3 Mode Permainan Kahoot

Saat ini, ada 3 mode permainan di Kahoot yang dapat dimanfaatkan silih berganti sesuai kebutuhan. Ingin tahu perbedaan ketiga mode tersebut?
Sumber: erickunto.com


Kahoot! merupakan salah satu aplikasi game-based learning atau pembelajaran berbasis game yang paling banyak digunakan di dunia. Mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Penelitian kami yang terakhir juga menyimpulkan bahwa penggunaan Kahoot di dalam kelas berdampak pada meningkatnya motivasi, keterlibatan dan keaktifan, serta keberhasilan akademik siswa. Bahkan, data dari portal Garuda setidaknya terdapat 139 artikel ilmiah yang telah membahas tentang Kahoot!

Apa yang membuat Kahoot berhasil merebut hati para pendidik dan siswa dunia? Faktor utamanya adalah mekanisme permainan yang ada. Saat ini, setidaknya ada tiga mode permainan yang dapat dimainkan. Ketiga permainan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi para siswa. Anda dapat menggunakannya secara bergantian, dari mode satu ke mode lainnya. Apa saja ketiga mode tersebut dan apa ciri utama perbedaannya akan saya ulas di artikel ini.

Mode Teach

Jika Anda telah menemukan kuis Kahoot yang ingin Anda mainkan, lalu mengklik Play Anda akan dihadapkan kepada dua opsi: Teach dan Challenge. Mode Teach ini adalah mode standar yang dapat Anda manfaatkan untuk kegiatan apersepsi maupun review, ice breaking, atau bahkan semacam turnamen atau olimpiade.

Soal dan jawaban ada di layar guru

Ciri utama permainan dengan mode ini adalah soal dan jawaban yang muncul di layar guru, baik disorot melalui LCD maupun menyajikannya melalui telekonferensi menggunakan Zoom, Meet, WebEx, dlsb. Para pemain dapat menjawab kuis yang ditayangkan oleh host melalui piranti masing-masing (smartphone, tablet, PC, atau komputer) dengan menekan tombol warna atau bentuk.

Cara paling mudah untuk bergabung ke permainan ini adalah menggunakan aplikasi Kahoot yang ada di smartphone. Anda dapat meminta siswa mengunduh aplikasi ini di masing-masing pirantinya, baik dengan sistem operasi Android maupun iOS. Namun, jika para siswa terkendala terkait spasi atau kuota memori yang penuh, mereka dapat bergabung melalui www.kahoot.it lalu memasukkan kode unik yang ada di setiap permainan. Untuk piranti PC dan/ komputer juga dapat bergabung menggunakan tautan tersebut.

Ingat! Jika Anda menggunakan mode permainan ini, para siswa tidak akan mendapatkan teks jawaban pada layar pirantinya. Mereka hanya akan mendapati 4 opsi jawaban yang dibedakan berdasarkan warna dan bentuk. Jika ternyata tidak ada LCD di kelas atau Anda mengalami kesulitan ketika melakukan video konferensi sekaligus bermain Kahoot, silakan kunjungi tautan ini agar teks jawaban juga muncul di layar masing-masing siswa.

Pergantian soal diatur guru

Ciri kedua adalah pergantian soal atau kuis sepenuhnya diatur oleh guru. Meskipun semua siswa telah menjawab soal kedua misalnya, mereka tidak akan dapat melanjutkan ke soal ketiga tanpa guru yang mengatur perpindahan soal. Ini memang dilakukan agar perhatian para siswa tetap terfokus pada guru, bukan pada piranti mereka masing-masing. Dengan demikian, guru tetap memiliki kontrol atas kelas tersebut. Anda juga dapat memanfaatkan jeda pertanyaan satu dengan pertanyaan lain dengan memberikan penjelasan, meminta umpan balik siswa, atau hal-hal interaktif lainnya.

Dimainkan pada waktu yang sama

Permainan dengan mode ini hanya dapat dikerjakan peserta pada waktu yang sama. Jika Anda memungkinkan bersama para siswa berada di kelas fisik maka sebaiknya dikerjakan pada waktu dan ruang yang sama. Suasana pembelajaran akan lebih seru dan menantang karena setiap siswa atau tim dapat berinteraksi dengan pemain lainnya. Namun, jika itu tidak memungkinkan Anda dapat menyelenggarakannya secara virtual sehingga para peserta tidak perlu berada di ruang dan tempat yang sama. Resikonya, keseruan memainkan Kahoot! akan berkurang.

Dimanfaatkan untuk mengajar, ice breaking, atau turnamen

Mode ini sangat cocok digunakan untuk mengajar, bahkan ketika Anda ingin mengenalkan konsep-konsep baru. Anda dapat mengulang pertanyaan yang sama untuk mengecek fokus dan perhatian siswa. Selain itu, mode ini juga cocok digunakan untuk ice breaking ketika suasana kelas mulai kurang bersemangat. Cukup mainkan kuis Kahoot! yang tidak lebih dari 5 soal, niscaya motivasi dan semangat siswa akan berangsur-angsur pulih. Anda juga dapat memanfaatkan mode permainan Teach untuk keperluan piala atau turnamen kahoot. Anda dapat membentuk sistem klasemen atau sistem gugur layaknya permainan-permainan favorit mereka.

Mode Challenge

Mode kedua ini merupakan mode permainan yang memungkinkan para siswa mengerjakan kuis di waktu dan tempat yang berbeda. Mode ini memang kebalikan dari mode Teach. Kesamaan dengan mode Teach, mode Challenge ini dapat diakses dari aplikasi Kahoot! yang ada di smartphone maupun melalui www.kahoot.it. Untuk mengetahui kapan momen yang tepat untuk menyelenggarakan permainan dengan mode ini, silakan simak beberapa poin penting dari mode Challenge ini.

Soal dan jawaban muncul di piranti siswa

Dengan mode permainan ini, Anda tidak perlu repot menyiapkan LCD di kelas atau aplikasi telekonferensi seperti Meet, Zoom, atau WebEx. Untuk mengaktifkan permainan dengan mode ini, guru hanya mengatur tenggat waktu kapan permainan berakhir lalu membagikan kode dan/ tautan permainan ke para siswa. Mode ini memungkinkan seluruh soal berikut teks jawaban muncul di layar masing-masing siswa. Guru juga dapat memantau dari aplikasi Kahoot, siapa saja yang sudah menyelesaikan dan siapa saja yang belum mengerjakan kuis tersebut. Bahkan, analisis butir soal dapat dilakukan secara realtime. Keren bukan?

Dikerjakan sesuai kecepatan/kesempatan siswa (tenggat waktu)

Jika mode Teach erat kaitannya dengan mode pembelajaran sinkron, mode Challenge identik dengan mode asinkron. Artinya, para siswa dapat mengerjakan secara mandiri tanpa didampingi oleh guru. Siswa juga dapat mengerjakan sesuai dengan waktu terbaiknya.

Pergantian soal otomatis

Kapan permainan ini akan selesai tergantung pada tenggat waktu yang diset sebelumnya (yang nantinya juga dapat diubah sesuai kebutuhan). Dengan demikian, guru tidak perlu memindahkan soal satu ke soal berikutnya layaknya di mode Teach. Guru juga dapat mengatur apakah urutan soal akan diacak atau tidak pada pengaturan.

Baik digunakan untuk review, pengenalan konsep, tugas/latihan

Saya tidak menyarankan agar menggunakan mode permainan ini untuk asesmen sumatif karena mode ini lebih cocok digunakan untuk review, pengenalan konsep, tugas/latihan. Anda juga dapat memainkan kuis yang sama dengan mode Teach lalu memberikan kuis yang sama dengan modee Challenge sebagai bahan review pembelajaran. Anda juga dapat memanfaatkan mode ini untuk PR atau latihan siswa.

Mode Study

Khusus untuk mode ketiga ini Anda hanya dapat mengaksesnya melalui aplikasi Kahoot! yang ada di smartphone atau tablet. Pastikan Anda memasang aplikasi Kahoot! versi terkini untuk mendapati mode ini. Seperti namanya, mode Study ini memang dirancang khusus untuk para siswa agar mereka bisa belajar secara mandiri, menyiapkan diri untuk tes, dan bahkan menantang permainan ke sesama teman mereka. 

Sama seperti mode challenge

Para siswa dapat langsung mencari dan memainkan kahoot yang disukainya tanpa harus menunggu guru menyelenggarakan kuis. Ini artinya, siswa dapat belajar dari konten-konten publik yang dibuat oleh para pendidik global di seluruh dunia. Para siswa hanya cukup melakukan eksplorasi pada Kahoot Library melalui smartphone mereka dan akhirnya konten-konten berkualitas tinggi mereka dapatkan. Menariknya, lembaga-lembaga besar seperti National Geography, PBB, Marvel, Disney,  Common Sense Education, Empatico, dlsb telah bergabung sebagai mitra resmi dan menyediakan konten-konten menarik dan up to date terkait isu terkini serta informasi terkait organisasi mereka.

Membuat kuis kahoot menjadi flashcard

Salah satu fitur yang menarik dari mode ini adalah secara otomatis kuis kahoot dapat diubah menjadi flashcard digital melalui fitur Flashcard. Ini sangat cocok digunakan untuk pengenalan konsep baru, terutama untuk memperkaya kosakata bahasa asing. Penasaran ingin langsung mencobanya? Segera unduh aplikasi Kahoot! versi terbaru di PlayStore maupun AppStore.

Latihan mandiri tanpa skor

Kahoot tidak selalu identik dengan kompetisi. Salah satu fitur di mode Study, pada siswa dapat memilih Kahoot yang tersedia untuk belajar. Mereka dapat mencobanya tanpa takut salah atau mendapat skor minimal karena ada fitur Practice. Fitur ini mirip dengan permainan biasanya. Hanya saja, skor yang diraih tidak ditampilkan.

Hanya bisa diakses via aplikasi

Ya, satu-satunya cara untuk mengakses mode ini adalah melalui aplikasi yang ada di smartphone maupun tablet. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan fitur ini akan dirilis untuk versi web.

Baik digunakan untuk belajar, persiapan tes, pertandingan antar siswa

Karena mode ini didesain khusus untuk belajar maka mode ini cocok jika digunakan untuk belajar mandiri, persiapan tes, serta pertandingan antar siswa. Saya sangat merekomendasikan agar para guru juga mencoba fitur ini sehingga dapat memandu siswa bagaimana memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Kahoot! dapat membantu mereka belajar secara mandiri. Saya juga mendorong agar para siswa senantiasa diajak untuk membuat kahoot mereka sendiri, baik berasal dari materi pelajaran yang diajarkan oleh para guru atau materi-materi lain di luar mata pelajaran yang mereka sukai, seperti hobi, kesukaan, dan kegemaran mereka lainnya.

Informasi lebih lengkap terkait mode Study ini dapat Anda saksikan pada "Webinar Study Mode: Fitur Baru di Kahoot! untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh" yang pernah saya selenggarakan pada Mei tahun 2020 lalu.

Nah, menarik bukan ketiga mode permainan di Kahoot! Silakan coba demonstrasi ketiga mode tersebut. Sebelum memainkan bersama para siswa Anda, saya menyarankan agar Anda untuk mencobanya secara mandiri. Dengan demikian, Anda akan lebih familiar dan terampil ketika mempraktikkannya bersama siswa Anda. Selamat mencoba dan jangan segan-segan bertanya jika Anda menemui kendala. Sampai jumpa!

Baca Juga