Persyaratan Umum Usulan ke Lektor Kepala dan Profesor

Laman depan Selancar PAK

 

Berikut ini adalah persyaratan umum jika Anda berencana untuk mengusulkan jabatan fungsional akademik dosen ke Lektor Kepala dan Profesor. Informasi saya salin dari Best Practice SIJAGO yang diterbitkan oleh LLDIKTI pada Februari 2021. 

Usulan ke Lektor Kepala

  • Pendidikan minimal S2/S3.
  • Ada syarat tambahan jika masa kerja sejak pengangkatan pertama (Asisten Ahli/Lektor) kurang dari 8 tahun.
    • Diperlukan karya ilmiah terbitan Jurnal Terindeks dalam basis data internasional bereputasi yang diakui oleh Kemendikbud (Clarivate Analytics Web of Science dan/atau Scopus) dengan SJR jurnal di atas 0,10 atau memiliki JIF Clarivate Analytics WoS paling sedikit 0,05. Tidak termasuk dalam kriteria ini adalah jurnal berstatus coverage discontinued dan cancelled di Scopus/ SCImagojr serta kelompok Emerging Sources Citation Index (ESCI) di Clarivate Analytics WoS.; dan
    • Melampirkan bukti proses pembimbingan paling sedikit setara 40 (empat puluh) angka kredit yang berasal dari bimbingan Tugas Akhir, KKL, KKN, PKL, Magang, Kegiatan Kemahasiswaan. Untuk bukti proses pembimbingan yang diterbitkan di luar masa penilaian (sebelum TMT JAFA terakhir), dapat diajukan dengan cara mengunggah bukti dan kum usulan pada Tab Persyaratan Khusus.
  • Minimal 2 tahun dari TMT Jabatan terakhir untuk kenaikan jabatan reguler.
  • Minimal 2 tahun dari TMT Pangkat terakhir untuk kenaikan pangkat dalam jabatan yang sama.
  • Sudah memiliki sertifikat pendidik.
  • Memiliki karya ilmiah sesuai persyaratan yang tercantum dalam PO 2019. Kenaikan Jabatan Reguler: (a) Lektor Kepala/Magister: karyai lmiah minimal terbitan Jurnal Internasional (b) Lektor Kepala/Doktor: karya ilmiah minimal terbitan Jurnal Nasional Terakreditasi (Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 1 atau peringkat 2; atau Jurnal Nasional Terakreditasi Dikti). Kenaikan Pangkat dalam Jabatan yang sama: Karya ilmiah terbitan Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 3 atau 4 atau 5 atau 6. Loncat Jabatan: Sudah S3 dan memiliki 2 (dua) karya ilmiah terbitan jurnal internasional bereputasi dengan 50% di antaranya mempunyai SJR jurnal atau JIF Clarivate Analytics Web of Science. Catatan: Jika mengusulkan kum pendidikan (ijazah), karya ilmiah syarat khusus HARUS TERBIT SETELAH STUDI

Usulan ke Prosefor

  • Pendidikan harus S3.
  • Memiliki karya ilmiah sesuai persyaratan yang tercantum dalam PO 2019 yaitu jurnal internasional bereputasi dan dipublikasikan setelah pendidikan S3 dengan SJR jurnal di atas 0,1 atau memiliki JIF WoS paling sedikit 0,05.
  • Persyaratan tambahan
    • Pernah mendapatkan hibah penelitian kompetitif penugasan tingkat daerah/nasional/kementerian/internasional/korporasi, atau kompetitif internal Perguruan Tinggi (sebagai ketua, kecuali penelitian Program tesis/disertasi); atau
    • Pernah membimbing/membantu membimbing Program doktor; atau
    • Pernah menguji sekurang-kurangnya tiga mahasiswa program doktor (baik di perguruan tinggi sendiri maupun perguruan tinggi lain); atau
    • Sebagai reviewer sekurang-kurangnya pada 2 (dua) jumal internasional bereputasi yang berbeda.

Catatan: untuk pengajuan syarat khusus hibah penelitian kompetitif wajib melampirkan laporan hibah penelitian tidak hanya melampirkan kontrak penelitian.

  • Jika masa kerja 10 (sepuluh) sampai 20 (dua puluh) tahun, maka diperlukan karya ilmiah yang memenuhi persyaratan impact factor. Rumpun Ilmu Agama dan Ilmu Humaniora (IF Scopus: 0,25; WoS: 0,5); bidang ilmu sosial (IF Scopus: 0,4; WoS: 0,8); bidang ilmu sains (IF Scopus: 0,5; WoS: 1). Selain itu diminta pula melampirkan bukti proses pembimbingan paling sedikit setara 80 (delapan puluh) angka kredit yang berasal dari bimbingan Tugas Akhir, KKL, KKN, PKL, Magang, Kegiatan Kemahasiswaan.
  • Minimal 2 tahun dari TMT Jabatan terakhir.
  • Paling singkat 3 (tahun) setelah memperoleh ijazah doktor (S3). Jika mengusulkan kenaikan jabatan akademik ke Profesor kurang dari 3 (tiga) tahun setelah lulus studi S3 (Doktor), dengan menambahkan 1 (satu) artikel yang diterbitkan pada Jurnal Internasional Bereputasi yang dipublikasikan dari hasil penelitian setelah studi S3 (Doktor).
  • Harus sudah mempunyai pangkat Pembina IV/a (jika usulan dari Lektor Kepala).
  • Seseorang yang diusulkan Loncat Jabatan dari Lektor ke Profesor, maka diperlukan pemenuhan persyaratan khusus yaitu memiliki 4 (empat) Jurnal Internasional Bereputasi sebagai Penulis Pertama yang dipublikasikan setelah S3 dan 50% (lima puluh persen) diantaranya mempunyai SJR jurnal atau JIF Clarivate Analytics Web of Science sesuai dengan rata-rata nilai faktor dampak (impact factor) di klaster bidang ilmunya dan dipublikasikan setelah pendidikan sekolah. Pengajuan usulan jabatan akademik melalui loncat jabatan hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali untuk pemenuhan persyaratan substansi, perbaikan usulan hanya dapat dilakukan untuk pemenuhan administrasi. Jika persyaratan substansi tidak dipenuhi, maka usulan dialihkan melalui mekanisme usulan kenaikan jabatan akademik secara regular.
Catatan:
  • Tridharma Perguruan Tinggi yang dapat diajukan penilaian adalah tridharma SEBELUM TMT mulai studi dan SETELAH TMT selesai studi, KECUALI Jurnal Nasional Terakreditasi, Jurnal Internasional/Internasional Bereputasi. 
  • Jika mengusulkan kenaikan jabatan akademik ke Profesor kurang dari 3 (tiga) tahun setelah lulus studi S3 (Doktor), dengan menambahkan 1 (satu) artikel yang diterbitkan pada Jurnal Internasional Bereputasi yang dipublikasikan dari hasil penelitian setelah studi S3 (Doktor).
Baca Juga