Tutorial Migrasi dari Mendeley ke Zotero

Ingin memindahkan semua koleksi yang ada di Mendeley ke Zotero, termasuk koleksi file PDF? Ikuti tutorial dari eks Mendeley Advisor berikut ini.
Sumber: erickunto.com


Beberapa waktu lalu, Mendeley sempat mengunci data para penggunanya agar tidak dapat diekspor atau dipindah ke Reference Management Software yang lain, termasuk EndNote, Zotero, dlsb. Hal ini tentu saja membuat pengguna sangat tergantung dengan kebijakan Mendeley. Bayangkan, jika suatu saat karena suatu hal Elsevier menghentikan atau memutus kembali data pengguna Mendeley. Karena buktinya, beberapa waktu lalu Mendeley versi aplikasi smartphone telah didiscontinued secara sepihak.

Tutorial migrasi

Sebelum Anda melakukan migrasi, saya sangat menyarankan Anda untuk melakukan sinkronisasi terlebih dahulu. Ini dilakukan agar proses migrasi berjalan lancar serta semua referensi yang Anda simpan di library Mendeley dapat diekspor ke library Zotero dengan sempurna. Ini berarti semua file PDF, anotasi, folder dan subfolder, serta semua koleksi metadata referensi yang ada di Mendeley akan sama dengan yang akan termigrasi di Zotero. 

Perhatian! Pastikan bahwa Anda memasang Zotero versi Beta. Silakan cek di sini untuk mengunduhnya. Zotero versi 5 (stable version) tidak memiliki fitur ini. Pastikan juga saat Anda melakukan migrasi, Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

Buka Zotero dan pilih import

Silakan buka Zotero yang ada di masing-masing pc/laptop Anda. Lalu temukan File > Impor. Tampilan antar muka pada layar Mac akan tampak seperti pada gambar di bawah.

Lalu pilih pada opsi kedua, Mendeley Reference Manager (online import) dan lanjutkan dengan menekan Continue. Setelah itu, akan muncul notifikasi semacam ini.


Login ke akun Mendeley

Secara otomatis Anda akan diarahkan untuk memasukkan username dan password Mendeley pada peramban yang terbuka. Pastikan Anda menggunakan akun yang sama, yang Anda gunakan pada Mendeley Desktop saat ini. Jika Anda ragu, silakan buka kembali Mendeley Desktop dan cek pada File dan cermati bagian bawah yang tertulis akun login Anda.

Pilih opsi pengelolaan koleksi

Tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapati notifikasi seperti pada gambar di bawah ini. Jika Anda menginginkan agar lokasi referensi berada pada folder-folder seperti pada library di Mendeley, pastikan Anda mencentang opsi Place imported collections and items into new collection. Klik Continue untuk melanjutkan.

Cepat-lambatnya proses migrasi tergantung dengan besar-kecilnya koleksi yang Anda miliki di library Mendeley. Untuk akun gratis, pengguna memiliki spasi penyimpanan sebesar 2 GB yang dapat disinkronisasi ke penyimpanan awan. Jika Anda seorang Mendeley Advisor seperti saya, Anda memiliki kuota penyimpanan hingga 10 GB.

Cek koleksi pustaka Anda

Jika semua koleksi sudah berpindah ke library Zotero, silakan cek jumlah koleksi total yang ada di Mendeley apakah jumlahnya sudah sama dengan koleksi yang ada di Zotero. Cara pengecekannya cukup mudah, cukup klik salah satu folder yang ingin Anda cek secara otomatis akan ditampilkan jumlah item yang tersimpan.

Opsi migrasi lainnya

Pada saat melakukan migrasi, tidak mendapati suatu kendala apapun. Jika Anda mengalami kegagalan migrasi, silakan tuliskan notifikasi kegagalan yang muncul pada layar melalui kolom komentar di bawah. 

Selain menggunakan cara yang saya tunjukkan di atas, kita sebenarnya juga dapat melakukan migrasi secara offline memanfaatkan file RIS dan/ BibTex. Kekurangannya, koleksi yang terekspor atau terpindah hanya berupa metadata. Semua file PDF atau format lain yang Anda simpan di Mendeley tidak akan ikut termigrasi ke Zotero. Anda dapat melakukan cara ini jika ingin beralih dari RMS satu ke RMS lainnya karena pada umumnya RIS adalah file yang dapat dibaca oleh semua RMS.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba? Atau masih ingin menggunakan Mendeley? Agar lebih menarik, silakan bagikan alasan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga