7 Pertanyaan Kunci Memilih Reference Management Software yang Tepat

Artikel ini beriku 7 pertanyaan yang dapat dijadikan pedoman dalam memilih Reference Management Software untuk mengelola pustaka ilmiah


Pernyataan

Informasi ini disarikan dari Technische Universität München Library (2016-08-04). "Reference Management Software Comparison — 6th Update" (PDF).

Reference Management Software

Saat ini, Reference Management Software (RMS) sangat bertaburan jumlahnya, mulai dari merek-merek ternama hingga nama-nama yang mungkin baru kali ini Anda dengar. Beberapa RMS sebagaimana diperbandingkan pada artikel yang saya rujuk di atas, di antaranya: Citavi, Colwiz, EndNote, JabRef, Mendeley, Paperpile, RefWorks, dan Zotero. Nah, sebelum Anda mengunduh atau bahkan membeli RMS yang Anda butuhkan, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Jawablah sebanyak mungkin pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Setelah itu, bacalah artikel yang saya rujuk di sini, untuk mendapati hasil perbandingan RMS yang telah saya sebutkan sebelumnya.

7 Pertanyaan kunci memilih RMS

Kemudahan penggunaan

Apakah Anda menyukai antarmuka-nya? Apakah RMS tersebut cukup intuitif "mudah digunakan" menurut Anda? Apakah Anda dengan mudah menemukan fungsi-fungsi yang Anda cari?

Sistem operasi yang digunakan

RMS apa yang mendukung Sistem Operasi yang Anda gunakan (Windows, Macintosh, Linux)? RMS apa yang menawarkan versi online? RMS apa yang menawarkan aplikasi untuk perangkat mobile (smartphone dan tablet)?

Dukungan bantuan

Apakah tersedia kursus pelatihan bagi pengguna pemula? Apakah tersedia materi untuk pembelajaran mandiri (misalnya video atau buku panduan)? Apakah tersedia dukungan apabila Anda mengalami kendala (perpustakaan, blog, forum diskusi, dlsb.)?

Kompatibilitas

Program eksternal apa yang didukung oleh RMS tersebut, misalnya program pengolah kata Microsoft Word, LibreOffice, dlsb.?

Biaya

Apakah Anda perlu membayar untuk mengakses RMS tersebut? Apakah kampus atau instansi Anda memiliki lisensinya? Apakah dimungkinkan tambahan biaya? Misal setelah Anda lulus atau pindah dari kampus; atau ketika ingin menambah kapasitas ruang penyimpanan

Fitur apa saja yang ditawarkan RMS tersebut

Penelusuran katalog dan basis data melalui RMS? Indeksasi dan pengelolaan konten? Penelusuran untuk full-text artikel? Mengedit PDF? Menyusun daftar pustaka? Mengelola sitiran/ide? Akses secara online? Berbagi dan mengedit referensi secara bersamaan? Merencanakan tugas? Mendukung Latex?

Di mana biasanya Anda bekerja

Apakah Anda selalu menggunakan komputer yang sama atau sering berganti komputer? Apakah Anda memilki izin untuk memasang software pada komputer yang Anda gunakan? RMS apa yang rekan kerja atau kolaborator Anda gunakan?

Penutup

Bagaimana? Sudah menentukan pilihan? Di Indonesia, ada dua RMS yang paling populer digunakan di kalangan penulis: Mendeley dan Zotero. Kedua RMS ini sama-sama gratis.

Baca Juga