10 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Kahoot!

Apa alasan Kahoot menjadi aplikasi favorit untuk pembelajaran maupun PJJ? Temukan 10 jawabannya di artikel ini.

Sumber: erickunto.com

Berikut ini adalah 10 hal yang perlu Anda tahu mengenai Kahoot sebagai salah satu aplikasi game-based learning favorit di dunia.

Kahoot! adalah aplikasi gratis untuk memainkan kuis pembelajaran yang menyenangkan

Ya, Anda dapat menggunakan Kahoot untuk pembelajaran, berbagi doorprize, mengenalkan produk, acara ulang tahun, seru-seruan bersama keluarga, dlsb. Anda dapat memanfaatkan Kahoot versi gratis dengan peserta sebanyak 200 orang. Untuk mengetahui perbedaan dan fitur-fitur di Kahoot versi gratis, Premium, dan Premium+ silakan kunjungi artikel ini.

Untuk Kahoot! Teach, host dapat menampilkan kuis kahoot di layar lebar atau proyektor

Dengan menampilkan pertanyaan di layar lebar atau LCD, host atau penyelenggara permainan tetap akan menjadi sorotan dan memiliki kontrol pada perhatian peserta. Peserta hanya bisa beralih ke pertanyaan berikutnya apabila penyelenggara melanjutkannya. 

Pemain dapat bergabung via aplikasi di gawai mereka atau langsung menuju ke www.kahoot.it

Untuk bergabung di permainan kahoot, pemain dapat mengunjungi melalui kahoot.it (baik melalui desktop, laptop, maupun smartphone) lalu masukkan kode permainan dan tulis nama peserta. Peserta juga dapat memainkan kahoot melalui aplikasi yang ada di iOS maupun Android. Dengan aplikasi Kahoot di genggaman, siswa dapat memainkan kahoot kapan pun dan di mana pun mereka mau. Ini dapat bermanfaat ketika mereka ingin mereview pelajaran sebelumnya.

Pertanyaan dan jawaban akan muncul di layar, peserta menjawab via piranti masing-masing

Jika Anda menggunakan mode permainan Teach di Kahoot, semua pertanyaan akan muncul di layar besar sedangkan peserta atau pemain hanya akan mendapati opsi untuk memilih jawabanya di layar mereka masing-masing. Ini dimaksudkan agar siswa dapat fokus ke Anda dan soal yang Anda berikan. Untuk mengetahui perbedaan tiga mode permainan Kahoot: teach, assign, dan study silakan kunjungi tulisan ini.

Dengan Kahoot! belajar dengan riuh = belajar dengan hati gembira!

Anda pasti akan mendapati siswa dan suasana kelas yang sangat bersemangat ketika Kahoot dimainkan. Jangan kuatir karena itu menunjukkan antusiasme dan animo mereka dalam belajar. Jika ada guru yang mengunjungi kelas Anda karena rasa ingin tahunya, jangan lupa ajarkan bagaimana cara-cara kreatif Anda menggunakan Kahoot untuk pembelajaran.

Perkuat pembelajaran dengan menugaskan PR melalui aplikasi Kahoot! Soal dan jawaban muncul di layar siswa!

Dengan adanya tiga mode permainan di Kahoot, Anda dapat memaksimalkan pembelajaran. Anda dapat memberikan tugas atau PR dari kahoot live yang baru saja Anda mainkan secara bersama. Mereka dapat mereview pembelajaran hari ini dengan menggunakan mode ini.

Hemat waktu dalam mengoreksi tugas. Jadikan PR menjadi hal yang menarik & menyenangkan!

Secara otomatis, skor akan terekam di spreadsheet yang bisa Anda bukan dan tinjau melalui aplikasi Excel maupun Sheet. Skor yang ada di Kahoot dipengaruhi oleh kecepatan menjawab pertanyaan, tidak hanya benar atau tidaknya jawaban. Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai nilai tugas, silakan manfaatkan akurasi dalam bentuk persen sebagai nilai, misal untuk akurasi 75% Anda dapat memberikan nilai 75. Anda juga dapat melakukan analisis butir soal dengan hasil ini. Kahoot memang sangat cocok digunakan untuk asesmen formatif. Berikut ini adalah contoh rekaman nilai yang ada di Kahoot.

Guru menggunakan Kahoot! untuk review, penguatan, pra-asesmen, asesmen formatif, dan latihan sebelum ujian!

Kahoot tidak hanya dapat digunakan untuk membuat kuis atau pertanyaan sebagai tugas maupun ulangan. Ada banyak cara kreatif yang dapat dimaksimalkan ketika menggunakan Kahoot untuk Pembelajaran. Kunjungi pula materi dan rekaman webinar dari beberapa kegiatan saya melalui tautan ini.

Jadikan kahoot Anda semakin menarik dengan gambar, video, dan opsi jawaban kreatif!

Ingin membuat permainan Kahoot yang memukau? Pelajari 7 Ide Membuat Kahoot Lebih Menarik. Kunjungi pula Portal Belajar Kahoot jika Anda tertarik mempelajari dan menguasai aplikasi ini.

Kahoot! dapat digunakan untuk mata pelajaran apa saja, bahasa apa saja, dan usia berapa pun.

Jika Anda seorang guru Matematika, tidak perlu kuatir jika Anda ingin membuat soal yang berisi rumus matematika. Anda dapat menambahkan rumus Matematikan melalui cara ini. Jika Anda telah memiliki video pembelajaran yang telah diunggah di YouTube, Anda juga dapat membuat video tersebut menjadi soal. Guru bahasa dapat memanfaatkannya untuk soal listening atau menyimak.

Baca Juga