9 Alasan Mengapa Saya Memilih Mendeley

Reference Menegement Software merupakan perangkat wajib yang dimiliki oleh penulis. Berikut 9 alasan mengapa saya memilih Mendeley.

Sumber: erickunto.com

Perkenalan Mendeley

Perkenalan awal saya dengan Mendeley sebenarnya sudah beberapa tahun yang lalu, tepatnya saat mengikuti pelatihan Mendeley di perpustakaan pusat UGM di masa akhir studi master saya (FYI, saya lulus master tahun 2011). Namun, karena saat itu pemakaian Mendeley bukan merupakan suatu hal yang wajib dalam agenda penyitiran karya ilmiah, saya lupakan sejenak dan mulai melakukan eksplorasi dengan program-program sejenis lainnya.

Reference Management Software

Pada masa itu, memang yang RMS (Reference Management Software) yang populer di kalangan pustakawan ada dua program manajer sitasi: Mendeley dan Zotero. Kedua-duanya sudah saya coba dan mulai saya bandingkan kelebihan dan kekurangan di antara keduanya. Bahkan, saya juga menjajal program-program lain seperti EndNote dan Papers meskipun hanya versi uji cobanya (trial). Tentu, masing-masing program memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu program atau aplikasi menarik yang pernah saya coba adalah RefME yang merupakan akronim dari “referencing made easy”. Cek videonya di bawah ini.


RefMe

RefMe merupakan sebuah aplikasi smartphone yang dapat mengambil metadata penulis, judul buku, dan tahun terbit hanya dengan melakukan pemindaian barcode yang ada di sampul belakang buku memanfaatkan kamera smatphone. Keren! Sayang, aplikasi ini dihentikan pada tahun 2017 dan dilanjutkan dengan proyek Cite This for Me.

EndNote

EndNote memiliki keunggulan saat memanem atau mengambil metadata referensi berupa laman website, youtube, dan tipe-tipe sejenis. EndNote juga memiliki tipe referensi yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan RMS (reference manager software) lainnya. EndNote memfasilitasi tipe-tipe referensi seperti: interview, pamphlet, music, Youtube, dlsb. Sehingga lebih sempurna ketika mengambil metadata dari referensi yang diunduh. Di samping itu, EndNote juga terhubung dengan layanan database besar seperti: PubMed, arXiv, WoS sehingga lebih mudah dalam penelusuran full-text sebuah artikel. Sebuah harga yang pantas memang apabila Anda diharuskan membayar sekitar $249,95 untuk memiliki program ini.

Zotero

Zotero serupa dengan Mendeley dalam hal biaya, sama-sama fremium. Anda dapat memanfaatkannya tanpa menguras satu dolar pun (tentu dengan fasilitas Basic ‘dasar’ dan Anda akan dikenakan biaya tambahan apabila ingin melakukan update ruang penyimpanan dan fasilitas lainnya. Dengan akun Zotero versi gratis, Anda akan mendapatkan 300 MB ruang penyimpanan untuk koleksi perpustakaan Anda. Namun, untuk Mendeley Anda akan diberikan ruang penyimpanan 2 GB (lebih kurang 4.000-an artikel fulltext apabila rerata satu artikel sebesar 500 Kb). Apabila rerata satu artikel membutuhkan 50 referensi, artinya ruang penyimpanan Mendeley cukup untuk 80 paper! Lebih dari cukup menurut saya!

Mengapa saya memilih Mendeley

Lalu, mengapa saya menaruh kepercayaan kepada Mendeley dalam mengelola referensi saya? Setidaknya ada sembilan fitur Mendeley yang sesuai dengan kebutuhan yang saya inginkan (untuk saat ini). Simak fitur-fitur Mendeley berikut ini!

No doubt, Mendeley is free

Apabila dibandingkan dengan RMS lainnya yang gratis, Mendeley memiliki banyak kelebihan. Sejak diakuisisi Elsevier pada 2008, Mendeley terhitung melakukan pemutakhiran software secara berkala yang cukup intensif menurut saya (padahal gratis). Selain gratis, menggunakan akun Mendeley yang Anda miliki, Anda dapat melakukan login di Scopus preview untuk mengakses: content coverage Scopus, source list, discontinued source list, dan blablaba. Dengan modal ini, Anda dapat menelusuri jurnal-jurnal mana yang masih bertengger di database Scopus, tanpa harus bertanya ke sana kemari kepada rekan-rekan sejawat Anda.

Support annotation and highlight

Mendeley memiliki PDF viewer sendiri sehingga ketika kita membuka Mendeley Desktop, mengimpor file-file PDF yang kita miliki, kita langsung dapat membuka file-file tersebut tanpa harus membuka di program PDF reader sebagaimana yang kita lakukan biasanya. Yang lebih menarik lagi, kita dapat membubuhkan catatan penting (anotasi) dan memberikan sorotan (highlight) pada teks untuk ide-ide yang kita temukan saat membaca sebuah artikel. Asal kita melakukan sinkronisasi secara berkala, kita akan dapat senantiasa mengakses catatan-catatan terbaru kita di berbagai perangkat.

Multiplatform and mobile device support (iOS and Android)

Mendeley merupakan software yang paling terbuka menurut saya. Pasalnya, Mendeley Desktop saat ini sudah mendukung lintas sistem operasi mencakup Windows, Mac, Linux, dan Debian. Bahkan, kita dapat mengunduh aplikasi Mendeley untuk smartphone, iPad, atau tablet yang dapat kita gunakan untuk referencing on the go! Tidak percaya? Silakan masukkan kata kunci Mendeley di Appstore atau Playstore melalui perangkat Anda.

Author profile

Salah satu fitur unik di Mendeley adalah tersedianya profil bagi pemilik akun. Melalui profil ini kita dapat berinteraksi layaknya media sosial (namun hanya terkait riset, berbed dengan media-media sosial lainnya). Profil Mendeley dapat dijadikan sebagai etalase publikasi yang telah kita lakukan, kolaborator yang pernah bekerja sama, topik riset, hingga rekam jejak sebagai editor atau reviewer. Bahkan, kita dapat mem-follow atau mengirimkan pesan kepada orang-orang yang memiliki pengaruh besar di topik riset kita!

Group for collaboration

Selain profil, Mendeey menyediakan grup agar para peneliti dapat melakukan kolaborasi. Grup ini dibagi ke dalam dua versi: public dan private. Pada grup publik kita dapat bergabung dan mengikuti tren riset pada topik-topik riset kita, berbagi referensi, dan bertukar gagasan satu sama lain. Untuk grup private kita hanya tergabung pada orang-orang yang kita undang untuk berkolaborasi. Uniknya, untuk grup riset kita dapat berbagi full-text PDF yang tentu saja termasuk dapat melakukan anotasi dan highlight secara bersamaan.

Data repository

Salah satu fitur terbaru Mendeley adalah Mendeley Data. Fitur ini merupakan fitur penyimpan suplemen riset kita, terutama data, transkrip percakapan atau wawancara, kuesioner, gambar, dlsb. Apabila Anda pernah melakukan submit paper ke ScienceDirect, Anda pasti familiar dengan fitur ini. Ini adalah salah satu dukungan Mendeley terhadap sains terbuka. Penasaran? Coba telusuri data atau kuesioner yang terkait dengan riset Anda melalui www.mendeley.data.com

Mendeley Stats

Menurut DIKTI, Mendeley diklaim sebagai pengindeks kategori rendah. Apakah Anda setuju apabila Mendeley dikategorikan sebagai pengindeks? Apa bukti bahwa Mendeley melakukan indeksasi? Mendeley Stats adalah jawabannya. Apabila Anda telah memiliki akun Mendeley dan menambahkan artikel yang Anda tulis ke folder My Publications maka secara otomatis Mendeley akan melakukan penelusuran atas artikel tersebut: berapa orang yang telah membaca dan berapa orang yang telah melakukan sitasi. Indeks Anda akan lebih lengkap apabila Anda telah memiliki Scopus ID dan menghubungkannya ke Mendeley Anda. Dari sini Anda akan dapat mengetahui timeline sitasi Anda.

Community support

Alasan lain kenapa saya tertarik menggunakan Mendeley adalah dukungan yang diberikan Mendeley kepada komunitas penggunanya. Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan vidieo tutorial resmi tentang Mendeley di YouTube!, mendapatkan update informasi terkini melalui blog.mendeley.com; serta training dari Mendeley Advisor. Mendeley Advisor merupakan perwakilan Mendeley yang dapat memberikan dukungan pelatihan maupun kendala-kendala teknis terkait penggunaan Mendeley. Setelah 3 tahun terakhir saya mendalami Mendeley, akhir tahun lalu saya mendaftarkan diri sebagai Mendeley Advisor dan pada pertengahan Maret 2018 lalu baru berhasil berstatus sebagai Mendeley Advisor (ditandai dengan adanya bagde berwarna merah pada foto profil).

Mendeley Career and Funding

Fitur Mendeley menarik lainnya adalah Mendeley Career dan Mendeley Funding. Anda dapat menulis CV dan mengunggahkan di laman Mendeley Career untuk mendapatkan tawaran yang sesuai yang ditemukan Mendeley Career. Tersedia lebih dari 6.000 instansi global yang siap menanti Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencari organisasi yang akan memberikan pendanaan riset melalui Mendeley Funding. Silakan coba Mendeley Career di www.mendeley.career.com dan Mendeley Funding di www.mendeley.funding.com.

Satu lagi fitur Mendeley yang saya rekomendasikan, Mendeley Sugestion. Fitur ini merupakan fitur newfeed berupa referensi-referensi yang relevan dengan referensi yang ada di koleksi perpustakaan Mendeley kita. Artinya, tanpa kita melakukan pencarian referensi, Mendeley akan melakukannya untuk kita!

Preview

Untuk melihar fitur-fitur tersebut Anda dapat mencermati pada paparan di bawah ini yang berisikan tangkapan layar (screenshoot) masing-masing fitur.

Penutup

Anda menemukan fitur menarik Mendeley lainnya? Silakan bubuhkan komentar di kotak di bawah ini!

Baca Juga