Cara Menampilkan Pertanyaan dan Opsi Jawaban Kahoot! dalam Satu Layar

Berikut ini cara agar pertanyaan dan opsi jawaban dapat muncul di masing-masing layar siswa pada mode Kahoot live.

Sumber: erickunto.com


Pengantar

Menyuguhkan pembelajaran jarak jauh memang sangat menguras tenaga dan pikiran pendidik. Belum lagi tingkat stres dan kejenuhan peserta didik juga menjadi tambahan tantangan tersendiri. Sebagai pendidik, wajib hukumnya menyelenggarakan pembelajaran yang menarik, berdampak, inklusif, dan dapat diakses dengan mudah. Dari sekian banyak aplikasi edukatif, Kahoot! menjadi salah satu aplikasi game based-learning yang paling banyak digunakan oleh pendidik global.

Sebelumnya, untuk memainkan kahoot secara live melalui aplikasi video telekonferensi, para peserta harus membuka dua layar sekaligus atau menggunakan dua piranti yang berbeda untuk bergabung. Layar pertama untuk menampilkan video dari telekonferensi untuk mengamati pertanyaan dan layar kedua untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tentunya, cara ini akan merepotkan dan mengganggu perhatian dan fokus peserta didik dalam menjawab pertanyaan. Isu ini sekarang sudah dijawab oleh Kahoot! dengan meluncurkan fitur terbarunya agar setiap peserta dapat melihat pertanyaan sekaligus menjawab pertanyaannya dalam satu layar. Fitur ini mirip dengan mode Challenge. Hanya saja, untuk melanjutkan pertanyaan satu ke pertanyaan berikutnya akan mengikuti arahan dari host atau pendidik yang menyelenggarakan permainan.Untuk mengetahui perbedaan ketiga mode game yang ada di Kahoot silakan kunjungi artikel ini

Jika Anda tertarik mencoba aplikasi edukatif lainnya, baca materi dan rekaman webinar "Pembelajaran Berbasis Game" yang saya sampaikan belum lama ini.

Kapan fitur ini cocok digunakan?

Pemilihan mode dan fitur Kahoot tentu sangat berkaitan erat dengan lingkungan belajar yang sedang digunakan. Agar mampu menghadirkan pengalaman berlajar yang bermakna, tentu setiap peserta diharapkan dapat berpartisipasi sehingga tercipta pembelajaran yang inklusif. Hal ini juga berkaitan erat dengan infrastruktur yang ada, piranti yang tersedia, serta kebutuhan para siswa. Berikut ini pilihan skenario yang dapat dilakukan pada saat mengaktifkan fitur ini.

  • jika tidak ada layar besar atau LCD proyektor di kelas fisik
  • jika ruang kelas terlalu luas sehingga peserta yang berada di belakang tidak dapat melihat pertanyaan di layar besar atau LCD dengan jelas
  • ketika mengajar di kelas hibrid dan para siswa hanya memiliki satu piranti di rumah
  • menggunakan Kahoot untuk pendidikan luar biasa

Cara menampilkan pertanyaan dan opsi jawaban Kahoot! dalam satu layar

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapt menggunakan Kahoot versi gratis maupun premium. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka kahoot yang ingin Anda mainkan di kelas Anda. Anda dapat memilih dari kahoot yang telah Anda buat atau kahoot publik yang telah dibuat oleh pengguna lain melalui menu Discover.
  2. Klik Play dan pilih Teach.
    Opsi permainan di Kahoot

  3. Di layar Game Option, gulir ke bawah ke opsi General dan aktifkan opsi berikut: "Show questions and answers on players’ devices". Jika memilih ON maka opsi ini akan menampilkan pertanyaan dan jawaban di perangkat pemain".
    Opsi untuk mengaktifkan tampilan pertanyaan dan jawaban di satu layar

  4. Klik mode Classic jika Anda memiliki kelas di mana setiap siswa menggunakan perangkatnya masing-masing (1:1) atau mode Team jika Anda ingin siswa bermain di dalam tim menggunakan satu perangkat.
  5. Anda sudah siap! Sekarang siswa akan dapat melihat pertanyaan dan jawaban di layar perangkat mereka, selain layar yang Anda bagikan sebagai penyelenggara permainan, seperti tampilan di bawah ini.
    Tampilan di layar smartphone versi aplikasi dan dari www.kahoot.it

Untuk siswa yang bergabung melalui desktop atau laptop tampilannya akan seperti ini.

Tampilan di layar desktop/laptop

Membutuhkan tutorial bagaimana menyelenggarakan permainan Kahoot? Ikuti petunjuk di postingan blog ini!

3 tips untuk memaksimalkan keterlibatan siswa saat bermain dengan opsi baru ini

Untuk membuat pengalaman belajar yang lebih menarik dan memastikan interaksi terjalin dengan baik selama kahoot dimainkan, berikut rekomendasi yang dapat dilakukan saat pertanyaan dan jawaban ditampilkan di perangkat siswa.

Buat jeda di antara pertanyaan

Jangan terburu-buru menyelesaikan permainan kahoot Anda. Berhentilah setelah beberapa pertanyaan untuk menambahkan informasi dan penjelasan tambahan. Tanyakan apa yang siswa pikirkan dan jika memungkinan mulai lakukan diskusi. Menambahkan pertanyaan polling atau pertanyaan dengan skor nol dapat membantu Anda menggali apa yang mereka pikirkan!

Tampilkan gambar di layar bersama

Ajak siswa untuk melihat lagi gambar pengantar soal yang telah Anda tambahkan sebelumnya. Cukup klik Show setelah mereka menjawab pertanyaan maka gambar akan tersorot lebih besar.

Periksa papan skor dan rayakan podium

Persaingan yang bersahabat membuat kahoot live lebih dinamis dan menyenangkan. Luangkan beberapa detik untuk melihat papan skor dan beri penghargaan kepada para pemain yang berhasil naik podium di akhir kahoot.

Penutup

Coba opsi permainan baru ini di kahoot live Anda berikutnya! Tuliskan pengalaman dan tanggapan mereka di kolom komentar di bawah setelah Anda mencobanya.





Baca Juga