Cara Mengetik Hanacaraka di Laptop

Aksara Jawa memang tidak dapat langsung diketik tanpa tambahan font di komputer. Berikut tutorial pasang font dan pengetikan aksara Jawa.

Sumber: erickunto.com

Pada artikel sebelumnya, saya telah mengulas tentang Bagaimana Mengetik Aksara Hanacaraka di iOS. Aksara Jawa atau yang lebih dikenal dengan Hanacaraka memang tidak dapat langsung diketik tanpa tambahan aplikasi atau font untuk di perangkat komputer. Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan mulai dari memasang font Aksara Jawa yang gratis serta layout keyboard yang sedikit berbeda dengan pengetikan Latin. 

Aturan Dasar Penulisan Aksara Jawa

Sebelum membahas tentang instalasi font dan variasi pilihan font yang ada, berikut saya sampaikan Aturan Dasar Penulisan Aksara Jawa sebagaimana disampaikan oleh Venny Indria Ekowati.

  1. Aksara Jawa carik ‘tulisan tangan’ umumnya ditulis miring ke kanan (italic), sekitar 60 derajat, sedangkan aksara Jawa cetak, umumnya ditulis kursif ‘lurus’.
  2. Aksara Jawa, jika dituliskan pada media kertas bergaris, maka hurufnya ditulis nggandhul garis ‘menggantung pada garis’, tidak seperti aksara Latin yang dituliskan di atas garis.
  3. Sistem penulisan aksara Jawa adalah scriptuo continuo, sehingga dalam penulisannya tidak mengenal pemisahan huruf per kata.
  4. Aksara Jawa juga mengenal sistem tanda baca, sehingga dalam penulisannya, tanda-tanda baca tersebut juga selalu dipakai.
  5. Aksara Jawa menganut sistem aural. Dengan kata lain, suatu kata ditulis sesuai dengan cara kata itu dihasilkan oleh alat ucap (pelafalan atau bagaimana kata diucapkan).
  6. Tidak diperbolehkan adanya aksara Jawa susun tiga.

Kontributor Font Aksara Jawa

Menurut Salam Tekno (2019), setidaknya ada lebih dari 5 font gratis yang dapat dipasang ke komputer atau PC bersistem operasi Windows, Mac, atau Linux yang dapat digunakan untuk mengetik Hanacaraka atau Aksara Jawa. Beberapa font juga bahkan dapat dipasang di smartphone Android maupun iOS. 

Nah, seperti apa tampilan font-font Aksara Jawa tersebut?

Sumber: erickunto.com

Tuladha Jejeg Font

Font yang diciptakan oleh R.S. Winahanto dengan ciri khas menggunakan lebar goresan dengan karakter tebal tipis dan serif di beberapa glifnya. Tuladha Jejeg adalah font aksara Jawa yang paling lengkap jika dibandingkan dengan font lain sejak kemunculannya tahun 2013 silam. Hal ini karena Tuladha Jejeg dibuat berdasarkan teknologi Graphite SIL sehingga mampu dan mendukung dalam menampilkan semua bentuk karakter Jawa dengan basis Unicode.

Font Tuladha Jejeg biasa digunakan pada beberapa situs web untuk menampilkan aksara Jawa pada halamannya, terutama pada situs-situs Wikimedia Foundation seperti Wikipedia dan beberapa situs translate aksara Jawa Hanacaraka. Lebih dari itu, font ini juga tentunya dapat Anda gunakan untuk menulis aksara Jawa pada Microsoft Word 2007 ke atas maupun software pengolah kata lainnya.

Hanacaraka Font

Font aksara Jawa kedua adalah Hanacaraka yang dibuat oleh Teguh Budi Sayoga dan mulai beredar sejak tahun 2004 hingga sekarang. Oleh karena font ini dibuat jauh sebelum aksara Jawa terdaftar sebagai Unicode, maka salah satu kekurangannya ialah pemakaiannya yang masih terbatas pada perangkat komputer saja dan tidak bisa digunakan untuk perangkat mobile seperti smartphone.

Di sisi lain, font Hanacaraka ini banyak sekali memiliki keunggulan, seperti mendukung semua jenis format font (Bold, Italic, Underline, dan lain-lain); bisa digunakan pada software Graphics Design (Corel Draw, Photoshop), database, maupun pada situs untuk translate Jawa ke aksara Jawa; dan tentunya mudah dipelajari bagi yang baru belajar menulis aksara Jawa sekalipun.

Javanese Text dan Noto Sans Javanese

Font berikutnya yang bisa digunakan untuk mengetik aksara Jawa di Microsoft Word adalah Javanese Text dan Noto Sans Javanese. Bisa dikatakan, dua buah font aksara Jawa ini adalah font yang universal karena telah tersedia di beberapa situs penyedia font gratis seperti Google Fonts, Dafontfree, Legionfonts, Megafonts, dan lain-lain.

Javanese Text dikembangkan oleh Microsoft sedangkan Google adalah pihak yang membuat Noto Sans tepat pada tahun 2014 silam. Sebagai font buatan Google, tentu Noto Sans Javanese termasuk ke dalam bagian dari seri font Noto dan mendukung semua bahasa di dunia selain tentunya aksara Jawa.

Nawatura dan Istaka

Nawatura dan Istaka adalah dua buah font aksara Jawa yang dibuat oleh seorang budayawan sekaligus kreator di bidang Tipografi asal Bandung bernama Aditya Bayu Perdana. 

Font Nawatura memiliki bentuk yang menyerupai langgam klasik Jawa cetak pada jaman Belanda dengan kontras garis yang lebih rendah sehingga keseluruhan teks terlihat lebih tebal dan lebih mudah dibaca walaupun ukurannya kecil. Namun sayangnya, Aditya Bayu membuat font ini khusus untuk perangkat komputer komputer saja, penggunaan untuk HP Android atau lainnya tidak dijamin dapat bekerja.

Adapun font Istaka, memiliki bentuk yang sangat unik karena menyerupai langgam bata sarimbag yang memiliki ciri khas berupa counter sempit dan garis tebal, sehingga cocok digunakan untuk menulis judul maupun teks pendek yang penting. Sama seperti Nawatura, font ini juga dibuat khusus untuk perangkat komputer.

Jamawi, Kramawirya, dan Nyk Ngayogyan

Tiga buah font aksara Jawa selanjutnya adalah Jamawi, Kramawirya, dan Nyk Ngayogyan. Berbeda dengan dua font sebelumnya yang dibuat oleh satu orang, ketiga font ini dibuat oleh orang yang berbeda. Font Jamawi dibuat oleh Arif Budiarto, Kramawirya dikembangkan oleh Yayat Suhiryatna beserta dua orang temannya, dan Nyk Ngayogyan diciptakan oleh Apri Nugroho.

Meskipun dibuat oleh orang yang berbeda, namun ketiga font ini terinspirasi dari gaya tulisan yang umum digunakan oleh orang Jawa di berbagai daerah, khususnya Yogyakarta. Hanya ada sedikit perbedaan pada font Jamawi. Arif Budiarto membuatnya berdasarkan naskah Serat Imam Nawawi yang mungkin banyak orang Jawa belum mengetahuinya.

Ketiga font ini dapat digunakan dengan baik untuk mengetik aksara Jawa pada Microsoft Word di komputer. Adapun jika Anda mencari font aksara Jawa Android, maka font Nyk Ngayogyan lah yang bisa Anda gunakan karena Apri Nugroho juga membuatnya khusus untuk Android.

Cara memasang font di Windows dan Mac

Perhatian! Sebelum memasang font Aksara Jawa, silakan tutup Microsoft Word Anda. Jika Anda memasang font pada posisi Word terbuka, silakan tutup dan buka lagi Word untuk mendapatkan font yang baru dipasang.

Komputer atau PC bersistem operasi Windows

  1. Unduh font melalui tautan ini
  2. Klik kanan pada font yang ingin dipasang lalu pilih Install
  3. Jika ada notifikasi atau pemberitahuan muncul, pilih Yes

Komputer atau PC bersistem operasi Mac

  1. Unduh font melalui tautan ini
  2. Double-click pada file font yang akan dipasang
  3. Klik Install

Mengetik Aksara Jawa

Untuk melakukan pengetikan, saya menyarankan Anda untuk memasang font Hanacaraka. Posisi keyboard font Hanacaraka sedikit berbeda dengan tata letak keyboard Latin atau yang dikenal dengan QWERTY, misalnya untuk mengetik /ha/ Anda perlu menekan tombol /a/. Untuk lebih jelas, silakan cermati layout berikut ini.

Sumber: Teguh Budi Sayoga (2004)

Panduan lengkap pengetikan menggunakan font Hanacaraka dapat diunduh melalui tautan ini.

Latihan

Sebagai latihan, Anda dapat mengerjakan kedua tipe latihan berikut.

Latihan 1

Silakan ketik ulang teks berikut ini.

  1. ꦲꦏꦸ
  2. ꦲꦺꦴꦫ
  3. ꦏꦸꦮꦠ꧀‌
  4. ꦥꦶꦠꦶꦏ꧀‌
  5. ꦕꦶꦭꦶꦏ꧀‌
  6. ꦒꦸꦭ
  7. ꦧꦸꦠꦸꦃ
  8. ꦱꦠꦺ
  9. ꦒꦼꦫꦃ
  10. ꦥꦸꦠꦼꦂ

Latihan 2

Coba ketik teks berikut ke dalam aksara Jawa!

  1. Tikus iku sakwijining ama pari kang njèngkèlake.
  2. Aku didhawuhi ibu tuku gula jawa.
  3. Aku mulih rada wêngi amarga kudu nglêmbur tugas kuliyah.
  4. Praune kèrêm ana ing bêngawan.
  5. Dina Slasa iki ibu arêp tindak mênyang Sêmarang.
  6. Anak pitik iku jênênge kuthuk.
  7. Mau awan nèng Grand Mall mbakyuku tuku klambi warnane abang.
  8. Ing ngarêp omahku lagi dipasang cagak listrik.
  9. Kang dadi lurah ing desaku ora liya bulikku dhewe.
  10. Bocah-bocah sêkolah jaman saiki akèh-akèhe wis padha udud.

Inspirasi Media Pembelajaran

Jika Anda termasuk salah satu pendidik yang akan memanfaatkan aksara Jawa untuk keperluan pembelajaran, coba kunjungi artikel saya "Digitalisasi Aksara Jawa dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran bagi MGMP Bahasa Jawa SMP Kabupaten Klaten" melalui tautan ini.

Jika Anda menemukan kendala saat memasang atau pengetikan aksara Jawa menggunakan font ini, silakan tulis pertanyaan di kolom komentar. Apabila ingin menfdapatkan informasi menarik seputar media pembelajaran dan teknologi pembelajaran, silakan tulis alamat email Anda di bagian Nawala Digital untuk berlangganan artikel.

Baca Juga