Uji Coba Platform Event Mendeley yang Baru

Mendeley akan merilis platform event yang baru untuk setiap kegiatannya. Seperti apa platform ini? Apa perbedaannya dengan platform sebelumnya?

Sumber: Researcher Academy


Dua minggu lalu, saya diminta Susan Tyler Jenkins (Researcher Community Advisor dari Mendeley Community Management Team) untuk melakukan uji coba sebuah platform baru yang nantinya akan digunakan untuk mempromosikan event dan sistem pendaftaran kegiatan Mendeley. Platform ini khusus diperuntukkan bagi para Mendeley Advisor sehingga semua kegiatan yang dirilis di platform ini merupakan kegiatan resmi yang diketahui oleh pihak Mendeley. Platform yang sebelumnya ditayangkan melalui laman Mendeley dipindah ke laman Researcher Academy, MOOC terkait riset dan publikasi milik Elsevier.

surel undangan uji coba

Perbedaan mendasar plaftorm baru ini 

Jika dibandingkan dengan platform sebelumnya yang dirilis di laman Mendeley, platform baru ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya:

  • dapat melakukan revisi atau suntingan event yang telah terbit apabila ada informasi baru yang ingin ditambahkan
  • otomatis dapat melakukan generate sertifikat elektronik bagi para peserta. Sebelumnya, advisor hanya diberikan template sertifikat dan sering kali diisi secara manual satu per satu
  • peserta akan mendapatkan pemberitahuan serta pengingat via surel terkait kegiatan tersebut jika agenda segera berlangsung. Bahkan, pada surel juga terlampir kalender yang bisa langsung di simpan oleh peserta ke kalender digital masing-masing, baik di iCal maupun Google Calendar
  • kegiatan akan dipublikasikan dan dipromosikan di laman Researcher Academy
  • tunduk pada kebijakan data privasi (GDPR)
Platform event Mendeley sebelumnya

Apa saja isian pada formulir registrasi event ini?

Sebagai seorang advisor, Anda dapat mempromosikan kegiatan secara langsung di laman resmi Researcher Academy. Kelak, Anda akan diberikan tautan khusus yang dapat digunakan untuk membuat agenda workshop yang akan Anda selenggarakan. Menu ini akan muncul di profil Anda dengan memilih opsi Manage workshops.

Opsi melakukan registrasi event


Sebelum informasi kegiatan tersebut dirilis, advisor dapat memberikan detil informasi secara mandiri yang terdiri dari:

  • Title, judul kegiatan 
    Tampilan awal registrasi event

  • Event information yang berisi:
    • tanggal, waktu kegiatan, berikut zona waktu
    • lokasi kegiatan
    • kota
    • negara, regional, dan bahasa pengantar yang digunakan pada kegiatan tersebut
    • deskripsi kegiatan, yang dapat diisi dengan agenda kegiatan, prasyarat kegiatan, serta informasi penting lainnya
  • Online event information yang berisi:
    • URL online meeting
    • durasi dalam satuan jam dan menit
    • kode akses atau password meeting 
      Isian informasi terkait kegiatan daring

  • Presenter information yang berisi nama narasumber dan peran atau afiliasinya serta pendamping narasumber (atau moderator jika ada)
  • Resources, tempat Anda dapat membagikan URL penting seperti tautan untuk mengunduh Mendeley Desktop atau Mendeley Reference Manager, Mendeley Cite, atau Web Importer, dlsb. 
    Rujukan lain yang berkaitan dengan kegiatan

  • Download, tempat Anda dapat mengunggah file dengan jumlah tak terbatas dengan maksimal ukuran setiap file 100 MB. Anda dapat mengunggah file dengan tipe txt, pdf, pptx, doc, docx, xls, xlsx. Pada menu ini, Anda dapat mengunggah materi penting seperti bahan latihan, materi lain di luar Mendeley seperti strategi menelusur referensi, kaidah melakukan kutipan, dlsb.
  • Presentation deck, tempat di mana Anda dapat mengunggah slide presentasi Anda. Kriteria dokumen yang diunggah sama seperti pada Download. Anda dapat mengunggah slide materi sebelum kegiatan atau setelah kegiatan selesai (dengan melakukan revisi event) 
    Tempat Anda mengunggah salindia presentasi

  • change made to event, fitur yang digunakan untuk menyunting informasi apabila ada yang keliru atau perlu dimutakhirkan.

Perhatian! Setelah mengisi semua isian formulir, Anda harus memastikan tidak ada isian yang belum terisi. Pastikan Anda mengklik “Submit for review” dan cermati informasi yang ada. Jika sudah yakin, lanjutkan dengan “Submit for review”. Ingat, Anda perlu mengklik "Submit for Review" sebanyak dua kali. Setelah itu, silakan tunggu dalam 2-3 hari agar Tim Mendeley melakukan pengecekan sebelum event Anda tayang di laman Researcher Academy.

Sayangnya, pada formulir yang tersedia tidak ada isian yang menanyakan alamat advisor yang biasanya digunakan untuk pengiriman suvenir Mendeley. Informasi dari Susan, setelah event Anda terbit Anda akan menerima email secara manual yang menanyakan terkait alamat pengiriman suvenir ini.

Bagaimana cara mendaftar sebagai peserta?

Saya sarankan Anda untuk mencoba event uji coba berikut agar Anda familiar dengan sistem baru ini. Untuk melakukan pendaftaran, Anda dapat menggunakan email yang biasa digunakan untuk masuk di akun Mendeley (atau Anda dapat menggunakan email lain yang Anda miliki). Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Klik URL event, misalnya agenda Uji Coba Platform Event Mendeley di tautan ini
  2. Klik Register now 
    Tampilan awal event di Researcher Academy

  3. Login dan masukkan kata sandi Anda 
    Tampilan login di Researcher Academy

  4. Klik Register now. Jika berhasil akan ada informasi "You have sucessfully registered" 
Notifikasi berhasil melakukan pendaftaran

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat elektronik dari Mendeley?

Salah satu keunggulan dari platform yang baru ini adalah dapat melakukan generate sertifikat elektronik secara otomatis untuk para peserta. Artinya, advisor tidak perlu lagi menyiapkan sertifikat satu per satu untuk para peserta menggunakan template sertifikat seperti pada platform sebelumnya. Setiap peserta dapat mengklaim dan mengunduh sertifikat elektronik secara mandiri langsung dari platform ini pula.

Setelah 1-2 hari event selesai, setiap peserta akan mendapatkan email secara otomatis untuk mengklaim sertifikatnya dan mengunduh salindia dan/ materi terkait. Kode untuk mengklaim sertifikat dapat diberikan oleh advisor atau panitia kegiatan. Kode ini dibutuhkan sebagai syarat untuk mengunduh sertifikat. Saya juga menyarankan agar setiap peserta melakukan pengecekan penulisan nama lengkap karena sertifikat ter-generate otomatis dari data profil di RA. 

Untuk mengunduh sertifikat, Anda dapat melakukannya dengan jalan:

  1. Klik URL event yang ada di surel
  2. Klik claim certificate dan masukkan workshop code dan jangan lupa klik Submit. Jika Anda telah mendaftarkan kegiatan "Uji Coba Platform Event Mendeley" silakan masukkan kode MESZCV. Ingat! Anda baru bisa mengunduh sertifikat setelah 1x24 dari tanggal 27 Juni 2021 pukul 13.00 WIB
    Tampilan untuk mengklaim sertifikat peserta

  3. Tunggu sesaat untuk proses generate sertifikat 
    Tampilan setelah klaim kode berhasil dilakukan

  4. Refresh peramban atau browser Anda lalu klik Download your certificate. Sertifikat dapat diunduh dalam format PDF. Secara otomatis Anda juga akan mendapatkan surel pemberitahuan untuk mengunduh sertifikat tersebut. 
    Tampilan unduh sertifikat
  5. Sertifikat berhasil diunduh. Anda juga dapat langsung membagikannya jejaring ke media sosial. 
    Tampilan sertifikat berhasil di-generate

Cara mengedit nama lengkap

Setelah mengunduh sertifikat, barangkali Anda mendapat nama lengkap Anda tidak sesuai yang Anda harapkan. Ini dikarenakan nama tersebut diambil dari data nama yang ada pada profil Anda. Untuk menyunting nama silakan:

  1. Cek pada menu profil (ikon orang) 
    Tampilan untuk menyunting akun

  2. Lalu klik Edit Account dan lanjutkan dengan memilih Edit settings 
    Opsi Edit settings pada Edit Account
  3. Gulir ke bawah hingga menemukan Account Information lalu edit nama Anda 
    Tampilan untuk mengubah nama lengkap

Seperti apa tampilan sertifikat Mendeley?

Sepanjang pengalaman saya menjadi advisor sejak tahun 2018, hingga saat ini Mendeley memiliki empat versi sertifikat resmi. Berikut adalah tampilan ketiga sertifikat tersebut mulai dari yang terbaru hingga terlama.

Sertifikat Mendeley versi terakhir

Sayangnya, saya masih ragu kepada penanda tangan di sertifikat ini. Mengacu pada sertifikat-sertifikat sebelumnya, penanda tangan biasanya berasal dari orang yang berwenang di Mendeley. Untuk saat ini seharusnya Susan Tyler Jenkins dan Kristin Byle.

Sertifikat terkini yang akan diberlakukan mulai Juli 2021

Sertifikat Mendeley versi ketiga

Berlaku mulai awal April 2021

Sertifikat Mendeley versi kedua

Mulai berlaku sejak awal 2020 hingga awal 2021

Sertifikat Mendeley versi pertama

Seingat saya mulai berlaku sejak 2018 (atau sebelumnya) hingga awal tahun 2020

Catatan akhir

Bagaimana pengalaman Anda mencoba platform baru ini? Kendala apa yang Anda hadapi? Apa komentar dan saran untuk perbaikan platform tersebut? Anda dapat menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga