Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch, hingga Anagram

Media pembelajaran interaktif cenderung lebih disukai siswa karena lebih seru dan menyenangkan. Buat media pembelajaranmu interaktif dengan Wordwall
Sumber: erickunto.com


Pendidik dituntut untuk berkreasi memanfaatkan segala media pembelajaran yang Anda agar para peserta didik tidak cepat jenuh menerima pembelajaran. Lebih-lebih di era pandemi seperti ini, pendidik harus kreatif dalam menyuguhkan pembelajarannya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif adalah Wordwall

Apa itu Wordwall?

Aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dlsb. Menariknya lagi, selain pengguna dapat menyediakan akses media yang telah dibuatnya melalui daring, juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya dengan mudah. Guru juga dapat menjadikan konten buatannya sebagai tugas.

Sumber: erickunto.com

Contoh game Wordwall

Berikut adalah contoh media pembelajaran yang telah saya buat dengan tipe Rank Order. Silakan klik Play untuk mencoba memainkan game ini. Urutkan para Menteri Pendidikan RI berikut dari yang terkini hingga terlama. 


Jika Anda masih penasaran dan ingin mencoba tipe permainan lainnya, silakan mainkan game tentang pelabelan objek di bawah ini.

Tutorial

Untuk memanfaatkan aplikasi ini, silakan:

  1. Mendaftarkan akun di https://wordwall.net/. Klik Sign Up lalu isikan nama, alamat email, kata sandi dan lokasi Anda.
  2. Pilih Create Activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan.
  3. Tuliskan judul dan deskripsi permainan.
  4. Ketikkan konten Anda sesuai dengan tipe permainannya. Pada beberapa tipe, Anda diperkenankan mengunggah gambar.
  5. Klik Done jika telah selesai.

Penutup

Meskipun untuk akun versi gratis pengguna hanya diberi 5 slot untuk game aktivitas yang dibuat, namun pengguna dapat mengganti dari satu game ke game lain dengan sekali klik.

Catatan: Coba pula ekspor game yang telah Anda buat ke dalam format PDF dan cetak di kertas. Ini bisa menjadi solusi bagi peserta didik yang berada di kelas dasar.

Baca Juga