7 Ide Membuat Kahoot! lebih Menarik

Kahoot! menjadi salah satu aplikasi game based learning di dunia. Aplikasi ini akan lebih menarik jika Anda melakukan hal-hal berikut ini.
Sumber: erickunto.com


Kahoot! merupakan salah satu aplikasi andalan yang selalu saya manfaatkan dalam proses belajar mengajar. Paparan atau presentasi dalam bentuk kuis membuat suasana kelas lebih cair dan tidak membosankan karena setiap (maha)siswa ikut berpartisipasi. Kuis yang ada di Kahoot dapat lebih kita maksimalkan sesuai dengan konteks pertanyaan yang kita sajikan. Dari pengalaman saya menggunakan Kahoot! selama ini, berikut adalah tujuh ide bagaimana membuat kahoot yang Anda miliki menjadi lebih menarik lagi.

Catatan: Yang lebih menarik lagi adalah ketujuh ide ini dapat Anda manfaatkan dalam versi basic atau gratis.

Cara Membuat Kahoot! lebih Menarik

Tambahkan video

Anda dapat menambahkan video dari YouTube sebagai pemantik kuis. Video yang Anda tambahkan tidak harus berasal dari video yang Anda buat. Namun, Anda dapat memanfaatkan jutaan video edukatif yang telah dibuat oleh kreator lainnya. Waktu mulai dan akhir video juga dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan kata lain, Anda dapat mengatur pada cuplikan menit ke berapa video tersebut akan diputar.

Tambahkan gambar

Selain video, Anda juga dapat menambahkan gambar ke dalam kuis untuk membuat kahoot lebih menarik. Ini akan sangat membantu Anda jika Anda adalah seorang guru matematika, biologi, matematika, dlsb. Rumus kompleks matematika, bagan atau alur, grafik, dlsb. dapat dengan mudah Anda tampilkan di Kahoot! Anda juga dapat mengekspor slide atau tayangan PowerPoint Anda menjadi gambar dan mengunggahnya di Kahoot! Bahkan, Anda dapat melakukan tangkapan layar atau screenshoot jika Anda menginginkan cara yang lebih cepat. Jangan lupa, pastikan gambar yang Anda unggah tidak menyalahi hak cipta orang lain. Saya lebih menyarankan agar Anda mengunggah gambar yang Anda buat sendiri.

Gambar sebagai jawaban

Agar lebih menarik, Anda juga dapat menggunakan gambar sebagai opsi jawaban untuk menambah daya tarik visual siswa. Artinya, opsi jawaban tidak harus selalu dalam bentuk teks.

Jawaban lebih dari 1

Untuk meningkatkan fokus para siswa, setiap kuis di Kahoot dapat diset lebih dari satu kunci jawaban. Anda dapat menambahkan 2, 3, atau 4 kunci jawaban benar. Para (maha)siswa Anda sering kali akan terkecoh dengan soal semacam ini.

Penambahan waktu jawab

Untuk soal dengan tingkat kesulitan yang lebih, Anda dapat menambahkan waktu jawab hingga 4 menit. Untuk setiap soal di Kahoot dapat diatur dalam 20, 30, 60, 90, 120, dan 240 detik. 

Ulang soal

Anda dapat mengulang soal yang sama untuk meningkatkan fokus siswa dalam menjawab soal. Hal ini dapat menguji apakah (maha)siswa Anda mencermati soal-soal sebelumnya. Caranya cukup mudah. Anda tinggal menduplikat kahoot yang telah Anda buat. Silakan cek di sidebar sebelah kiri Anda.

Soal bonus

Anda juga dapat menggandakan skor 2x lipat pada soal tertentu untuk membuat permainan lebih menantang. Caranya, geser points dari 1000 menjadi 2000. Setiap pemain yang menjawab soal dengan benar, dia akan mendapatkan nilai ganda.

Penutup

Sebagai seorang pendidik kita memang senantiasa dituntut oleh lebih kreatif. Jadi, meskipun Anda saat ini menggunakan sebuah platform atau aplikasi dapat versi gratis, bukan berarti kita tidak dapat menemukan cara-cara yang dapat membuat pembelajaran kita lebih berkesan tanpa harus melakukan upgrade ke versi berbayar.

Penting: Jangan lupa, selalu gunakan aplikasi atau software legal. Jangan sampai tujuan mulia kita mencerdaskan anak bangsa dinodai dengan aplikasi yang didapatkan dengan cara crack maupun cara ilegal lainnya.

Baca Juga