley Desktop. MRM mengadaptasi antar-muka mendeley web dengan dua panel besar. Sisi kiri yang berisi koleksi (atau folder di MD) dan panel kanan merupakan library kita yang berisi rerefensi yang tersinkron dan disimpan di cloud.

Kebutuhan koneksi internet

Berbeda dengan MD yang hanya membutuhkan koneksi internet ketika pertama kali login, MRM membutuhkan koneksi internet sejak login hingga Anda menggunakannya untuk anotasi, mengutip, dan membuat daftar pustaka. Itulah sebabnya, Anda tidak akan menemukan tombol SYNC di MRM karena setiap perubahan yang kita lakukan akan otomatis tersinkron. Jadi, jika saat ini Anda bekerja belum  terkoneksi internet 24 jam, MRM bukan menjadi pilihan yang tepat.

Oh ya, Anda tidak perlu mendaftarkan akun baru karena Anda dapat menggunakan akun yang sama pada MD untuk login di MRM.

Penyimpanan referensi PDF

Lokasi penyimpanan referensi, terutama file PDF pada Mendeley Desktop berada di lokasi harddisk masing-masing pengguna. Kelebihannya, Anda dapat langsung mencari file yang Anda inginkan jika ingin membagikannya ke kolega Anda. Pengaturan lokasi penyimpanan pun lebih leluasa karena pengguna dapat mengatur sesuai dengan spasi harddisk masing-masing. 

Untuk pengaturan dan manajemen file di MD silakan cek pada Preferences > File Organizer.

Kebalikannya, untuk MRM koleksi file PDF Anda akan tersimpan di cloud. Artinya, meskipun Anda telah menyimpan file tersebut di harddisk, MRM tetap akan melalukan sinkronisasi dan mengunduh file PDF koleksi Anda dari cloud ketika Anda membuka MRM. Anda diharuskan mengunduh file PDF tersebut ketika akan membaca atau memberikan anotasi di dokumen.

Spasi atau kuota penyimpanan

Untuk akun versi gratis Mendeley, baik digunakan untuk MD maupun MRM pengguna diberi spasi penyimpanan sebanyak 2GB. Ingat! Kuota ini digunakan untuk menyimpan data referensi Anda di cloud. Jika sebelumnya Anda leluasa mengimpor file PDF ke library di MD lebih dari 2GB tanpa melakukan sinkronisasi, hal ini tidak dapat lagi Anda lakukan di MRM. 

Jika koleksi Anda >2GB artinya Anda harus pandai dalam mengelola dan memilih file mana saja yang akan disinkronkan. Namun, jika Anda tidak ingin repot Anda dapat meningkatkan spasi penyimpanan Anda. Jika Anda tertarik untuk melakukan upgrade silakan klik di sini.

Biaya upgrade spasi penyimpanan Mendeley

Microsoft Office

MD memang didukung oleh Microsoft Office dan LibreOffice. Untuk Microsoft Office, Mendeley dapat bekerja mulai dari versi 2010, 2013, 2016, hingga 2019. Bahkan, dari beberapa keluhan permasalahan pengguna yang dilaporkan ke saya, beberapa mengakui tidak menggunakan Microsoft Office versi legal. Ini memungkinkan karena Microsoft Office versi lama memang tidak membutuhkan login untuk verifikasi data pengguna.

Kondisi ini tidak lagi dapat dilakukan di MRM. Untuk menggunakan MRM pengguna harus menduetkannya dengan Microsoft Office 2016, 2019, dan/ Office 365. Ketiga versi Microsoft ini terhubung dengan koneksi internet untuk verifikasi data sehingga membutuhkan lisensi resmi alias legal. Namun, Anda tidak perlu kuatir jika Anda memiliki akun Office 365 versi Edu karena dapat digunakan untuk verifikasi data pengguna.

Citation plug-in

Untuk memasukkan kutipan dan daftar pustaka dari Mendeley ke dokumen, kita membutuhkan citation plugin. Di MD, plugin ini dapat dipasang secara offline melalui MD dengan menuju ke menu Tools > Install Ms Word plugin.

Karena MRM bekerja dengan Microsoft Office 2016, 2019, dan/ Office 365 maka untuk plugin Mendeley; Anda tidak lagi dapat memasang plugin secara offline. Semua add-in termasuk Mendeley Cite (addin atau plugin Mendeley untuk Word) di Microsoft versi terbaru akan diarahkan ke Microsoft Store yang mewajibkan Anda untuk login terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi.

Verifikasi data saat instalasi addin Mendeley Cite


Menariknya, Mendeley Cite ini dapat bekerja tanpa Anda harus memasang MRM. Dengan kata lain, hanya dengan memasang Mendeley Cite kutipan dan daftar pustaka dapat langsung dibuat karena pengguna dapat langsung menarik refereksi dari koleksi yang disimpan di cloud. Untuk melihat video tutorial terkait Mendeley Cite silakan kunjungi https://youtu.be/1y00tMid2x8.

Fungsi filter

MD memang memudahkan pengguna untuk melakukan filter referensi yang ada di library berdasarkan author, tag, keyword, dan publication. Fungsi yang terletak di bagian kiri bawah ini dapat membantu kita untuk menemukan referensi-referensi tertentu sesuai filter yang kita pilih. MRM saat ini memang sudah dirilis dalam versi resmi (bukan beta). Meskipun demikian, MRM masih dalam proses pengembangan. Jika saat ini fungsi filter belum tersedia di MRM, kemungkinan besar untuk versi terbaru akan tersedia. Mendeley akan memberikan tambahan fitur baru sesuai dengan feedback dari para penggunanya.

Bagaimana pendapat Anda? Sudah siap beralih ke Mendeley Reference Manager? Jika ada ulasan lain terkait MRM silakan tambahkan pada komentar di bawah ini. Jika Anda tertarik untuk mempelajari panduan dan tutorial Mendeley silakan akses melalui Portal Belajar Mendeley.
Baca Juga