Jurnal 101: Pelatihan Publikasi Jurnal bagi Mahasiswa

Artikel ini berisi materi pelatihan penelusuran referensi ilmiah dan pencarian jurnal tujuan yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNNES
Sumber: erickunto.com


Salam kenal

Halo semuanya... Salam kenal, saya Eric. Informasi lebih lanjut tentang saya ada di bawah ini ya.

Pada hari Sabtu dan Minggu, 30-31 Januari 2021 saya berkesempatan mewakili RJI Jawa Tengah untuk memberikan pelatihan terkait publikasi ilmiah bagi mahasiswa. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Unnes.

Prasyarat Peserta

Dalam rangka suksesnya kegiatan ini, dimohon para peserta:

  1. mengunduh dan memasang perangkat lunak Publish or Perish yang dapat diunduh di https://harzing.com/resources/publish-or-perish
  2. mengunduh dan memasang Mendeley Desktop yang dapat diunduh di tautan ini (khusus untuk PC/laptop dengan Windows 8 atau 10 dan Microsoft Office 2016 ke atas). Untuk PC/laptop dengan spesifikasi versi di bawah itu silakan unduh melalui s.id/mendeley-downgrade. Coba pasang Mendeley Desktop versi 1.15
  3. membaca dan mencermati materi yang telah diberikan sebelum kegiatan
  4. mencermati latihan-latihan yang telah disiapkan

Apabila Anda menemukan kendala teknis, baik dalam hal instalasi perangkat lunak Publish or Perish maupun Mendeley Desktop silakan tulis kendala dan pertanyaan Anda di akhir artikel ini pada bagian "Posting Komentar".

Hari Pertama

Pada sesi ini akan dibahas mengenai bagaimana melakukan penelusuran referensi yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai bahan rujukan artikel yang akan ditulis. Para peserta dilatih untuk melakukan penelusuran referensi memanfaatkan basis data terbuka dari GARUDA dan DOAJ. Dalam melakukan penelusuran referensi, akan dimanfaatkan pula perangkat lunak Publish or Perish. Perangkat lunak ini dapat melakukan pencarian metadata referensi secara cepat yang berasal dari Google Scholar, CrossRef, Scopus, dan basis data lainnya. Terakhir, peserta akan diajarkan bagaimana menemukan dan mengunduh artikel berlangganan melalui versi preprint (naskah awal sebelum terbit) dan postprint (naskah yang sudah direvisi namun tanpa layout jurnal).

Kegiatan Peserta

  1. Melakukan penelusuran dan mengunduh referensi memanfaatkan basis data terbuka seperti GARUDA dan DOAJ
  2. Melakukan penelusuran referensi memanfaatkan Publish or Perish
  3. Menemukan dan mengunduh preprint atau postprint artikel-artikel ilmiah non Open Access secara legal menggunakan unpaywall

Latihan

  1. Identifikasi topik penelitian yang akan Anda tulis. Temukan 5 kata kunci yang relevan terkait topik tersebut.
  2. Temukan setidaknya 50 daftar referensi termasuk artikel fulltext untuk mendukung tulisanmu!

Materi Hari Pertama

Paparan hari pertama dapat diakses di bawah ini. Menu unduh dokumen versi PDF tersedia di bawah materi ini setelah kegiatan selesai. Anda juga dapat membuka paparan ini dalam layar penuh (full screen) dengan mengklik judul paparan "Jurnal 101: Hari Pertama" yang ada di bawah materi.

Jurnal 101: Hari Pertama oleh Eric Kunto Aribowo
Download

Hari Kedua

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai bagaimana menemukan dan menentukan jurnal tujuan. Setelah jurnal tujuan dipilih, peserta akan dilatih untuk mengirimkan artikel ke jurnal mulai dari penyesuaian manuskrip dengan templat artikel jurnal, pengutipan dan pembuatan daftar pustaka menggunakan Mendeley, mendaftar akun OJS, dan melakukan submisi artikel melalui OJS.

Kegiatan Peserta

  1. Mencari jurnal tujuan melalui SINTA
  2. Menemukan templat artikel jurnal yang dituju
  3. Mengimpor hasil pencarian dari Publish or Perish ke Mendeley
  4. Mengutip dan membuat daftar pustaka memanfaatkan Mendeley
  5. Mengirimkan manuskrip ke jurnal tujuan

Latihan

  1. Dengan memanfaatkan penelusuran melalui SINTA jurnal mana saja yang cocok untuk menerbitkan tulisan Anda! Apa alasan Anda memilih jurnal tersebut?
  2. Temukan templat artikel dari jurnal yang Anda tuju. Tulis atau pindahkan tulisan Anda ke templat yang telah disediakan.
  3. Kutip referensi yang Anda gunakan menggunakan Mendeley dan buatlah Daftar Pustaka dengan menyesuaikan gaya selingkung yang dimanfaatkan oleh jurnal yang Anda tuju!
  4. Submit artikelmu ke jurnal tujuan melalui OJS!

Materi Hari Kedua

Paparan hari kedua dapat diakses di bawah ini. Klik judul paparan "Jurnal 101: Hari Kedua" untuk membuka tampilan dalam layar penuh (full screen). Materi dalam format PDF akan tersedia setelah acara selesai.

Jurnal 101: Hari Kedua oleh Eric Kunto Aribowo
Download

Sertifikat

Sertifikat Mendeley Global


Untuk mengunduh sertifikat elektronik dari Mendeley silakan klik tombol di bawah ini.
Download
Baca Juga