Tingkatkan Kolaborasi Siswa dengan Team Mode yang Baru di Kahoot!

Dengan mode tim baru ini, setiap siswa bergabung dengan game dari perangkat mereka dan kemudian mereka akan dikelompokkan ke dalam tim virtual.

Sumber: Kahoot!.com

Pentingnya kolaborasi

Kolaborasi adalah salah satu keterampilan penting abad ke-21. Untuk membantu Anda menyatukan siswa dan mendorong mereka untuk bekerja secara kreatif bersama rekan-rekan mereka, Kahoot! dengan senang hati memperkenalkan opsi mode tim baru Kahoot!, yang telah disinggung pada acara EDU Fall Meetup. Fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa hari ke depan. 

Dalam survei yang dilakukan oleh Kahoot! terhadap para guru baru-baru ini, lebih dari 60% responden mengatakan bahwa mereka telah menggunakan mode tim Kahoot! untuk membantu siswa mereka mengembangkan keterampilan kolaborasi. Mode tim memang dirancang untuk meningkatkan kolaborasi di kelas menggunakan perangkat bersama. Mode ini merupakan cara yang bagus untuk mengasah kerja tim, keterampilan kepemimpinan, dan komunikasi.

Namun, karena lingkungan belajar telah bergeser selama setahun terakhir ini akibat pandemi dan banyak siswa belajar dari rumah atau menjaga jarak sosial, berkumpul dengan menggunakan perangkat bersama (shared device) tidak selalu menjadi merupakan pilihan optimal untuk kolaborasi. Mode tim baru dari Kahoot! memungkinkan siswa untuk berkolaborasi saat mereka belajar dari rumah serta meningkatkan partisipasi menggunakan perangkat mereka sendiri di lingkungan belajar apa pun. Setiap kontribusi dari anggota tim akan dihitung karena skor sekarang didasarkan pada kinerja rata-rata tim.

3 cara mode tim baru untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi

Bekerja di lingkungan belajar apa pun

Dengan mode tim baru ini, setiap siswa bergabung dengan game dari perangkat mereka dan kemudian mereka akan dikelompokkan ke dalam tim virtual. Ini berarti bahwa mode ini dapat digunakan di lingkungan belajar apa pun. Dengan kata lain, siswa dapat berpartisipasi baik di kelas maupun dari jarak jauh, atau bahkan dalam pembelajaran hybrid. Semua orang akan dapat berpartisipasi!

Menumbuhkan keterampilan diskusi

Dengan mengaktifkan pembicaraan tim, Anda mendorong siswa untuk mendiskusikan jawaban mereka. Ini sangat relevan untuk pertanyaan di mana jawaban perlu dirancang atau dihitung terlebih dahulu, misalnya, soal-soal matematika.

Merasa memiliki dan berkontribusi

Saat bermain dalam mode tim baru ini, siswa akan menjawab dari perangkat individu masing-masing. Akan tetapi, setiap jawaban diperhitungkan sebagai skor tim yang otomatis dapat meningkatkan perasaan kontribusi dan kepemilikan.

Kapan mode tim baru dirilis?

Opsi mode tim baru akan tersedia pada akhir bulan September. Jumlah tim per game akan bergantung pada jenis langganan Anda. Dengan akun guru gratis, Anda dapat memiliki hingga 3 tim untuk bergabung dalam permainan, sementara dengan Premium+ atau Kahoot! EDU Anda dapat membentuk jumlah tim yang tidak terbatas.

Tertarik melihat cuplikannya?

Mode tim baru ini telah disinggung pada acara Kahoot! EDU Fall Meetup beberapa hari yang lalu. Silakan cek pada menit ke 16.31 dari video di bawah ini.

diadaptasi darihttps://kahoot.com/blog/2021/09/22/kahoots-new-team-mode

Baca Juga