Urus Bebas Pustaka di Perpustakaan FIB UGM

Artikel ini memuat proses bagaimana mengusulkan permohonan bebas pustaka di perpustakaan FIB UGM

Sumber: erickunto.com

Selamat ya.. dalam waktu dekat Anda akan melaksanakan ujian tertutup/wisuda. Semangat! Namun, jangan senang dahulu karena masih ada beberapa proses yang harus dilalui sebelum mendaftarkan yudisium. Mudah-mudahan surat keterangan unggah mandiri dan bebas pustaka dari perpustakaan universitas sudah di tangan Anda. Jika belum, silakan lakukan unggah mandiri di http://etd.repository.ugm.ac.id/. Apabila Anda memerlukan panduan dari pengalaman saya melakukan unggah mandiri, silakan klik tautan ini.

Ingat! Prosedur ini digunakan pada saat masa darurat COVID-19. Dimungkinkan ada perbedaan ketentuan untuk masa di luar itu. Selalu cek ke laman resmi perpustakaan FIB untuk mendapati informasi terkini.

Selain surat keterangan bebas pustaka dari perpustakaan universitas, kita juga membutuhkan surat bebas pustaka dari perpustakaan FIB. Dua surat keterangan ini menjadi bagian persyaratan untuk yudisium. Memang kita dapat mengurus keduanya sekaligus. Namun saran saya, akan lebih baik jika Anda menunggu proses di perpustakaan hingga selesai sehingga apabila ada perbaikan yang harus dilakukan, dokumen yang Anda kirim ke kedua perpustakaan adalah dua dokumen yang sama.

Tidak seperti unggah mandiri di perpustakaan pusat, untuk permohonan bebas pustaka di perpustakaan FIB relatif lebih mudah. Untuk petunjuk lengkap dapat diakses di sini. Kurang lebih prosesnya sebagai berikut.

Langkah-langkah permohonan surat bebas pustaka

Siapkan halaman judul disertasi multibahasa

Sebagaimana disebutkan di laman perpustakaan FIB pada poin keterangan kedua:

Menyertakan judul minimal dalam 2 bahasa (Indonesia, Inggris) dan untuk Prodi Sastra Korea, Sastra Jepang, Sastra Arab menyertakan 3 bahasa (Indonesia, Inggris, sesuai prodi masing-masing)

Apabila kajian Anda terkait dengan bahasa asing selain bahasa Inggris, misalnya tentang bahasa Arab; Anda diminta untuk menambahkan judul disertasi termasuk abstrak dengan menggunakan bahasa Arab. Begitu pula berlaku untuk kajian tentang Korea, Jepang, atau yang lainnya. Di luar itu, Anda hanya cukup membuat judul dan abstrak dalam dua bahasa: Indonesia dan Inggris.

Siapkan Surat Pernyataan Publikasi

Untuk format surat ini dapat Anda lihat pada laman http://digilib.fib.ugm.ac.id/home/news/22. Tampilannya seperti pada gambar di bawah ini. Apabila Anda ingin mengunduh template surat tersebut silakan klik di tautan ini. Anda cukup mengganti isian seperti nama, NIM, judul disertasi, dlsb; serta membubuhkan materai.

Sumber: erickunto.com

Informasi: surat ini dapat Anda sisipkan di bagian akhir disertasi Anda setelah Daftar Pustaka dan Lampiran. Jangan lupa sekalian tandai bookmark untuk surat tersebut.

Siapkan fulltext disertasi yang sudah dibookmark

Pastikan semua bagian dari disertasi termasuk bab, sub-bab, dan sub-sub-bab, dst. telah ditandai dengan bookmark. Untuk tutorial menambahkan bookmark menggunakan PDFelement 7 Pro Anda dapat mengunjungi tautan ini. Berikut adalah contoh dokumen yang telah ditandai dengan bookmark.

Sumber: erickunto.com


Kirim permohonan via email

Permohonan bebas pustaka di perpustakaan FIB dilakukan melalui email ke library.fib@ugm.ac.id. Petunjuk lengkap dapat dibaca di tautan ini. Jika ingin lebih mudah, silakan salin-tempel korespondensi saya ke pengelola perpustakaan di bawah ini. 

Ingat! Dokumen yang Anda kirim hanya dua buah: naskah lengkap disertasi dan hasil pindai surat pernyataan publikasi.


Selamat malam, pengelola perpustakaan ysh.

Bersama surat ini, saya:

Nama                            : Eric Kunto Aribowo
NIM                              : 13/356804/SSA/898
Jurusan                          : Ilmu-Ilmu Humaniora
Dosen Pembimbing      : Prof. Dr. Syamsul Hadi, S.U., M.A. dan Dr. Amir Ma’ruf, M.Hum.
Tanggal ujian/disetujui : 6 Januari 2021
Periode Wisuda            : April 2021

mengajukan bebas pustaka sebagai syarat yudisium. Terlampir pula dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagaimana informasi yang dimuat pada laman http://digilib.fib.ugm.ac.id/home/news/21. Mohon informasi apabila masih terdapat kekurangan. Terima kasih.


Salam,


Eric


Tampilan Surat Bebas Pustaka FIB

Setelah pengelola perpustakan melakukan verifikasi dan dinyatakan selesai, Anda akan mendapatkan dua buah surat keterangan. Tidak perlu kuatir karena proses ini normalnya satu hari selesai. Bahkan, pengalaman saya tempo hari hanya dalam beberapa jam sudah ditanggapi oleh pengelola perpustakaan.

Tanda Terima Penyerahan Karya

Sumber: erickunto.com


Surat Keterangan Bebas Pinjam Pustaka

Sumber: erickunto.com

Selamat! Setelah proses ini jangan lupa untuk mengisi biodata, exit survey, dan mendaftarkan diri sebagai anggota KAGAMA melalui https://simaster.ugm.ac.id.


 

Baca Juga