Menghilangkan Nama Pemberi Komentar di Dokumen Word

 

Sumber: erickunto.com


Fitur Komentar

Microsoft Office Word merupakan aplikasi pengolah kata yang banyak dipakai jika kita bekerja menulis dokumen, baik untuk artikel, tugas kuliah, maupun buku. Menariknya, jika kita menulis menggunakan Word dan menyimpan dokumen tersebut secara otomatis akan terekam siapa kreator atau pembuat dokumen tersebut. Bahkan, jika kita memanfaatkan fitur komentar ketika ingin memberi catatan atau koreksi dari dokumen orang lain, nama pemberi komentar juga akan terekam secara otomatis. Dengan fitur ini kita dapat mengetahui siapa kontributor komentar tersebut dengan mencermati nama yang berada di atas masing-masing komentar. Fitur ini biasanya dimanfaatkan ketika proses pembimbingan tugas akhir maupun proses peninjauan kembali (peer review) sebuah artikel ilmiah. Fitur ini dapat diaktifkan dengan jalan memblok teks yang ingin diberi komentar lalu klik kanan dan pilih New Comment. Anda juga dapat menambahkan komentar melalui menu Review > New Comment. Tampilan nama pemberi komentar dan isi komentar akan seperti pada gambar di bawah ini.

Tampilan fitur komentar di Microsoft Word 365


Menghilangkan identitas pemberi komentar

Namun, pada kondisi-kondisi tertentu kita diminta untuk menghilangkan atau menganonimkan nama pemberi komentar, misalnya ketika kita diminta melakukan peninjauan kembali (review) sebuah artikel dengan sistem double blind. Dengan menganonimkan pemberi komentar diharapkan pemilik naskah atau artikel tidak mengetahui siapa yang memberikan komentar tersebut. Harapannya tidak akan muncul konflik kepentingan maupun tendensi-tendensi tertentu apabila pemberi komentar maupun pemilik saling mengetahui. Sebenarnya cara ini mulai ditinggalkan karena transparansi akan lebih membawa banyak manfaat misalnya: mengurangi komentar yang bernada miring, menjembatani diskusi lebih lanjut antara reviewer dan penulis, dlsb. 

Dokumen yang telah dianonimkan

Tutorial

Untuk menghilangkan jejak identitas pemberi komentar di dalam dokumen, kita tidak perlu melakukannya dengan cara mengganti atau menghapus nama di atas komentar satu per satu. Namun menggunakan fitur yang terdapat di Word. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Buka menu Review yang ada di Microsoft Word
  2. Pilih opsi Protect lalu lanjutkan dengan pilihan Protect Document
  3. Secara otomatis akan muncul menu seperti pada gambar di bawah ini. Lalu pilih atau centang pada bagian Remove personal information from this file on save lalu klik OK
  4. Simpan fail atau dokumen tersebut lalu tutup jendela Word dan buka kembali fail tersebut.
  5. Seharusnya nama pemberi komentar akan berubah menjadi Author sebagaimana contoh pada gambar di atas

Selamat mencoba! Jika Anda menemui kendala atau ada hal lain yang ingin Anda tanyakan terkait Microsoft Word silakan tambahkan pertanyaan Anda melalui "Posting Komentar" di bawah postingan ini.

Penyangkalan

Pada tutorial ini saya memanfaatkan Microsoft Office 365 dengan sistem operasi Macintosh. Untuk versi Word yang lain dimungkinkan terdapat perbedaan letak menu.



Baca Juga