Sumber Ebook Legal dan Gratis

Ebook yang tersedia sebagian besar dilingungi dengan hak cipta. Bagaimana cara mengakses ebook tanpa melanggar hak cipta dan melanggar hukum?
Sumber: erickunto.com


Penelusuran referensi

Perkembangan teknologi memang memudahkan akses ke berbagai pengetahuan, salah satunya buku elektronik atau yang kita kenal dengan istilah ebook. Anda pasti sering mendapatkan ebook berseliweran di berbagai kanal seperti WhatsApp atau Telegram. Beberapa forum bahkan berbagi hasil scan buku dalam negeri secara bebas. Padahal, aktivitas tersebut bisa tersangkut pelanggaran hak cipta. Di Indonesia, hak cipta khususnya buku dilindingi di bawah Undang-Undang RI tentang Hak Cipta. Berikut saya cuplik  beberapa ayat yang saya anggap penting.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, tepatnya pada Pasal 9 ayat (3) dinyatakan: “Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan penggandaan dan/atau penggunaan secara komersial ciptaan”.

Pasal 55 (1) "Setiap Orang yang mengetahui pelanggaran Hak Cipta dan/atau Hak Terkait melalui sistem elektronik untuk Penggunaan Secara Komersial dapat melaporkan kepada Menteri."

Pasal 99 (1) "Pencipta, Pemegang Hak Cipta, atau pemilik Hak Terkait berhak mengajukan gugatan ganti rugi kepada Pengadilan Niaga atas pelanggaran Hak Cipta atau produk Hak Terkait."

Pasal 112 "Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (3) dan/atau Pasal 52 untuk Penggunaan Secara Komersial, dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah)."

Beberapa sumber ebook legal dan gratis

Sebenarnya ada berbagai cara untuk mendapatkan akses ke ebook secara legal dan gratis. Ingat, akses bukan berarti kita harus bisa mengunduh file atau konten dari apa yang ingin kita baca. Namun, akses juga berarti kemudahan atau izin yang diberikan oleh pemegang hak cipta untuk membuka karyanya kepada pihak lain.

Sumber: erickunto.com

Tidak semua sumber yang saya sampaikan berikut dapat diunduh versi PDF. Selalu cermati masing-masing kebijakan platform dan apa-apa saja yang diperbolehkan; dan apa yang dilarang.

iPusnas

Di Indonesia, lembaga yang mengurusi kepustakaan adalah Perpustakaan Nasional. Untuk mempermudah layanan, Perpusnas meluncurkan aplikasi iPusnas. Dengan aplikasi ini, pemustaka dapat meminjam buku elektronik yang sudah dilanggan (atau dibeli) oleh para mitra. Dari pengalaman saya membaca buku fisik dengan buku elektronik dari iPusnas tidak ada bedanya. 

Saya pernah membandingkan keduanya dan mendapati konten yang sama persis, mulai dari halaman sampul, isi, hingga sampul belakang. Tentu saja karena sistemnya adalah peminjaman, kita harus mengantri apabila buku yang akan kita pinjam masih dibaca atau dipinjam oleh pemustaka lain.

Sebagian besar koleksi adalah buku-buku nasional berbahasa Indonesia. Koleksinya juga cukup beragam, baik untuk konsumsi anak sekolah, remaja, ibu rumah tangga, bahkan akademisi. Coba telusur buku yang ingin Anda beli melalui aplikasi ini. Anda dapat melihat dan membaca keseluruhan konten. Jika Anda tertarik, Anda juga tetap bisa membeli buku cetak sebagai koleksi.

Sudah tidak sabar ingin mencobanya? Silakan unduh aplikasi iPusnas sekarang juga melalui tautan di bawah ini.

Jika ingin tahu bagaimana aplikasi ini bisa kita manfaatkan untuk meminjam dan membaca buku, silakan putar video tutorial di bawah ini. Tutorial yang lebih lengkap, termasuk cara mendaftarkan akun silakan cermati pada panduan yang ada di sini.

DOAB

Saya yakin sebagian besar dari Anda mengenal DOAJ, sebuah direktori artikel jurnal open access seluruh dunia. Namun, pernahkah Anda mendengar DOABooks atau DOAB? Yup, ini adalah direktori buku elektronik terbuka yang dapat diakses secara legal dan gratis.

Jika Anda terbiasa untuk mengakses buku dari website atau laman yang tidak Anda ketahui apakah melanggar hak cipta atau tidak, saya menyarankan untuk berhenti mengaksesnya. Silakan coba temukan ebook yang Anda cari melalui portal ini. Barang kali Anda akan menemukannya. Klik doabooks.org dan masukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Sebagai gambaran, silakan tonton video berikut ini.

OAPEN

Serupa dengan DOAB, OAPEN juga menyediakan buku-buku teks yang dapat diakses gratis dan legal tanpa pengguna harus melakukan pendaftaran. OAPEN bekerja dengan memanfaatkan masing pencari dan pengindeks Google Scholar

CORE

CORE merupakan agregator artikel-artikel ilmiah sedunia. Pada laman resminya CORE mengklaim memiliki koleksi 207 juta koleksi sejak 10 tahun berdiri. Anda terkadang juga akan menemukan artikel-artikel dari jurnal nasional terekam di sini.

SpringerLink

Beberapa penerbit besar sebenarnya sudah memulai melakukan penerbitan dengan sistem open access. Artinya, pembaca diberikan akses oleh penerbit untuk mendapatkan konten yang diterbitkan oleh penerbit. Beberapa konten ada yang tersedia dalam versi utuh (dari sampul depan hingga sampul belakang); ada yang dibagi ke dalam beberapa subbagian untuk mengunduhnya.

Tertarik menilik koleksi ebook gratis dari Singer Nature ini? Coba kunjungi tautan ini dan masukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

GoogleBooks

Tidak seperti sumber-sumber referensi ebook yang saya sebutkan sebelumnya, GoogleBooks tidak menyediakan fasilitas unduh kepada pengguna. Namun demikian, platform ini menyediakan preview dari sebagian besar buku di dunia. Ini berarti kita akan diberi akses kepada daftar ini atau beberapa pengalaman saya, bab bagian depan buku terkadang juga dibuka.

Bisa jadi, pada konten yang dibuka aksesnya tersebut kita mendapatkan hal baru. Tentu saya, Anda tetap bisa mengutip preview buku yang Anda baca layaknya mengutip buku cetak. Silakan cek sidebar sebelah kiri karena metadata referensi tersebut akan muncul dan dapat dengan mudah Anda impor ke dalam Reference Management Software yang Anda gunakan.

Pesan penting

Meskipun Anda memiliki akses ke beberapa buku, terutama buku yang dipinjam di iPusnas saya menyarankan Anda untuk tidak melakukan tangkapan layar atau aktivitas apapun yang digunakan untuk menduplikat atau menggandakan konten yang ada di buku tersebut.

Jika Anda juga membutuhkan referensi yang berupa artikel ilmiah, simak ulasan saya mengenai Sumber Artikel Ilmiah yang Legal dan Gratis di artikel ini. Artikel tersebut juga menyediakan tutorial beserta link akses ke beberap platform yang saya rekomendasikan. Selamat mencoba!

Baca Juga