Impor Daftar Pustaka Manual ke Mendeley via Anystyle.io

Sumber: erickunto.com


Keluhan penulis dan pengelola jurnal

Beberapa hari lalu saya dikirim sebuah email dari Grace Riska yang menanyakan terkait dengan "bagaimana mengimpor referensi dari dokumen lain (yang sudah ada sitasi sebelumnya) di dokumen baru yang kita punya di LibreOffice".

Pertanyaan semacam ini biasanya diajukan oleh para pengelola jurnal yang menemui sebuah artikel yang mengutip dengan cara manual. Tentu akan sangat menyulitkan ketika kita ingin mengedit naskah tersebut dengan menggunakan aplikasi atau software manajemen referensi contohnya Mendeley. Untuk mengolah naskah tersebut menggunakan Mendeley, tentu kita harus memiliki basis data dari rujukan-rujukan yang dikutip di library kita. Karena yang kita miliki hanya daftar pustaka maka pertama-tama kita harus mengekspornya ke dalam format yang bisa dibaca oleh Mendeley, BibTeX.

Tutorial

Tutorial kali ini akan membahas bagaimana kita bisa mengekspor daftar pustaka yang ditulis secara manual ke dalam format BibTeX memanfaatkan anystyle.io. Aplikasi ini bekerja pada prinsipnya mendeteksi daftar pustaka yang ditempel ke dalam kolom khusus dan membaginya ke dalam metadata seperti nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume, isu, halaman, DOI, dan lain sebagainya. Setelah kita mendapatkan kumpulan daftar pustaka (yang akan kita gunakan) dalam bentuk metadata berformat BibTeX, maka kita tinggal mengimpornya ke dalam Mendeley. 

Berikut adalah langkah langkah mengimpor daftar pustaka manual ke Mendeley via anystyle.io

  1. Salin semua rujukan yang digunakan di Daftar Pustaka. Jangan kuatir, aplikasi ini akan mendeteksi gaya apapun yang digunakan pada daftar pustaka tersebut.
  2. Menuju ke anystyle.io
  3. Tempel rujukan ke kolom yang tersedia
  4. Cek metadata hasil parsing
  5. Ekspor ke format BibTeX dan beri nama file
  6. Impor file tersebut ke Mendeley dengan jalan File > Add File atau File > Import > BibTeX
  7. Masukkan kutipan via Mendeley satu per satu

Catatan: Sayangnya proses input kutipan ke dalam naskah harus dilakukan satu persatu.

Video Tutorial


Penutup

Saya belum menemukan cara yang lebih efektif daripada cara ini. Jika Anda menemukan metode yang lebih efektif, mohon berikan komentar di bawah.

Baca Juga