Membuat Soal Menyimak (Listening) Memanfaatkan Kahoot!

Sumber: erickunto.com


Apa itu Kahoot!

Kahoot! merupakan salah satu aplikasi favorit yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran berbasis game. Meskipun pengguna dapat membuat soal dalam bentuk teks atau dengan menambahkan gambar, sebenarnya aplikasi ini juga memfasilitasi soal dalam bentuk video. Pengguna dapat menyisipkan tautan video dari YouTube sebagai bahan pertanyaan. Suara dari video yang diputar ini tentunya dapat kita manfaatkan sebagai latihan untuk soal menyimak atau yang lebih dikenal dengan listening. Yang menarik lagi adalah dengan akun gratis pengguna juga dapat mengatur durasi dari video yang ingin ditayangkan, termasuk waktu mulai dan berakhirnya video.

Apa yang dibutuhkan?

Untuk membuat soal menyimak menggunakan Kahoot!, Anda memerlukan dua hal. Pertama, akun pengguna Kahoot baik akun basic (gratis) maupun premium. Kedua, link video YouTube sebagai soal menyimak. 

Tutorial

Untuk teknisnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke akun Kahoot! Anda dan buatlah kuis baru sebagaimana biasanya.
  2. Pada menu Kahoot creator, silakan klik Add questions dan pilih quiz
  3. Tambahkan pertanyaan di kolom paling atas
  4. Cari video di YouTube! lalu salin link video tersebut
  5. Pilih YouTube! link di bawah kolom pertanyaan lalu tempel link tersebut
  6. Atur durasi dan waktu mulai video tersebut lalu klik Add
  7. Secara otomatis kahoot akan menyesuaikan waktu menjawab soal dengan durasi video, namun Anda dapat menyesuaikannya melalui opsi time limit
  8. Klik preview untuk melihat tampilan kuis Anda

Video tutorial

Penutup

Jika Anda ingin mencoba memainkan kuis menyimak menggunakan Kahoot! silakan klik tautan ini. Kunjungi pula www.erickunto.com/portal-belajar-kahoot jika Anda membutuhkan materi dan tutorial terkait penggunaan Kahoot! untuk pembelajaran.
Baca Juga