Cara Bergabung di Wakelet Community

Wakelet memiliki komunitas global yang luar biasa. Tiga level yang tersedia mulai dari member, leader, ambassador. Tertarik untuk bergabung?
Sumber: wakelet.com


Pengantar

Wakelet merupakan salah satu platform yang memiliki komunitas yang besar dan suportif. Komunitas sangat bermanfaat dalam memberikan dukungan dan masukan bagi pengembangan Wakelet maupun memberikan ide-ide menakjubkan bagaimana berkreasi menggunakan Wakelet. Selain memiliki komunitas global, beberapa komunitas per negara mulai bermunculan. Malaysia, Filipina, Indonesia merupakan tiga komunitas yang ada di Asia Tenggara saat ini. Ini membuktikan pesatnya berkembangan komunitas Wakelet hanya dalam waktu dua tahun. Mengapa dua tahun? Sebab Wakelet baru merilis program ambassador sejak tahun 2019. Saya meyakini, para ambassador inilah yang memiliki pengaruh yang besar dalam hal ini karena ambassador merupakan perwakilan resmi yang memberikan dukungan teknis dan tutorial terkait penggunaan Wakelet, bahkan menyelenggarakan webinar dan pelatihan. Kebetulan saya terpilih menjadi salah satu ambassador yang pertama di Indonesia sejak bulan Mei 2019. Jika Anda tertarik mengunjungi koleksi yang saya miliki, silakan kunjungi wakelet.com/@erickunto. Kunjungi pula sumber belajar mandiri yang ada di erickunto.com/p/wakelet.html. Adapun untuk kegiatan pelatihan maupun webinar yang pernah saya selenggarakan bisa diakses materi dan rekaman webinar di erickunto.com/p/narasumber.html.

Wakelet Indonesia

Di Indonesia, alhamdulillah saat ini sudah memiliki komunitas yang telah memiliki 6 ambassador. Jika Anda tertarik untuk bergabung di komunitas Wakelet Indonesia, silakan kunjungi dan bergabung di kanal-kanal berikut ini. Anda dapat menanyakan kendala dan berbagi ide terkait dengan penggunaan Wakelet, terutama untuk kepentingan pendidikan.

Wakelet community

Selain bergabung dengan komunitas Wakelet Indonesia, saya sangat menyarankan Anda bergabung juga di komunitas Wakelet global. Saat ini, setidaknya ada tiga level tersedia untuk bergabung di komunitas  Wakelet global.

Community member

Komunitas Wakelet merupakan jantung dari apa yang dilakukan oleh Wakelet hingga saat ini. Komunitas ini terdiri dari para pendidik yang paling memiliki passion berbagi di planet ini, dan kesempatan ini terbuka untuk Anda! Sebagai anggota community member Anda akan:

  • melakukan uji coba fitur terbaru dan memberikan umpan balik
  • diberi akses kepada berita dan fitur terbaru
  • mendapatkan sovenir dari Wakelet ketika memberikan presentasi secara global

Community leader

Community leader adalah satu tingkat di atas community member. Seorang community leader membagikan serta mempromosikan Wakelet di sekolah maupun komunitas belajarnya. Anda akan membantu orang-orang di sekeliling Anda mengetahui lebih jauh tentang Wakelet, membantu mereka melalui agenda pelatihan yang Anda selenggarakan, serta memberikan saran serta pengetahuan-pengetahuan baru terkait Wakelet. Sebagai seorang community leader Anda akan mendapatkan:

  • rekognisi atau pengakuan secara online dalam bentuk badge dan sertifikat Community Leader
  • undangan eksklusif terhadap pelatihan Wakelet
  • akses kepada swag atau sovenir untuk Anda dan para peserta pelatihan

Ambassador

Sebagai seorang ambassador, Anda secara praktis merupakan bagian dari Wakelet Team. Anda akan merepresentasikan Wakelet pada sebuah event, memberi ide dan umpan balik, dan secara konsisten berbagi secara online dan kepada komunitas belajar masing-masing. Sebagai seorang ambassador Anda akan:

  • diberi akses kepada pelatihan spesial dari Wakelet Team
  • mendapatkan rekkognisi online sebagai Wakelet Specialist
  • mendapatkan sovenir untuk Anda dan orang-orang di sekeliling Anda

Apa keuntungan bergabung di komunitas Wakelet global?

Ini bukan bisnis layaknya MLM, jadi Anda jangan berharap banyak. hehe. Namun, setidaknya ada empat keuntungan jika Anda bergabung di komunitas wakelet global.

  1. Kesempatan uji coba fitur terbaru sebelum dirilis ke publik
  2. Mendapatkan akses ke update yang akan dirilis
  3. Mendapatkan Wakelet swag (merchandise) ketika Anda memberi presentasi tentang Wakelet secara global
  4.  Berbagi ide dengan anggota komunitas global lainnya

Sumber: wakelet.com


Sebenarnya keuntungan yang akan Anda dapatkan lebih dari empat poin yang saya sebut di atas. Yang paling utama adalah Anda akan memiliki mindset terbuka ketika berinteraksi dengan anggota komunitas lain, bertemu dengan anggota komunitas dengan bahasa dan budaya yang berbeda, peluang kolaborasi di tingkat global bukan sebuah keniscayaa. Jika Anda tidak percaya, coba saja tawarkan para anggota komunitas untuk berkolaborasi dalam sebuah kegiatan atau minta mereka berbagi di kelas Anda. Saya yakin sebagian besar dari mereka akan dengan senang hati melakukannya.

Wakelet swag

Barang kali Anda penasaran dengan sovenir yang diberikan oleh Wakelet, berikut cuplikannya. Yang membuat kita spesial adalah sovenir ini dikirim langsung dari London, markas besar Wakelet yang berlokasi di Inggris.

Cara bergabung di community member

Sebelum melakukan pendaftaran diri di community member, saya menyarankan beberapa hal berikut.

  • Buatlah sebanyak mungkin koleksi yang Anda bisa. Jangan lupa set visibilitasnya menjadi publik serta lengkapi profil Anda. Klik tautan ini untuk mengetahui bagaimana melengkapi profil Wakelet Anda.
  • Memiliki akun Twitter. Ini adalah hal yang wajib karena Wakelet akan memberikan update dan berinteraksi melalui media sosial (meskipun Facebook, Instagram, dan LinkedIn juga digunakan) ini kepada para anggota komunitasnya.
  • Ikuti setidaknya satu kali agenda rutin yang diselenggarakan oleh Wakelet. Wakelet memberikan pelatihan rutin seminggu dua kali sejak masa pendemi melanda. Silakan cek dan daftar melalui tautan ini. Di Indonesia, kegiatan ini berlangsung dini hari karena adanya perbedaan waktu.

Sumber: wakelet.com


Jika Anda telah mengikuti saran saya di atas, berarti Anda telah benar-benar siap bergabung di komunitas Wakelet global. Ikuti langkah-langkah berikut ini secara runtut.

  1. Daftarkan diri Anda melalui community.wakelet.com
  2. Temukan tombol Join the community atau klik di sini
  3. Klik Apply now
  4. What's your First name? Isikan dengan nama depan Anda, misalnya Eric Kunto lalu klik OK
  5. What's your Last name? Isikan dengan nama belakang Anda, misalnya Aribowo lalu klik OK
  6. What's the best email address for you to recieve Wakelet Community communicaitons? Isikan dengan alamat email aktif. Saya menyarankan Anda menggunakan alamat email yang sama dengan akun Wakelet Anda lalu klik OK
  7. What's your Wakelet Handle? for example @WakeletProfile! Isikan dengan akun Wakelet Anda, misalnya @erickunto lalu klik OK
  8. And your Twitter handle? for example @TwitterProfile! Isikan dengan akun Twitter Anda, misalnya @EricKunto lalu klik OK
  9. What best matches your current job role? Pilih sesuai dengan pekerjaan Anda. Anda dapat memilih lebih dari satu opsi jawaban.
  10. How do you currently use Wakelet? Ceritakan bagaimana Anda memanfaatkan Wakelet. Jawaban yang semakin spesifik akan semakin baik. Anda dapat menceritakan misalnya "I use Wakelet to collaborate with my students for doing research, create a story of daily routines, and share with my colleagues." Ingat, ceritakan dalam bahasa Inggris. Anda dapat memanfaatkan mesin penerjemah untuk hal ini.
  11. Are you a part of any other Communities or Ambassador programs? Pilih apakah Anda bagian dari komunitas atau ambassador dari platform tersebut.
  12. Whereabouts in the wolrd are you based? Ketikkan Indonesia pilih lalu klik Submit.
  13. Silakan cek kotak masuk email Anda

Penutup

Jika Anda mengalami kendala saat mendaftarkan diri di community member silakan layangkan pertanyaan melalui Posting Komentar di bawah atau tanyakan melalui grup Facebook dan/ grup Telegram Wakelet Indonesia.

Baca Juga