Zotero Kembangkan Aplikasi untuk iOS

Belum lama ini Zotero merilis pengumunan terkait pengembangan aplikasi Zotero untuk iOS. Zotero mengundang para pengguna iOS untuk melakukan tes awal.

Sumber: zotero.org

 

Pengantar

Belum lama ini Zotero merilis pengumunan terkait pengembangan aplikasi Zotero untuk iOS. Ini berarti dalam waktu dekat pengguna Zotero dapat menikmati aplikasi ini melalui iPhone dan/ iPad yang dimilikinya. Karena aplikasi ini kemungkinan besar akan tersinkron dengan basis data akun pengguna masing-masing, mudah-mudahan Zotero memberikan solusi alternatif karena kuota untuk akun gratis hanya tersedia 300 MB. Dari tampilan mock-up juga tampak bahwa antar muka aplikasi ini mirip dengan aplikasi yang telah beredar sebelumnya.

Zotero for iOS Beta

Dalam rangka pengembangan aplikasi ini, Zotero mengundang para pengguna iOS untuk melakukan tes awal serta memberikan feedback sebagai masukan. Jika Anda tertarik untuk berkontribusi silakan mendaftarkan diri melalui zotero.org/iosbeta.

Fitur Zotero iOS

Sebagaimana saya kutip dari laman resmi Zotero, aplikasi versi iOS ini akan memiliki dapat melakukan:

  • Sync your personal and group libraries
  • View and edit metadata
  • Search and sort your items
  • Organize items into collections
  • Edit notes
  • View PDFs, snapshots, and other files
  • Annotate PDFs with highlight, note, and image annotations (currently available in My Library only)
  • Save high-quality metadata and PDFs from the web to Zotero via the Share button in Safari or other apps (other browsers, Twitter, etc.)
  • Avoid straining your eyes with full Dark Mode support, including while reading PDFs

Akses Zotero via PaperShip

Aplikasi resmi Zotero memang baru saat ini dikembangkan. Namun, sebenarnya jauh-jauh hari sudah tersedia aplikasi pihak ketiga yang dapat mengakses koleksi pustaka di Zotero dan Mendeley sekaligus. Aplikasi ini diberi nama PaperShip dan tersedia untuk iOS dapat diunduh secara gratis serta tersedia pembelian dalam aplikasi. Adapun untuk Mac aplikasi ini dibanderol dengan harga Rp159.000,00. Kedua aplikasi ini dikembangkan oleh http://www.shazino.com yang memang memroduksi aplikasi-aplikasi terkait riset dan publikasi. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan anotasi atau pemberian catatan langsung ke artikel yang dibaca melalui genggaman jari. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengelolaan referensi langsung dari aplikasi tanpa harus membuka laptop/PC.

Sumber: papershipapp.com


Berikut ini adalah cuplikan layar aplikasi PaperShip yang saya miliki. Tampilan antar muka aplikasi ini mirip dengan aplikasi Mendeley yang ada di iOS maupun Android. Menariknya, aplikasi ini telah terintegrasi dengan Altmetrics sehingga pengguna dapat mengetahui sejauh mana artikel tersebut diperbincangkan oleh komunitas melalui media massa dan media populer lainnya. Ini menjadi alternatif lain untuk mengetahui dampak sebuah luaran riset, tidak semata-mata hanya melalui kutipan artikel ilmiah.

Sumber: erickunto.com


Jika Anda tertarik mencoba aplikasi ini di iPad atau iPhone, silakan unduh melalui tombol di bawah ini. Aplikasi yang saya gunakan di atas juga merupakan aplikasi versi gratis.

Penutup

Sebagai sebuah aplikasi yang dikembangkan secara terbuka (open source) Zotero memang didukung oleh komunitas yang besar. Terbukti, meskipun aplikasi ini dapat digunakan secara gratis banyak pengguna yang mengembangkan beberapa plugin yang sangat bermanfaat. Keunggulan sebuah aplikasi terbuka, yang tidak didapati pada aplikasi-aplikasi yang didukung oleh perusahaan atau vendor tertentu.

Baca Juga