Membuat Game Wordsearch Memanfaatkan Wordwall

Wordsearch atau cari kata adalah salah satu game yang sering dimanfaatkan untuk pembelajaran kosakata. Anda dapat membuatnya dengan aplikasi Wordwall
Sumber: erickunto.com


Wordwall
memiliki beragam template permainan yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dengan mudah. Pengguna cukup memilih 18 template gratis yang disediakan mulai dari wordsearch, anagram, matching pairs, dlsb. Berikut ini adalah salah satu contoh permainan wordsearch yang dibuat menggunakan Wordwall.

Apa itu wordsearch

Wordsearch merupakan permainan mencari kata-kata tertentu yang ada di dalam kotak. Kata-kata ini akan tertulis mendatar, menurun, atau diagonal sesuai dengan pengaturan pemiliknya. Karena kata-kata tersebut akan teracak dengan kata-kata yang lain, kejelian dan ketelitian serta fokus sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan permainan ini. Jika Anda tertarik memainkannya, silakan klik Play.

Coba permainan

Coba temukan nama-nama aplikasi untuk pembelajaran berbasis game yang terdapat pada kotak berikut.

Tutorial

Berikut adalah langkah-langkah membuat permainan wordsearch memanfaatkan Wordwall.

  1. Buka https://wordwall.net/ lalu login. Jika Anda belum memiliki akun, silakan lakukan Sign Up.
  2. Klik Create Activity lalu pilih Wordsearch.
  3. Ketikkan judul permainan Anda.
  4. Masukkan kata-kata yang ingin Anda gunakan dalam permainan ini. Secara otomatis, sistem akan mengacak kata-kata tersebut ke dalam kotak.
  5. Sesuaikan pengaturan yang diinginkan.
  6. Klik Done.

Penting: Untuk akun gratis, pengguna hanya dapat memiliki kesempatan 5x membuat permainan yang ada di Wordwall.

Penutup

Silakan coba buat game menggunakan aplikasi ini. Lalu uji-cobakan kepada peserta didik Anda. Saya menunggu cerita pengalaman seru Anda bersama para siswa saat mencobanya.



Baca Juga