Mengaktifkan Integrasi Aplikasi Kahoot! di Zoom

Dengan aplikasi Kahoot yang ada di Zoom ini, Anda dapat menyelenggarakan dan bergabung di sesi kahoot langsung di dalam Zoom.

Sumber: erickunto.com

 

Integrasi Kahoot! di Zoom

Kahoot! telah bekerja sama dengan Zoom Video Communications, Inc. untuk membuat rapat video menjadi luar biasa! Dengan aplikasi Kahoot yang ada di Zoom ini, Anda dapat menyelenggarakan dan bergabung di sesi kahoot langsung di dalam Zoom. Anda tidak perlu lagi menggunakan layar atau perangkat kedua. Aplikasi ini bekerja sangat intuitif dan akan menghemat waktu Anda agar lebih dapat memaksimalkan rapat video, presentasi, sesi pelatihan, dan acara yang Anda selenggarakan!

Jadikan rapat online-mu lebih bermakna

Pandemi ini telah mengubah bagaimana kita berinteraksi satu sama lain. Sesi kegiatan yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka kini beralih melalui tatap layar menggunakan aplikasi telekonferensi. Bukanlah suatu rahasia lagi, bahwa kita semua telah mengikuti rapat video yang panjang dan tidak difasilitasi dengan baik yang membuat kita merasa bosan dan frustrasi.

Jadi, bagaimana caranya agar rapat video lebih menarik, interaktif, dan produktif? Gunakan aplikasi Kahoot! yang ada di Zoom. Aplikasi ini merupakan integrasi baru dan merupakan salah satu aplikasi pertama yang ada di marketplace Zoom. Informasi yang sebenarnya telah dirilis sejak akhir tahun lalu, akhirnya sekarang dapat digunakan oleh semua pengguna Kahoot. Pemilik akun Kahoot dan Zoom gratis juga dapat memanfaatkan aplikasi ini. Keren kan?!

Sumber: kahoot.com

Mulai hari ini, siapa pun dapat menambahkan aplikasi Kahoot! ke akun Zoom dalam rangka meningkatkan keterlibatan dan mengirimkan konten dalam berbagai cara mengagumkan di setiap rapat video! Unduh aplikasi Kahoot! untuk Zoom hari ini juga melalui tautan ini. Coba selenggarakan atau bergabung dengan sesi kahoot live melalui Zoom! Dengan aplikasi Kahoot!, sekarang para pengguna lebih mudah dari sebelumnya untuk:

  • menyelenggarakan sesi kahoot dalam rapat Zoom untuk menghadirkan nuansa kompetisi yang membuat semua orang menyampaikan pendapatnya.
  • membuat setiap peserta merasa menjadi bagian dari percakapan dengan memberi mereka suara dengan menggunakan Polling, pertanyaan terbuka, dan wordcloud
  • buat semua orang di rapat video tetap bersemangat dengan fitur yang dapat meningkatkan keterlibatan, seperti Puzzle dan pertanyaan pilihan ganda.
  • gunakan berbagai pertanyaan Kahoot! untuk membangun kepercayaan, meningkatkan semangat tim, dan menciptakan lingkungan virtual yang tidak dapat dilupakan.

Tip: Cek 7 tipe pertanyaan yang ada di Kahoot! melalui tautan ini.

Cara menyelenggarakan sesi kahoot di Zoom

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Anda menggunakan aplikasi Zoom yang ada di laptop atau PC. Pastikan juga bahwa Zoom yang terpasang adalah versi terbaru. Buka aplikasi Zoom lalu buka Profile yang ada di kanan atas dan pilih Check for Updates.

  1. Masuk ke akun Zoom Anda dan klik Apps di bilah yang ada di bawah.
  2. Cari Kahoot! di Zoom App Marketplace dan klik Add. Aplikasi ini sekarang tersedia di aplikasi pilihan Anda. Jika belum muncul, silakan restart Zoom dan/ pc atau laptop Anda. 

  3. Buka aplikasi Kahoot! dan klik Host untuk memainkan Kahoot! selama rapat virtual Anda. Kemudian Anda akan diminta untuk masuk ke akun Kahoot Anda! 
  4. Temukan kahoot yang telah Anda buat sebelumnya untuk dimainkan. Anda juga dapat memainkan kahoot dari koleksi publik yang dibuat oleh pengguna lain.
  5. Kapanpun Anda siap, klik Start dan layar Anda akan dibagikan secara otomatis kepada peserta.
Aplikasi Kahoot yang ada di Zoom

Cara berpartisipasi sebagai pemain dalam sesi kahoot di Zoom

Untuk bergabung sebagai pemain, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Penyelenggara kuis atau Host dapat mengundang peserta untuk menggunakan Kahoot! aplikasi dengan mengklik ikon panah biru. Ini secara otomatis akan membagikan tautan ke Zoom App Marketplace kepada semua peserta dalam rapat virtual.
  2. Tambahkan aplikasi Kahoot! ke aplikasi pilihan Anda dan klik Join di panel sebelah kanan.
  3. Setelah Host membagikan layar mereka, Anda dapat mengetikkan PIN permainan dan tekan Enter untuk bergabung dengan sesi kahoot. Anda tidak wajib memiliki akun Kahoot! untuk bergabung dengan sesi kahoot!
  4. Pertanyaan akan muncul di layar bersama dan Anda mengirimkan jawaban melalui pengontrol Kahoot! yang ada di Zoom. Sekarang kita tidak lagi memerlukan layar kedua atau perangkat lain untuk bergabung di kuis Kahoot!
Demonstrasi bergabung di sesi Kahoot! via Zoom

Kami akan sangat senang melihat bagaimana para Kahoot!ers dan komunitas Zoom menggunakan aplikasi ini untuk membuat rapat video menjadi luar biasa, memperkuat semangat tim, dan membawa kolaborasi virtual ke tingkat berikutnya. Tambahkan aplikasi Kahoot di Zoom Anda secara gratis hari ini! Dan jangan lupa tuliskan testimoni Anda di kolom komentar berikut!

Diadaptasi dari
New! Make video meetings awesome by hosting and joining kahoot sessions directly within Zoom

Baca Juga