Template Bagian Depan Disertasi FIB UGM

Artikel ini memuat bagian depan disertasi: kata pengantar, lembar pengesahan, pernyataan bebas plagiat, prakata, daftar isi, daftar tabel, dlsb.

Sumber: erickunto.com

Setiap perguruan tinggi tentu memiliki pedoman penulisan tugas akhir masing-masing. Bahkan, terkadang antara satu fakultas dengan fakultas lain di sebuah perguruan tinggi memiliki perbedaan meskipun tidak signifikan. Pada postingan ini, saya membagikan template bagian depan (biasanya disebut front matter) dari bagian disertasi saya yang selesai ditulis pada Januari 2021. Di samping itu, saya juga menyertakan template Lembar Pernyataan Publikasi untuk perpustakaan FIB serta template ringkasan disertasi (versi bahasa Indonesia dan Inggris) sebagai syarat untuk yudisium.

Peringatan

Pada beberapa peminatan studi dimungkinkan memiliki gaya selingkung, tipografi, dan gaya penulisan yang berbeda. Pada saat penulisan template ini, saya belum menemukan (melalui pencarian daring) pedoman penulisan disertasi yang khusus digunakan di lingkup FIB, namun saya menyarankan Anda untuk mencermati pedoman penulisan skripsi di FIB melalui https://fib.ugm.ac.id/2019/04/pedoman-penulisan-skripsi.html serta panduan penulisan usulan penelitian dan disertasi yang diterbitkan oleh Sekolah Pascasarjana sebagai perbandingan.

Beberapa pembaruan, terutama terkait Pernyataan Bebas Plagiasi di antaranya adalah perubahan format baru serta biaya materai yang semula Rp6.000,00 menjadi Rp9.000,00 karena ada aturan baru. Informasi lebih lanjut dapat dibaca di https://unggah.etd.ugm.ac.id/upload/panduan/bebas_plagiasi.pdf. Lembar Pernyataan Publikasi untuk Perpustakaan FIB juga menyesuaikan. Untuk penempelan kedua materai, Anda dapat melihat pada gambar di bawah ini.

Sumber: erickunto.com


Bilamana terdapat kekeliruan dan/ pertanyaan perihal template ini silakan kontak saya melalui eric.kunto.a@mail.ugm.ac.id. Anda dapat pula langsung mengirimkan pertanyaan melalui "Posting Komentar" di bagian paling akhir atikel ini. Semoga template ini bermanfaat, selamat menulis dan menanti momen ujian terbuka/wisuda. Khalayak luas menantikan kontribusi-kontribusi kita dan jangan pernah berhenti menulis karena karya-karya kita adalah hak umat manusia.

Bagian depan disertasi

Bagian depan disertasi berisi:
  1. Halaman Sampul
  2. Halaman Pengesahan
  3. Lembar Pernyataan
  4. Prakata
  5. Daftar Isi
  6. Daftar Tabel
  7. Daftar Gambar/Foto/Peta
  8. Daftar Lampiran
  9. Daftar Arti Lambang dan Singkatan
  10. Abstract
  11. Intisari

Pada bagian ini ada beberapa bagian yang perlu penyesuaian berdasarkan disertasi yang Anda tulis. Apabila Anda tidak menggunakan Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran, dan/ Daftar Arti Lambang dan Singkatan silakan dilewati atau dihapus. Pada beberapa topik khusus, misalnya kajian tentang bahasa Arab diperlukan intisari yang juga ditulis dalam bahasa Arab yang dapat diletakkan di bagian paling akhir sebelum Bab Pendahuluan. Jangan lupa, Anda juga perlu menambahkan halaman judul dalam bahasa Arab.

Ringkasan Disertasi

Saya sudah mencoba menelusur terkait ringkasan disertasi, namun belum menemukan template secara khusus. Saya hanya menemukan dari Panduan Penulisan Usulan Penelitian dan Disertasi yang diterbitkan oleh Sekolah Pascasarjana UGM pada halaman 20 yang tertulis:

Ringkasan memuat dengan lengkap tetapi singkat, latar belakang, tinjauan pustaka, landasan teori, cara penelitian, dan hasil. Ringkasan lebih luas daripada intisari. Ringkasan dijilid terpisah dari disertasi, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris maksimum masing-masing 20 halaman. Halaman sampul depan dan halaman judul sesuai dengan disertasi.

Untuk itu saya berinisiatif membuat template agar memudahkan Anda dalam penulisan ringkasan disertasi, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Lembar Pernyataan Publikasi

Pada intinya lembar ini menyatakan bahwa penulis menyerahkan keseluruhan naskah disertasi versi elektronik kepada pihak perpustakaan FIB UGM untuk dapat dipublikasikan secara online dan fultext. Seingat saya, akses untuk fulltext saat ini hanya bisa dilakukan via jaringan internal UGM. Beberapa kali saya mencoba akses dari luar jaringan UGM hanya bisa mendapati bagian-bagian tertentu disertasi seperti bagian pendahuluan dan kesimpulan (bukan fulltext keseluruhan isi disertasi). Bahkan, ada yang hanya bisa diakses bagian abstrak saja. Barangkali di masa-masa mendatang keseluruhan disertasi (fulltext) akan bisa diakses oleh publik. Ini menjadi berita baik bagi keterbukaan ilmu pengetahuan di Indonesia. Dengan catatan, perlu diatur dalam regulasi karena masih ada beberapa penerbit dan/ pengelola jurnal di Indonesia yang masih menganggap bahwa skripsi, tesis, dan disertasi sebagai prior publication. Ini menyebabkan dugaan redundant publication apabila kita mengirimkan manuskrip dari bagian disertasi kita.

Daftar Publikasi

Berikut ini adalah daftar (sementara) publikasi dari disertasi saya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat menyusul publikasi-publikasi yang lain.

  1. Sebagian dari hasil telah literatur awal disertasi ini telah dipublikan pada Aribowo, E. K. (2019). Analisis Bibliometrik Berkala Ilmiah Names: Journal of Onomastics dan Peluang Riset Onomastik di Indonesia. Aksara, 31(1), 91–111. https://doi.org/10.29255/aksara.v31i1.373.91-111 
  2. Sebagian dari bab 3, khususnya terkait karakteristik umum nama masyarakat keturunan Arab telah dipublikasikan pada: Aribowo, E. K., Hadi, S., & Ma’ruf, A. (2019). Similar but Not The Same: How to Identify The Name of Arab Descendant and The Arabic Name of Javanese. Arabi: Journal of Arabic Studies, 4(2), 115–126. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i2.154
  3. Sebagian dari pada bab 3 telah dipublikasikan pada Aribowo, E. K. (2020). Personal Name and Lineage: Patronym of Arab Descent in Indonesia. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 6(2), 143. https://doi.org/10.31332/lkw.v0i0.2006

Unduh Template

Untuk mengunduh semua template di atas silakan klik tombol download di bagian kanan bawah tampilan berikut.

Saya menyarankan Anda untuk mencetak semua template yang Anda gunakan agar tidak ada kekeliruan ataupun adanya beberapa identitas termasuk nama, NIM, dan judul disertasi yang bukan milik Anda.

Baca Juga