Webinar Penelusuran Referensi Ilmiah

UKM Penalaran Universitas Widya Dharma merilis kegiatan webinar berseri "Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa"

Sumber: erickunto.com


Pengantar

UKM Penalaran Universitas Widya Dharma merilis kegiatan webinar berseri yang bertajuk "Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa". Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill mahasiswa dalam menulis proposal penelitian untuk skripsi serta menyiapkan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah. Peserta yang mengikuti semua sesi di kegiatan ini tidak dipungut biaya. Panitia juga menampung peserta mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi lainnya. Setiap peserta yang aktif mengikuti kegiatan hingga tuntas akan mendapatkan sertifikat elektronik dari panitia. Selamat menyelami dunia ilmiah dengan lebih terbuka!

Flyer kegiatan

Jadwal kegiatan

Secara keseluruhan, workshop ini terdiri dari lima bagian dengan durasi 90-120 menit per sesi. Setiap peserta diharapkan mengikuti dengan aktif seluruh rangkaian sesi acara hingga selesai. Kegiatan ini membatasi jumlah peserta agar lebih kondusif dan produktif. Anda yang telah bergabung dalam kegiatan ini sudah selayaknya terlibat aktif hingga selesai acara karena panitia telah menolak beberapa peserta yang ingin mendaftar. Berikut jadwal kegiatan "Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa".

Sesi Hari, Tanggal Pukul (WIB) Topik Narasumber Materi
1 Selasa, 2/3/2021 13.00-15.00 Penelurusan Referensi Ilmiah Eric Kunto Aribowo, S.S., M.A. Tautan
2 Kamis, 4/3/2021 13.00-15.00 Microsoft Word & Cek Plagiasi Ivany Nur Priharsiwi Tautan
3 Selasa, 9/3/2021 13.00-15.00 Instrumen Penelitian Yulinda Erma Suryani, S.Pd., M.Si. Tautan
4 Jumat, 12/3/2021 13.00-15.00 Analisis Data Yuliana, S.Si., M.Pd. Tautan
5 Selasa, 16/3/2021 13.00-15.00 Penulisan Artikel Ilmiah Bayu Purbha Sakti, M.Pd. Tautan

Salam perkenalan

Halo semuanya... Salam kenal, saya Eric. Jika Anda ingin mengenal saya lebih lanjut silakan telusuri CV interaktif di bawah ini dengan menekan bagian Pendidikan, Skill, Portofolio, dan/ atau Kontak. Untuk memunculkan elemen interaktif, tekan atau usap ikon berbentuk jari di bagian kanan atas salindia. Untuk Biografi yang lebih lengkap dapat diakses melalui tautan ini.

Prasyarat Peserta

Dalam rangka suksesnya kegiatan ini, khusus untuk sesi yang saya bawakan dimohon para peserta:

  1. mengunduh dan memasang perangkat lunak Publish or Perish yang dapat diunduh di https://harzing.com/resources/publish-or-perish
  2. mengunduh dan memasang Mendeley Desktop yang dapat diunduh di tautan ini (khusus untuk PC/laptop dengan Windows 10 dan Microsoft Office 2016 ke atas). Untuk PC/laptop dengan spesifikasi versi di bawah itu silakan unduh melalui s.id/mendeley-downgrade. Coba pasang Mendeley Desktop versi 1.15
  3. membaca dan mencermati materi yang telah diberikan sebelum kegiatan
  4. mencermati latihan yang telah disiapkan

Apabila Anda menemukan kendala teknis, baik dalam hal instalasi perangkat lunak Publish or Perish maupun Mendeley Desktop silakan tulis kendala dan pertanyaan Anda di akhir artikel ini pada bagian "Posting Komentar".

Penelusuran Referensi Ilmiah

Kegiatan ini disampaikan oleh Eric Kunto Aribowo, S.S., M.A. pada Selasa 2 Maret 2021 pukul 13.00-15.00 WIB. Agenda yang akan disampaikan pada acara ini antara lain: seluk-beluk referensi ilmiah yang patut diketahui penulis mulai dari konsep dasar, mengapa mengutip itu perlu dilakukan, kapan mengutip itu tidak perlu dilakukan, kapan harus mengutip, kriteria referensi yang baik, sumber referensi untuk mengunduh artikel ilmiah secara gratis dan legal, mengunduh dan meminjam ebook, tip melakukan penelusuran, kaidah pengutipan, bagaimana mengantisipasi plagiat, hingga mengutip menggunakan Reference Management Software (RMS). Materi kegiatan ini dapat dibaca pada salindia di bawah ini.

Catatan! Salindia ini memuat beberapa video tutorial. Akan lebih optimal jika Anda mengakses melalui laptop/PC dengan mengklik judul di bawah salindia ini atau mengklik tautan ini. Ubah tampilan ke mode layar penuh (fullscreen) agar lebih terbaca dengan jelas.

Penelusuran Referensi Ilmiah oleh Eric Kunto Aribowo

Jika Anda tertarik mengunduh salindia ini, silakan tunggu satu hari setelah materi dipaparkan. Menu download akan aktif setelah kegiatan selesai. Untuk salindia dalam format PDF berarti video yang tersemat di dalam salindia tidak akan bisa diputar. Untuk mengakses tutorial silakan cek tautan video yang tertulis pada tayangan.

PDF Penelusuran-Referensi-Ilmiah.PDF Download

Penutup

Di era abad-21 ini, para peneliti dan penulis sangat dimudahkan dengan akses sumber referensi terbuka yang dapat dengan mudah ditemukan melalui jagat maya. Temukan sumber-sumber referensi yang berkualitas baik sebagai bahan bacaan dan rujukan untuk proposal maupun artikel yang akan Anda tulis. Semakin banyak bacaan Anda niscaya akan menambah wawasan dan pengetahuan yang akhirnya akan meningkatkan kualitas tulisanmu. Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan, silakan tambahkan pada kolom komentar di bawah. Selamat bergabung, calon ilmuwan Indonesia!

Baca Juga