Merekam Layar atau Screen Recording untuk Materi Pembelajaran dengan Loom

Sebagai adaptasi pembelajaran di masa pandemi, pendidik bisa merekam materi pembelajarannya sehingga penjelasan lebih jelas.
Sumber: erickunto.com


Pengantar

Untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, sebenarnya kita tidak harus menggunakan aplikasi teleconference seperti Zoom, Meet, WebEx, atau yang lain. Kita dapat merekam materi yang akan disampaikan menggunakan aplikasi screen recording seperti Loom. Ini berarti kita bisa memutar salindia (slide) atau apapun yang ada di layar sambil berbicara memberikan penjelasan. Semua yang ada di layar akan terekam termasuk video webcam dan audio (jika Anda mengaktifkannya). Jika Anda ingin mencoba cara ini, simak tutorial berikut ini.

Tutorial memasang Loom

Sebelum menggunakan Loom, Anda dapat memasang versi desktop maupun add-on yang ada di Google Chrome. Bahkan, jika anda pengguna iOS, Anda dapat menggunakan Loom melalui iPhone atau iPad. Klik di sini untuk mengunduh aplikasinya. Untuk tutorial ini, saya akan merekam dengan menggunakan cara kedua, yakni merekam memanfaatkan add-on yang ada di Google Chrome. 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pergi ke Google dan masukkan kata kunci “Loom for Chrome”
  2. Klik tautan hasil pencarian
  3. Pasang add-on (add-on akan muncul di kanan atas Chrome Anda)

Untuk lebih jelas dapat diamati GIF berikut.

Sumber: erickunto.com

Jangan lupa, sebelum menggunakan Loom terlebih dahulu Anda harus mendaftarkan diri. Saya sarankan Anda menggunakan email edukasi agar Anda mendapatkan Loom Pro secara cuma-cuma atau gratis. Klik di sini untuk mendaftar. Untuk perbandingan antara versi gratis dan Pro dapat dicermati pada tautan ini.

Hasil video yang direkam menggunakan Loom akan tampak seperti di bawah ini. Anda dapat merekam wajah Anda jika Anda menghendaki. Jika Anda masih bingung mencari aplikasi-aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh, kunjungi pula artikel saya "Aplikasi Gratis Pembelajaran Jarak Jauh" berikut videon rekamannya. Selamat merekam dan tetap jaga kesehatan.

Baca Juga