Pilih Mendeley atau Zotero?

Agenda ini direkomendasikan bagi pengguna Zotero dan Mendeley agar mengenal fitur dan kelebihan masing-masing Reference Management Software.

Kredit: Purwoko


Pengantar

Mendeley dan Zotero merupakan dua aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para akademisi, tidak hanya di Indonesia namun juga di lingkup global. Kedua ikon dari aplikasi ini kerap kita jumpai di jurnal-jurnal di Indonesia, sebagai indikasi bahwa setiap artikel yang dikirimkan ke jurnal tersebut selayaknya (bahkan pada beberapa jurnal menyatakan wajib) untuk membuat kutipan dan daftar pustaka menggunakan RMS (Reference Management Software) ini. Meskipun sebenarnya, RMS lain seperti JabRef, EndNote, Papers, Citavi, dlsb juga memiliki fungsi yang sama. Namun, mengapa kedua RMS ini menjadi aplikasi paling favorit? Selain sama-sama gratis, apa saja fitur-fitur yang ada di kedua RMS ini sehingga menjadi aplikasi paling diminati oleh para penggunanya?

Agenda ini bertujuan untuk memberikan demonstrasi dan penjelasan seobjektif mungkin terkait fitur dan fungsi dari masing-masing RMS. Dengan demikian, para pengguna yang sebelumnya menggunakan Mendeley mendapatkan gambaran mengenai fitur-fitur di Zotero. Sebaliknya, pengguna Zotero juga mengetahui apa saja fitur-fitur yang ada di Mendeley. Bahkan, jika Anda masih menggunakan cara manual dalam melakukan kutipan dan membuat daftar pustaka, niscaya mendapatkan gambaran yang jelas RMS mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Singkatnya, agenda ini tidak bertujuan untuk mendiskreditkan salah satu RMS namun berusaha memberikan gambaran yang utuh kepada para (calon) pengguna terkait kelebihan-kelebihan dan kekurangan di masing-masing RMS. Dengan demikian, pengguna mendapatkan pertimbangan dalam memilih RMS sesuai idealisme dan kebutuhan masing-masing.

Informasi kegiatan

Jika Anda tertarik mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan pada Rabu, 19 Mei 2021 pukul 15.30 - 17.30 WIB, silakan melakukan pendaftaran melalui ugm.id/morz agar mendapatkan tautan bergabung di Zoom. Sebagai reminder, Anda bisa bergabung di grup wa UGM.id/mnzwa

Sebagian besar ulasan terkait Zotero akan dipaparkan oleh Purwoko, pustakawan Fakultas Teknik UGM yang menyelenggarakan pelatihan rutin Zotero dan Mendeley secara bergantian sejak tahun 2010-an (sebatas ingatan saya). Purwoko juga salah seorang Mendeley Advisor di Indonesia. Eric Kunto Aribowo, yang juga Mendeley Advisor lebih menyoroti terkait Mendeley meskipun saya juga mengenal Zotero, Citavi, JabRef, dan Papers.

Secara khusus artikel ini akan mengulas fitur-fitur dan fungsi Mendeley, baik Mendeley Desktop maupun Mendeley Reference Manager (Mendeley versi terbaru). Jika Anda tertarik untuk membaca ringkasan ulasan tentang Zotero, silakan temukan salindia agenda ini di bagian akhir artikel.

Pernyataan

Perangkat lunak yang saya gunakan:
  • MacOS BigSur versi 11.2.1
  • Mendeley Desktop 1.19.8 for Mac
  • Mendeley Reference Manager 2.48.0 for Mac
  • Zotero 5.0.97-beta.25+146e1af18
  • Microsoft Word 365 for Mac ver 16.49

Ulasan tentang Mendeley

Siapa pengembang Mendeley?

Kredit: doctorpreneurs.com


Victor Banning (tengah) beserta Jan Reichelt (kanan) dan Paul Föckler (kiri) mulai merintis Mendeley sejak 2017 dan secara resmi diperkenalkan ke publik pada Desember 2008 saat konferensi 2008 IEEE Fourth International Conference on eScience. Pada makalah yang dipaparkan pada acara tersebut, Banning dan Reichelt menyebutkan bahwa Mendeley merupakan adaptasi Last.fm (layanan musik dan radio online terbesar di dunia) dalam dunia riset.

Mendeley is an application of Last.fm’s principles to the domain of research. Mendeley Desktop, a free and cross-platform desktop application, automatically extracts metadata, full-text and cited references from research papers to minimize manual data input when setting up a local research paper database. It then enables researchers to manage, tag, full-text search, cite in Word and LaTeX, and share research papers, thus providing researchers with usage value independent of any network effects. The companion website, Mendeley Web, can be used for backing up research papers, creating a public research profile, and connecting to like-minded researchers. Mendeley Web already displays the pervasiveness of research papers, authors, journals and tags as measured by Mendeley Desktop. Reading time and quality rating metrics as well as CF recommendation mechanisms will be implemented soon. Henning, V., & Reichelt, J. (2008). Mendeley - A Last.fm For Research? 2008 IEEE Fourth International Conference on eScience. doi:10.1109/eScience.2008.128

Namun, sejak April 2013 Elsevier sebagai salah satu penerbit komersial terbesar di dunia mengakuisisi Mendeley dengan estimasi $65M-$100M. Anda dapat membaca secara lengkap sejarah awal mula Mendeley melalui tautan ini. Simak pula percakapan tim Mendeley pada saat akuisisi Elsevier di blog.mendeley.com.

Keterangan hak cipta dan beberapa perangkat dan elemen pendukung Mendeley

Meskipun Mendeley dikembangkan tidak dengan sistem open-source, namun data yang dikumpulkan Mendeley dibuka dengan lisensi CC-BY. Jika Anda tertarik mengakses API Mendeley, silakan kunjungi https://dev.mendeley.com dan login menggunakan akun Mendeley Anda. Data ini juga telah dimanfaatkan oleh Altmetrics, Overleaf, OSF, ImpactStory, dlsb.

Sejak akhir 2019 Tim Mendeley mulai mengembangkan Mendeley Reference Manager yang nantinya akan menggantikan Mendeley Desktop.

Keterangan hak cipta Mendeley Reference Manager

Bagaimana tampilannya?

Antarmuka Mendeley Desktop


Tampilan Mendeley Desktop memiliki tiga panel utama yang berisi: 
  • koleksi & grup (kiri)
  • daftar referensi (tengah) dan
  • detil dokumen (kanan)

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai menu-menu yang ada di Mendeley Desktop silakan kunjungi laman ini. Adapun tampilan antarmuka Mendeley Reference Manager lebih sederhana. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silakan undah melalui tautan ini.

Tampilan antarmuka Mendeley Reference Manager

Gratis atau Freemium?

Pengguna Windows, Mac, dan Linux dapat menikmati aplikasi ini tanpa harus mengeluarkan satu rupiah pun. Anda dapat mengunduhnya langsung dari laman resminya jika ingin mendapatkan Mendeley Dekstop (MD) versi terbaru. Untuk saat ini, MD versi terakhir adalah 1.19. Sayangnya, untuk MD versi terbaru seringkali mengalami error ketika dipasang di komputer maupun laptop dengan sistem operasi di bawah Win 10 dan Microsoft Office sebelum 2016. Jika Anda pengguna laptop atau PC dengan spesifikasi di bawah itu, silakan unduh dan pasang MD versi 1.15 melalui s.id/mendeley-downgrade

Meskipun gratis, Mendeley juga menawarkan fitur berbayar untuk para penggunanya. Namun, jangan kuatir karena aplikasi MD versi gratis dan berbayar tidak memiliki perbedaan sedikit pun. Fitur berbayar di Mendeley dapat diambil jika pengguna berkeinginan untuk meningkatkan spasi penyimpanan data di cloud. Untuk akun gratis, pengguna diberikan spasi hingga 2 GB. Lantas, berapa biaya untuk upgrade? Silakan simak tangkapan layar di bawah ini.

Biaya peningkatan spasi penyimpanan cloud di Mendeley

Bagaimana dengan media penyimpanannya?

Selain disimpan di hardisk laptop atau PC, koleksi referensi Anda juga dapat disimpan di basis data Mendeley dengan sistem cloud. Anda cukup mengklik Sync jika ingin mengamankan atau menyimpan koleksi yang ada di library. Menariknya, Anda dapat login di piranti berbeda (PC, laptop atau bahkan aplikasi di smartphone) dengan akun yang sama. Dengan demikian, Anda dapat mengakses semua koleksi dan bekerja di mana saja.

Jika Anda kuatir kehilangan koleksi referensi Anda, silakan cadangkan secara manual dengan cara klik Help > Create Backup.

Ingat, Anda memiliki spasi penyimpanan 2 GB untuk akun gratis. Jika Anda memiliki koleksi lebih dari 2 GB yang berisi PDF dari referensi Anda, Anda tetap bisa mengimpornya ke Mendeley. Namun, file tersebut tidak dapat dicadangkan di cloud Mendeley

Harus registrasi sebelum menggunakan?

Karena sistem penyimpanan Mendeley memanfaatkan cloud agar pengguna dapat melakukan sinkronisasi lintas perangkat maka dibutuhkan akun. Anda dapat mendaftarkan diri melalui tautan ini dan mengisi biodata singkat Anda. Jika sebelumnya Anda pernah melakukan pendaftaran, tetapi lupa kata sandinya silakan pilih "forgot password" pada tampilan awal MD setelah Anda melakukan instalasi. Untuk MD, Anda diminta login melalui akun Anda saat pertama kali akan menggunakannya. Dengan catatan, Anda mengisi cek pada opsi “always login” pada saat akan login. Namun, untuk Mendeley Reference Manager (MRM) Anda perlu melakukan login setiap kali akan menggunakan Mendeley karena MRM harus selalu terkoneksi dengan internet.

Tampilan login di Mendeley Reference Manager

Catatan: Anda dapat login menggunakan akun yang terdaftar di Mendeley Desktop. Semua referensi yang ada di library Anda akan secara otomatis tersinkronisasi ketika login di Mendeley Reference Manager.

Bagaimana cara memasukkan referensi ke library Mendeley?

Untuk Mendeley Desktop Anda dapat melakukan cara-cara berikut ketika ingin mengimpor referensi. Ingat! Setiap referensi yang ingin Anda kutip dalam artikel atau naskah, semua metadata (informasi terkait penulis, tahun, judul artikel, dlsb.) harus ada di library akun Anda masing-masing.

  • Mendeley Web Importer, langsung impor referensi saat Anda membuka dari laman resminya. Plugin ini dapat dipasang melalui MD dengan jalan klik Tools > Install Web Importer atau melalui tautan ini. Untuk referensi yang bersifat Open Access (OA) Anda dapat langsung mengimpor PDF fulltext ke library Anda. Namun, jangan lupa klik Sync di MD setelah Anda menambahkan referensi melalui cara ini.
    Fitur Web Importer untuk mengimpor referensi ke library Mendeley

  • Impor RIS dan/ BibTeX ini dapat Anda gunakan ketika sebelumnya Anda menggunakan RMS lain. Artinya, jika sebelumnya Anda menggunakan Zotero, semua referensi Anda dapat dipindahkan secara keseluruhan dengan mengekspor library Anda ke format RIS dan/ BibTeX. Anda juga dapat menggunakan cara ini ketika menyimpan hasil pencarian dari Publish or Perish atau penelusuran dari Google Scholar.
    Cara impor pencarian GS ke Mendeley dengan format RIS

  • DOI look-up merupakan fitur yang dapat memudahkan pengguna yang ingin menambahkan referensi yang telah memiliki DOI. Hanya dengan mengkopi atau menginput DOI, semua metadata seperti nama penulis, judul artikel, tahun terbit, nama jurnal, dlsb akan terisi secara otomatis tanpa Anda harus mengetik secara manual. Namun perlu diingat bahwa cara ini hanya akan mengisi metadata referensi (tidak termasuk PDF fulltext).
    Menambahkan referensi melalui DOI look-up

  • Insert file dan/ folder dapat ditempuh jika Anda telah mengunduh dan/ menyimpan file PDF dari referensi yang akan Anda gunakan. Anda dapat menambahkan satu per satu atau menambahkan secara langsung dengan memilih suatu folder tertentu tempat di mana Anda menyimpan koleksi PDF Anda. Buka MD dan pilih File > Add File atau Add Folder sesuai kebutuhan.
  • Drag and drop merupakan cara cepat menambahkan file PDF ke library Anda. Anda dapat memilih beberapa file PDF sekaligus melalui Windows Explorer (Win) maupun Finder (Mac) kemudian seret file-file tersebut ke jendela MD Anda.
  • Watch folder
  • Input manual merupakan cara terakhir yang dapat dilakukan ketika menjumpai referensi yang tidak dapat dilacak atau ditelusur menggunakan cara-cara sebelumnya. Input secara manual seringkali dilakukan untuk referensi-referensi cetak yang tidak dapat ditemukan secara online. Untuk melakukannya cukup pilih File > Add Entry Manually lalu pilih tipe referensi dan isikan metadata secara lengkap.

Apa saja fitur-fitur andalannya?

Beberapa waktu silam, saya pernah memberikan "9 alasan mengapa saya jatuh hati pada Mendeley" yang berisi fitur-fitur unik yang tidak saya temukan pada RMS lainnya. Meskipun sangat disayangkan, beberapa fitur tersebut dihilangkan pada akhir 2020.

  • Mendeley web catalog (atau sekarang disebut Mendeley Search) adalah kumpulan semua referensi yang ditambahkan ke Library pribadi oleh pengguna Mendeley. Pengguna dapat melakukan filter pencarian berdasarkan tahun, tipe dokumen, nama jurnal, penulis, dan tipe akses.
  • Mendeley suggest memberi Anda saran bahan bacaan yang dipersonalisasi untuk membantu Anda menghemat waktu ketika memutuskan apa yang harus dibaca selanjutnya. Anda juga akan mendapatkan referensi-referensi terkait yang ada di library Anda secara berkala melalui surat elektronik.
  • Mendeley funding (discontinued per akhir 2020) merupakan kurasi peluang pendanaan dari lebih dari 2.000 organisasi di seluruh dunia termasuk lembaga pemerintah AS, Uni Eropa, dan dewan Riset Inggris.
    Sumber: blog.mendeley.com

  • Mendeley profile (discontinued per akhir 2020) memungkinkan Anda untuk terhubung dengan peneliti-peneliti lain dan mempromosikan karya dan bidang keahlian Anda ke seluruh dunia layaknya profil di media sosial.
    Contoh profil di Mendeley

  • Mendeley career (discontinued per akhir 2020) menawarkan pekerjaan terkait dunia riset lebih dari 140.000 pekerjaan di dunia.
    Sumber: blog.mendeley.com

  • Mendeley stats memungkinkan Anda untuk mengklaim publikasi Anda, mempublikasikannya di profil Anda, dan memantau dampaknya. Sayangnya, fitur ini discontinued per akhir tahun 2020. Pengguna hanya dapat mengetahui jumlah reader (referensi yang disimpan di piranti pengguna lain).
    Sumber: elsevier.com

  • Mendeley data merupakan sebuah repositori berbasis awan yang aman tempat Anda dapat menyimpan data, membagikannya dengan mudah, dapat diakses dan disitasi, di mana pun Anda berada.
  • Mendeley cite merupakan add-on di Microsoft Office yang dapat digunakan untuk menambahkan kutipan dan daftar pustaka tanpa instalasi Mendeley Reference Manager. Untuk tutorial dapat diakses di sini.
  • Paper of the days adalah pengaya Google Chrome yang dapat menampilkan atau menawarkan referensi-referensi relevan ketika pengguna membuka tab baru saat melakukan penelusuran di Chrome. Demonstrasi dapat dilihat di sini.
  • Notebook memungkinkan pengguna untuk membuat satu anotasi dari beberapa referensi sekaligus. 
    Contoh penggunaan fungsi notebook

Seberapa besar dukungan komunitasnya?

Mendeley didukung oleh advisor, seseorang yang diakui berkompeten untuk memberikan edukasi dan pelatihan terkait penggunaan Mendeley. Secaar global, jumlah advisor di dunia lebih dari 5.000 advisor serta lebih dari 150 advisor berasal dari Indonesia. Para advisor ini seringkali terlibat pada pemberian feedback untuk fitur baru yang akan dirilis serta berkumpul secara rutin minimal setahun dalam agenda Mendeley Advisor Meeting.

Sebaran 79 advisor baru di bulan April 2021 yang sebagian besar berasal dari Indonesia

Salindia materi

Jika Anda penasaran dengan fitur-fitur yang ada di Zotero, silakan simak ringkasan yang disusun oleh Purwoko di bawah ini.

Zotero/Mendeley oleh Purwoko ibn Sangadi

Tanya-Jawab

Mulyadi: Bagaimana cara mentransfer dari Zotero ke Mendeley? Bagaimanakah cara mengubah font size di Mendeley?
Jawab: Untuk berpindah dari RMS satu ke RMS lain, misal dari Zotero ke Mendeley, atau sebaliknya dapat dilakukan dengan menyimpan semua koleksi yang ada di library ke dalam format RIS. Format ini dapat dibaca sebagian besar RMS yang ada saat ini. Untuk memasukkan koleksi referensi ke RMS yang baru, silakan temukan menu impor. Namun yang perlu diingat, migrasi ini hanya memindahkan metada referensi (tidak termasuk fulltext). 
Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk mengimpor koleksi referensi yang ada di cloud Zotero ke Mendeley Desktop dengan cara klik Preference > Zotero > Connect. Lalu login dengan akun Zotero Anda dan klik import. Terkait fitur mengubah ukuran font, sayangnya tidak ada opsi untuk mengubah ukuran font di Mendeley layaknya yang ada di Zotero.

Tutuk Arsanti: Bagaimana cara ambil semua file di library zotero untuk sy pindah ke PC?
Jawab: Anda dapat melakukannya dengan jalan klik opsi Preference > Advanced > File and Folders dan temukan file-file Anda di folder yang tertulis pada “Base directory"

Mulyadi: Bagaimana cara sinkronisasi Zotero dengan komputer lain?
Jawab: Silakan sinkronisasi koleksi referensi Anda melalui piranti pertama. Lalu unduh dan instal Zotero di piranti kedua lalu temukan Preference > Sync dan masukkan username dan password Anda. Terakhir, klik Set Up Syncing

Wahjoe Mawardiningsih: Mohon penjelasan yang dimaksud dengan RIS, BIB, & RSS apa ya?
Jawab: RIS dan bib merupakan tipe file yang marak digunakan untuk menyimpan metadata referensi (ibarat DOC atau PDF untuk dokumen). Kedua file ini dapat dibuka disebagian besar RMS yang ada jika pengguna berencana untuk beralih RMS. Adapun RSS merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna mengakses konten dari suatu laman website tanpa harus membuka laman tersebut. RSS biasanya disediakan oleh portal-portal berita online dan akhir-akhir ini beberapa jurnal dan penerbit besar menyediakan RSS agar pengguna dapat selalu uptodate mengenai informasi terkait penerbit tersebut, atau artikel-artikel terbaru dari sebuah jurnal.

Nova Indah: Untuk manual edit lebih mudah yang mana? Karena jika menggunakan Mendeley, ketika sudah saya save di dokumen mswordnya nanti dibuka berubah ke default lg (manual edit di citationnya sesuai dengan gaya selingkung jurnal ttt).
Jawab: Setiap kali ingin mengutip, pastikan saat Anda mengimpor referensi pertama kali ke Mendeley, semua metadata sudah benar. Kutipan yang dibuat via Mendeley menarik informasi metadata yang ada di library Mendeley. Jadi, jika Anda ingin mengubah atau mengedit metadata untuk kutipan Anda, pastikan Anda mengubahnya melalui Mendeley (bukan melalui Word). Semua perubahan yang dibuat di Word tidak memengaruhi metadata di library Mendeley.

Helmi Suyanto: Artikel diedit referensinya pakai Zotero, bagaimana cara mengkonversinya (atau menarik datanya ke library) ke Mendeley?
Jawab: Sebuah dokumen yang membuat kutipannya via Mendeley dapat diedit dan/ ditambahkan kutipan lain via Zotero. Sayangnya, tidak berlaku kebalikannya. Ini dimungkinkan karena plugin Word Mendeley mengadopsi sistem yang dibuat oleh Zotero (cek lagi pada bagian Siapa pengembangnya?). Saya belum menemukan cara paling efektif untuk solusi atas kasus tersebut. Alternatifnya, Anda dapat mengkonversi referensi di Daftar Pustaka ke format RIS lalu membuat kutipan ulang satu per satu via Zotero. Untuk tutorial dapat Anda kunjungi pada laman ini.

Wahyu Saputra: Mendeley sy kok gak bisa install Word plugin pak
Jawab:

Pradiastuti Purwitorosari: Zotero ini free atau berbayar ya?
Jawab: Zotero dan Mendeley sama-sama RMS yang freemium. Anda dapat mengunduh memasang, dan menggunakannya tanpa membayar satu rupiah pun. Namun, keduanya menawarkan peningkatan spasi penyimpanan cloud secara berbayar.

M. Wakhid Hidayat: Dari dua reference manager ini yang bisa digunakan untuk tulisan berbahasa Arab yang mana ya?
Jawab:

Trina Septiani: Apakah versi terbaru os mac tidak sinkron dgn sistem mendeley terbaru ya? Apakah ini hanya kendala di macbook saya?
Jawab: Saya menggunakan MacOS BigSur versi 11.2.1, Mendeley Desktop 1.19.8 for Mac, dan Microsoft Office 365 for Mac ver 16.49 tidak mendapati masalah tersebut.

Nova Indah: Untuk Mendeley dan zotero dibuka semua bersamaan dan dipakai bersama di dokumen msword kita tidak crash?
Jawab: Tidak, saya sudah mendemostrasikan pada saat sesi berlangsung. Silakan coba putar ulang video rekamannya (bila sudah tersedia).

Fikri Wijaya: Saya juga kesulitan install MS Word (365) plugin Mendeley Reference Manager. Selalu dialihkan ke store Microsoft dan gagal terus. Apakah ada file plugin offlinenya?
Jawab: Plugin Mendeley Cite untuk MRM memang hanya tersedia di Microsoft Store dan tidak tersedia versi offline. Untuk dapat menginstal plugin tersebut, pastikan:
  • Anda memiliki akun Microsoft serta lisensinya untuk Office 2016, 2019 dan/ 365
  • Admin Microsoft instansi (jika Anda menggunakan lisensi dari organisasi) mengizinkan pengguna untuk menambahkan plugin.

Anita Moelyaningrum: Saya pakai Mendeley, tetapi sering hang. Jadi, lebih baik pindah ke Zotero atau bagaimana, Pak?
Jawab:

Evi Istiqamah: Zotero versi beta bisa downoad di mana? Kemudian cara buka catatan zotero tadi lewat view lalu kemana?
Jawab: Silakan unduh Zotero versi beta melalui tautan ini. Untuk mengaktifkan PDF Reader built-in yang ada di Zotero versi beta silakan pergi ke Preference > General lalu centang pada opsi “Enable the Zotero PDF reader and new note editor) kemudian restrart Zotero Anda.

Kadar Ramadhan: Apakah Zotero bisa autodetect file word yg menggunakan Daftar Pustaka Zotero juga, sehingga kita bisa mengedit metadatanya?
Jawab: Sayangnya, saya belum menemukan fitur tersebut. Mendeley memang memungkinkan penulis kolaborator/editor menyimpan metadata yang ada di dokumen ketika pertama kali membuka dokumen tersebut. Kita dapat mengimpor metadata referensi yang digunakan di dokumen dengan sekali klik.

Video rekaman

Video rekaman kegiatan ini dapat disaksikan ulang melalui video di bawah ini.

Baca Juga