Akselerasi Penulisan Skripsi

Skripsi menjadi ajang pembuktian ketahanan dan tingkat problem solving mahasiswa secara mandiri. Bgmn solusi agar skripsi segera selesai? Apa tipsnya?

Sumber: erickunto.com


Pokok bahasan

Beberapa poin penting yang akan saya sampaikan pada sesi ini antara lain:

  1. Skripsi zaman old vs zaman now
  2. Penelusuran referensi yang gratis dan legal
  3. Membuat kutipan & daftar pustaka otomatis
  4. Kiat menyelesaikan skripsi tepat waktu
  5. Aplikasi dan software rekomendasi

Pendaftaran

Jika Anda berminat mengikuti kegiatan ini, silakan lakukan pendaftaran di bit.do/apas2021. Sebagaimana informasi dari pihak panitia, kegiatan ini gratis dan tersedia sertifikat elektronik. Jangan lupa, kegiatan ini akan berlangsung pada hari Kamis, 9 September 2021 mulai pukul 13.00 WIB.

Salindia materi

Silakan geser ke slide berikutnya langsung dari salindia di bawah ini.

Akselerasi Penulisan Skripsi oleh Eric Kunto Aribowo

Hasil survei

Hasil survei singkat yang diisi peserta pada saat kegiatan akan ditampilkan di sini. Silakan geser ke arah kiri untuk melihat hasil survei.

Tanya-Jawab

Tanya: Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, Selamat Siang Pak Erick. Perkenalkan nama saya Sintami Dewi Nuriadi dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES, saya ingin bertanya kira-kira hal yang paling berat atau sulit dalam membuat/menyusun skripsi bagi mahasiswa semester 5 apa pak? karena jujur belum ada gambaran untuk membuat kerangka skripsi. sekian dan terimakasih.
Jawab: Wa'alaik salam. Salam kenal, mba Sintami. Menurut pengalaman saya, baik sebagai dosbing maupun pejuang skripsi (tesis dan disertasi tentunya) beberapa tahapan yang paling menguras tenaga dan menguji semangat adalah ketika: (1) pencarian ide, (2) pengumpulan data, dan (3) analisis data. 
Terkadang kita butuh waktu agak lama dalam pencarian ide atau topik yang akan kita kerjakan. Ini salah satunya disebabkan karena kita kurang bacaan. Nah, saran saya coba baca-baca paper yang kamu sukai topiknya, kalau bisa yg lebih spesifik ke bahasan tertentu. Kalau paper sudah dibaca, coba deh lakukan pembacaan kritis. Identifikasi apa alasan penelitiannya, bagaimana metode penelitiannya, apa temuan atau simpulannya, sampai pada apa kekurangan atau bagian rumpang yg blm dilakukan. Coba cari minimal 35 paper dan lalukan pembacaan kritis. Jangan lupa, catat apa hasil pembacaanmu. Template literature review dapat membantumu membuat matriks dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan. Setelah paper-paper tadi kamu identifikasi, insyaallah akan kelihatan bagian-bagian mana yg belum dilakukan atau diteliti. Dari celah inilah yang bisa menjadi ide atau bahan diskusi dengan teman angkatan, kakak tingkat, dan dosbing. Jangan lupa ungkapkan idemu agar mendapatkan feedback ya.
Kalau terkait pengumpulan data, saya sarankan cari data yg mudah dan cepat kamu kumpulkan. Pertimbangkan pula biaya, tenaga, dan waktu hingga data tersebut terkumpul sampai dapat dikatakan mewakili. Kalau bisa mulai gunakan data digital yang tersedia, bisa dari web, media sosial, dlsb. Untuk teknisnya, kamu bisa cari video tutorialnya ya.
Pada tahap analisis data, memang dituntut kepekaan dan sensitivitas yang tinggi untuk menelaah dan melakukan interpretasi apa sebenarnya cerita atau informasi di balik data itu. Cara cepat untuk membiasakan melakukan analisis data adalah membaca bagian pembahasan atau discussion di paper-paper ilmiah. Tahu kan sekarang kenapa kamu harus mendapatkan minimal 35 rujukan artikel ilmiah? 😁
Oh ya, saran terakhir nih. Agar kerangka atau tahapan pengerjaan skripsimu lebih terorganisasi dengan baik, coba pakai template timeline skripsi yang ada di bawah ya. Semangat ya! Jangan lupa sharing ketika mengalami kendala.

Tanya: Saya Raka Adityanto. Mau bertanya, setelah berjam-jam membaca berbagai artikel dan menulis berbagai temuan, kemudian mahasiswa menemui kebuntuan berpikir, dan kejenuhan. Sebagai seseorang yang pernah mengalami hal tersebut, bagaimana sebaiknya mahasiswa mengatasi kebuntuan kejenuhan tersebut? Terima kasih.
Jawab: Oke, mas Raka. Kondisi itu sering disebut dengan writer's block, situasi di mana kita mengalami kebuntuan atau stuck ga muncul ide yang bisa ditulis. Padahal, kita sudah duduk berjam-jam di depan laptop kan ya? 😅
Itu kondisi yang normal sebenarnya. Bahkan, penulis pofesional atau sekaliber profesor pun pernah mengalaminya. Nah, kalau saya mengalami hal seperti itu, saya biasanya melakukan hal-hal yang saya suka. Kadang jalan-jalan, kadang noton film, kadang cari teman ngobrol. Lakuin apa aja yang bermanfaat, terutama hobimu. Pada kondisi writer's block sebenarnya kita butuh suasana yang refresh (mungkin karena kita memaksa otak kita untuk mengeluarkan ide, sedangkan dia belum siap 😅).

Tanya: Mau bertaNya, bagaimana sebuah teori itu dikatakan kadaluwarsa?
Jawab

Rekaman webinar

Jika Anda tertarik memutar ulang video rekaman kegiatan ini, silakan klik putar.

Bonus

Ada dua template Notion yang dapat digunakan sebagai sarana untuk memonitor progres dan perkembangan skripsi serta untuk literature review.

Template Literature Review

Tampilan konten kurang lebih seperti pada gambar di bawah. Untuk mengunduh template silakan klik erickunto.com/literature-review

Template Timeline Skripsi

Template ini dapat digunakan sebagai ancangan tahapan-tahapan yang akan dilakukan, mulai dari drafting proposal, penulisan skripsi per bab, sidang atau ujian skripsi, hingga momen yang paling membanggakan yakni wisuda.

Untuk mengunduh template ini silakan kunjungi erickunto.com/timeline-skripsi

Penutup

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait perjuangan penyelesaian skripsi, silakan tulis pada komentar di bawah ini.

Baca Juga