Bagaimana Aplikasi Edukasi Mendukung Kecakapan Abad 21

Sumber: erickunto.com


Deskripsi

Paparan berikut ini merupakan materi yang akan saya sampaikan pada kegiatan Webinar “Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Inspiratif pada Era Tatanan Kenormalan Baru” yang diselenggarakan oleh Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan pada Sabtu, 14 November 2020.

Flyer kegiatan

4 Aplikasi untuk 4 kompetensi bahasa

Paparan ini berisi empat aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru bahasa dalam rangka meningkatkan empat kompetensi bahasa sekaligus kecakapan abad 21 (kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan berpikir kritis). 

Kahoot!

Kahoot! dapat digunakan untuk melatih keterampilan menyimak siswa dengan memanfaatkan konten audio yang berasan dari video YouTube. Dengan demikian, latihan soal menyimak dapat dibuat dengan mudah oleh guru, bahkan melalui gawai masing-masing. 

Flipgrid

Adapun keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan memanfaatkan aplikasi Flipgrid, merupakan aplikasi sejenis Tik Tok untuk edukasi yang dapat menampung video rekaman siswa (jawaban lisan, tanggapan, argumen, hasil diskusi, dlsb). 

Hypothesis

Selanjutnya, aplikasi Hypothes.is membantu siswa dalam rangka membaca secara kritis konten-konten digital, khususnya yang berasal dari media online. Aplikasi ini juga sekaligus membantu siswa dalam membangun literasi berita dan media.

Canva

Terakhir, aplikasi Canva dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi para siswa dalam menulis dan memproduksi buletin, poster, pengumuman, selebaran, infografik, brosur, laporan, majalah, buku elektronik, dlsb.

Tutorial

Materi

Download

Video rekaman




Baca Juga