Tutorial Ekspor Daftar Pustaka Manual ke Format BibTeX atau RIS via Citation Finder

Tutorial bagaimana membuat daftar pustaka manual menjadi otomatis dengan mengekspor ke format BibTex atau RIS menggunakan Citation Finder
Sumber: erickunto.com


Pengantar

Jika Anda adalah seorang editor atau orang yang berkecimpung di dunia penulisan ilmiah, tentu kutipan dan daftar pustaka merupakan hal yang Anda temui sehari-hari. Meskipun sudah banyak beredar piranti lunak untuk memudahkan pembuatan kutipan dan daftar pustaka, sayangnya masih ada beberapa penulis yang masih menggunakan cara manual untuk membuat kedua hal ini. Tutorial berikut ini memberikan panduan bagaimana cara mengekspor daftar pustaka yang dibuat secara manual tadi ke dalam format Bib atau RIS sehingga metadata referensi dapat diimpor ke reference management software (RMS).

Langkah-langkah mengekspor ke Bib atau RIS:

  1. Salin semua referensi yang ada di daftar pustaka
  2. Kunjungi https://citation-finder.now.sh lalu tempel ke kolom yang tersedia
  3. Pilih format yang diinginkan (Bib atau RIS). Kedua format ini bisa dibaca oleh sebagian besar RMS seperti Mendeley atau Zotero
  4. Review hasil penelusuran. Pastikan metadata antara kutipan asli dan hasil pencarian sama persis, mulai dari nama penulis, tahun, judul, dan informasi lainnya. Blok berwarna kuning berarti Anda menyetujui bahwa hasil pencarian tersebut lah yang akan diekspor.
  5. Pilih download all selections

Untuk lebih jelas, Anda dapat mengikuti video tutorial berikut ini.


Adapun langkah-langkah mengimpor BibTex atau RIS ke Mendeley, pilih File > Import (pilih sesuai dengan format yang diunduh) lalu pilih OPEN.

Kegagalan penelusuran biasanya terjadi pada referensi dari Indonesia, terutama buku. Jika referensi yang Anda maksud belum ditemukan dan bertipe buku, sebelum menginput metadata secara manual bisa coba dengan melakukan pencarian di Google Books.

Untuk tutorial "Cara Impor Metadata Buku dari Google Books dapat dibaca di sini.

Baca Juga