Best Practice Usul Kenaikan Jabatan Fungsional Akademik Dosen via SIJAGO

Berencana usul jabfung via SIJAGO? Pelajari Best Practice berikut untuk menghindari berkas dikembalikan karena tidak sesuai pedoman PAK.

Tampilan awal SIJAGO (Sistem Informasi Jabatan Fungsional Go Online)

 

Pengantar

Jabatan fungsional akademik atau yang dikenal dengan istilah jabfung merupakan sistem karir dosen yang berjenjang mulai dari Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, dan Profesor. Ada lima bagian kinerja dosen yang dapat diusulkan untuk kenaikan pangkatnya: (a) pendidikan, (b) pengajaran, (c) penelitian, (d) pengabdian kepada masyarakat, dan (e) penunjang. Bagi dosen PTS yang berada di wilayah LLDIKTI VI, sejak tahun 2017 usul kenaikan jabfung dilakukan secara daring melalui SIJAGO. Kebetulan untuk kenaikan ke jabatan Lektor, saya menjadi bagian awal orang-orang yang menikmati SIJAGO. 

Alur pengusulan via SIJAGO

Untuk usul kenaikan jabfung Asisten Ahli dan Lektor sebagaimana terlihat pada infografik berikut.

Sumber: LLDIKTI VI

Khusus untuk kenaikan ke Lektor Kepada dan Profesor mengikuti alur di bawah ini.

Sumber: LLDIKTI VI

Timeline SIJAGO

Menurut pengalaman saya, usul jabfung melalui online lebih cepat dan efisien daripada proses manual. Kita hanya perlu melakukan scan dokumen yang diperlukan sebagai bukti kinerja kita. Karena untuk proses manual (seperti pengalaman saya tahun 2015 saat usul Asisten Ahli) semua dokumen bukti kinerja akan diserahkan ke LLDIKTI dan kecil peluangnya untuk dikembalikan ke pengusul. Artinya, semua makalah prosiding, artikel jurnal, dan berkas-berkas lainnya akan disimpan di LLDIKTI. Dengan sistem online ini, kita cukup bermodal mesin scanner yang harganya di bawah satu juta rupiah.

Sebagai gambaran, berikut lini masa atau rekaman aktivitas saat saya usul kenaikan Lektor via SIJAGO. Alhamdulillah, proses sejak usul hingga selesai tidak sampai satu bulan.

  • 9 Oktober 2017 Berkas dari BAUK lengkap
  • 9 Oktober 2017 Ajukan ke Pimpinan PT
  • 9 Oktober 2017 Dikembalikan ke draft dosen
  • 10 Oktober 2017 Revisi minor
  • 10 Oktober 2017 Ajukan kembali ke Pimpinan PT
  • 10 Oktober 2017 Ajukan ke Kopertis
  • 19 Oktober 2017 Usulan dikembalikan Kopertis
  • 19 Oktober 2017 Revisi minor
  • 19 Oktober 2017 Ajukan kembali ke Pimpinan PT
  • 19 Oktober 2017 Ajukan ke Kopertis
  • 19 Oktober 2017 Ajukan ke Tim PAK Kopertis
  • 21 Oktober 2017 Penilaian selesai, menunggu terbit SK

Best Practice

Saya sangat menyarankan Anda untuk mempelajari best practice berikut agar usulan Anda tidak terlalu banyak memerlukan revisi. Semakin banyak revisi yang harus dilakukan tentu saja akan memperlambat proses kenaikan jabfung Anda. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan-kesalahan teknis. Meskipun itu kecil, saya yakin berkas usulan Anda akan tetap dikembalikan, baik oleh Tim PAK PT maupun LLDIKTI.

Pelajari pula panduan Best Practice SIJAGO yang dirilis oleh LLDIKTI VI pada Februari 2021 yang lalu.

Unduh Best Practice

Jika Anda tertarik untuk mengunduh dua dokumen di atas, silakan klik tombol Unduh di bawah ini.

Baca Juga