Portal Belajar Mendeley

Sumber: erickunto.com


Selamat datang di portal belajar ini. Sumber belajar mandiri ini saya kelola sebagai bentuk kontribusi saya sebagai salah seorang Mendeley Advisor Indonesia. Sumber belajar ini sebagian besar diambil dari materi yang saya sampaikan pada beberapa pelatihan. Anda diperkenankan untuk memanfaatkan, membagikan, mengutip, mengadaptasi semua konten yang ada di portal belajar ini dengan tetap menyebutkan kreator dan tautan (link) dari setiap materi yang Anda gunakan.

Perhatian! Laman ini masih dalam proses pengembangan dan migrasi dari erickunto.com/portal-belajar-mendeley 

Instalasi Mendeley

Saat ini terdapat dua versi Mendeley, Mendeley Desktop (MD) dan Mendeley Reference Manager (MRM). Mendeley Desktop merupakan aplikasi yang lazim diajarkan pada pelatihan-pelatihan penggunaan reference management software. Mendeley Reference Manager merupakan versi terbaru dari Mendeley yang mulai dikembangkan tahun 2019. Belum ada berita yang jelas mengenai kapan Mendeley Desktop akan dihentikan.

Penting! MD terbaru membutuhkan sistem operasi (Win atau Mac) dengan Microsoft Word terbaru. Sering kali error akan terjadi jika pengguna memasang MD pada sistem operasi di bawah Win 8 dengan Microsoft Word di bawah 2016. Untuk pengguna Win dan Word di bawah spesifikasi tersebut silakan untuk MD versi 1.13 atau 1.15 melalui menu unduh MD lama.

Panduan Penggunaan

Mendeley Desktop

Untuk panduan penggunaan Mendeley Desktop, Anda dapat memanfaatkan berbagai format panduan yang telah saya buat, baik dalam bentuk wesite, dokumen PDF dari materi pelatihan, kuis dalam Kahoot!, maupun koleksi tutorial dalam Wakelet. Silakan sesuaikan dengan gaya belajar Anda masing-masing.

Materi PDF

Berikut ini merupakan salah satu contoh materi paparan pada pelatihan Mendeley yang saya sampaikan pada acara di Kementan RI, 24 Juni 2020.

Beberapa materi saya unggah di dua repositori yang berbeda. Figshare saya manfaatkan untuk menyimpan materi pelatihan atas nama Advisor sedangkan Zenodo saya manfaatkan ketika berkolaborasi dengan Relawan Jurnal Indonesia. Coba telusur di kedua repositori tersebut untuk mendapat semua materi terkait Mendeley yang pernah saya bawakan.

Website

Selain dalam format PDF, saya juga membuat panduan dalam bentuk website. Panduan ini merupakan hasil terjemah panduan Mendeley versi global. Petunjuk atau tutorial pada website ini merupakan panduan yang paling lengkap dan dibagi ke dalam beberapa bagian berikut.

  • Instalasi - Bagaimana menyiapkan Mendeley pada desktop dan perangkat mobile Anda (ipad, tab, smartphone).
  • Organisasi - Pelajari bagaimana melakukan pengaturan koleksi referensi, menambahkan koleksi, dlsb.
  • Anotasi - Pada bagian ini akan kami tunjukkan built-in PDF viewer Mendeley dan bagaimana memberikan anotasi (catatan) pada referensi
  • Sitasi - Membuat sitasi dan daftar pustaka dengan mudah serta mengatur gaya dan bahasa sitasi (APA, MLA, Harvard, dll.)
  • Kolaborasi - Di sini Anda akan ditunjukkan bagaimana melakukan kolaborasi bersama rekan atau tim Anda dengan menggunakan Mendeley
  • Bonus - Mendeley Data, Career, dan Funding
  • Latihan, Berisi latihan-latihan dasar penggunaan Mendeley mulai dari impor referensi, melakukan kutipan, hingga membuat daftar pustaka.
  • Dukungan - Dapatkan dukungan dari Mendeley Adsivor saat Anda memiliki pertanyaan terkait Mendeley

Ingat! Untuk mengakses panduan Mendeley secara lengkap di atas Anda harus selalu terhubung dengan internet.

Kuis Kahoot

Apabila Anda ingin mempelajari Mendeley dengan cara berbeda, dengan memainkan kuis yang ada di Kahoot silakan kunjungi tautan di bawah ini. Anda dapat mengakses melalui smartphone maupun PC/laptop.

Saya juga membuat panduan Mendeley dengan memanfaatkan Wakelet. Silakan klik tautan https://wke.lt/w/s/j2ViGz untuk menuju ke materi pelatihan.

Mendeley Reference Manager

Untuk panduan penggunaan Mendeley Reference Manager silakan cermati pada dokumen di bawah ini.

Mendeley App Smashing

Kegiatan ini merupakan kegiatan berseri yang terdiri dari empat bagian. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelatihan atau penggunaan Mendeley dasar untuk mengelola referensi, membuat kutipan dan daftar pustaka, dlsb. Pada kegiatan ini Mendeley akan dikombinasikan dengan aplikasi lain yang digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu, misalnya untuk memanen metadata artikel dan melihat perkembangan atau tren sebuah topik riset.

Mendeley X Publish or Perish

Publish or Perish (PoP) merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memanen metadata (bukan fulltext) karya ilmiah semua bidang ilmu secara gratis. PoP adalah piranti alternatif untuk Anda yang tidak memiliki akses berlangganan kepada basis data komersial. PoP dapat digunakan untuk memanen metadata dari CrossRef, Google Scholar, Google Scholar Profiles, Microsoft Academic*, PubMed, Scopus*, WoS**.

Catatan! Basis data dengan tanda * dapat diakses secara gratis, namun pengguna harus mendaftar akun terlebih dahulu; untuk mengakses basis data ** pengguna harus berlangganan basis data tersebut.

PoP ini dapat dimanfaatkan untuk menghimpun metadata referensi yang sesuai dengan topik-topik riset yang kemudian hasil panen metadata tersebut dalam diimpor ke dalam pustaka Mendeley. PoP juga dapat membantu peneliti dalam hal:

  1. melakukan literature review
  2. menentukan jurnal tujuan untuk publikasi artikel Anda.
  3. melihat performa peneliti melalui karya tulis ilmiahnya.
  4. bahkan, untuk riset bibliometrik.
Silakan klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan akses ke rekaman webinar serta materi dalam format PDF.

Mendeley X Dimensions

Silakan klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan akses ke rekaman webinar serta materi dalam format PDF.

Mendeley X Lens

Silakan klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan akses ke rekaman webinar serta materi dalam format PDF.

Mendeley X VOSviewer

Silakan klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan akses ke rekaman webinar serta materi dalam format PDF.

Tutorial

Saya tidak membuat secara khusus tutorial penggunaan fitur-fitur dasar Mendeley karena seudah banyak pengguna yang membuat tutorial tersebut. Tutorial yang saya buat sering kali adalah tip maupun fitur Mendeley yang tidak dibahas oleh banyak pengguna seperti fitur DOI look up, Paper of the Day, dan Mendeley Cite.

Paper of the Day

Ini merupakan sebuah fitur yang dapat memberikan informasi secara acak mengenai artikel atau publikasi yang relevan sesuai dengan data yang ada di pustaka Mendeley kita. Fitur ini merupakan pengaya atau add-on yang ada di Google Chrome. Setiap kali kita membuka sebuah tab baru, Mendeley akan menyodorkan sebuah artikel yang juga dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Apabila fitur Mendeley Suggest mengirimkan informasi artikel-artikel yang relevan melalui kotak masuk surat elektronik, Paper of the Day akan selalu muncul ketika kita membuka sebuah tab baru.

DOI look up

Sebagian besar artikel, makalah prosiding, maupun buku elektronik saat ini diterbitkan dengan memiliki identitas berupa DOI. Identitas DOI ini menyimpan metadata referensi seperti penulis, judul artikel, volumen dan nomor terbitan, tahun terbit, dlsb. Hanya dengan menyalin-tempel DOI yang aktif pada sebuah referensi, kita dapat langsung mendapatkan metadata secara lengkap tanpa harus memasukkan atau mengetikkan metadata tersebut satu per satu.

Mendeley Cite

Mendeley Cite rencana akan menggantikan plugin Mendeley yang ada di Microsoft Office. Mendeley Cite memungkinkan pengguna membuat kutipan dan daftar pustaka tanpa harus memasang Mendeley Desktop. Meskipun sama-sama merupakan plugin di Microsoft Word, namun untuk mengakses fitur ini pengguna harus terhubung dengan koneksi internet karena saat mengutip dan membuat daftar pustaka pengguna akan masuk menggunakan akun Mendeley masing-masing dan memanggil metadata referensi dari pustaka yang dimiliki.