Workshop Researcher Digital ID

Researcher atau author identifier menjadi hal mutlak yang harus dimiliki peneliti agar karya ilmiah dapat diverifikasi dalam rangka asesmen riset.

Sumber: erickunto.com

 

Pengantar

Paparan ini disampaikan pada agenda Workshop Literasi bagi Akademisi yang diselenggarakan oleh IAIN Purwokerto pada 24 Maret 2021.

Prasyarat kegiatan

Peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan menyiapkan dokumen berikut dalam rangka kelancaran dan efisiensi pelaksanaan kegiatan. Dokumen yang harus disiapkan antara lain:

  1. Foto close up dalam format jpeg atau PNG dengan ukuran di bawah 1 MB
  2. Biografi singkat yang mencakup nama dan gelar, afiliasi, riset yang diminati, dan publikasi terakhir
  3. Daftar pengembangan diri mencakup sertifikasi, kursus, narasumber, maupun peserta kegiatan ilmiah
  4. Daftar lengkap publikasi, baik berupa teks maupun file RIS

Daftar 2 hingga 4 akan lebih baik jika telah diurutkan berdasarkan kegiatan/publikasi terbaru. Anda juga dapat menambahkan peran atau kegiatan lainnya, misalnya menjadi editor maupun reviewer di jurnal ilmiah.

Topik pembahasan

Beberapa poin penting yang dibahas pada agenda ini antara lain:

  • Esensi researcher id
  • Macam & fungsi researcher id
  • Aplikasi jejaring & fungsinya
  • Demo pendaftaran akun
  • Tanya Jawab

Materi

Berikut salindia paparan untuk materi workshop. Geser ke kiri untuk menuju slide atau tayangan berikutnya.

Researcher Digital ID oleh Eric Kunto Aribowo

Materi di atas dapat diunduh dalam format PDF melalui tombol download di bawah ini. 

Panduan penting

Berikut beberapa panduan terkait pembuatan akun:

Tanya-jawab

Pertanyaan dan jawaban dalam kegiatan ini akan diarsipkan di sini.

Tanya: Ada beberapa artikel yang ditambahkan manual dari Googl Scholar tetapi tidak terintegrasi/muncul ke akun Sinta, kenapa ya?
Jawab: Saya menyarankan untuk karya ilmiah yang masih offline atau cetak agar diunggah versi scan melalui repositori institusi. Dengan mengunggahnya ke repositori, pembaca dapat membaca fulltext dari tulisan Anda. Silakan coba kontak perpustakaan dan jangan lupa untuk berkorespondensi ke pengelola jurnal atau penyelenggara konferensi untuk meminta izin unggah karya Anda.

Tanya: Bagaimana mengganti afiliasi di scopus ID? misal saya dulu saat publikasi pertama masih pascasarja kampus dulu menjadi kampus kita bekerja sekarang.
Jawab: Saya menyarankan agar Anda meminta bantuan pustakawan untuk melakukannya. Sebagaimana informasi dari Elsevier, permintaan penyuntingan afiliasi penulis yang dilakukan oleh penulis sendiri tidak akan diproses.

If you want to create an institutional profile or correct affiliation details, please contact Elsevier.
Note: Only an affiliation administrator or librarian can request corrections to affiliation details. Requests from researchers, for example, cannot be processed. If you are a researcher and want to update the affiliation currently associated with your profile, please contact us below and select 'Author Profile Correction' as a contact reason.

Tanya: Bagaimana cara membuat Scopus ID?
Jawab: Scopus ID akan otomatis dimiliki bilamana telah memiliki karya yang terindeks di Scopus.

Tanya: Apakah artikel yang baru publish langsung terdeteksi ORCID?
Jawab: Artikel akan masuk dalam rekaman ORCID ketika penulis memasukkan ORCID di setiap submisi artikel. Karena ORCID terintegrasi dengan CrossRef makan setiap artikel yang memiliki DOI akan terekam di akun ORCID. Untuk menampilkan ke daftar karya Anda, silakan coba login ke ORCID dan cek pada bagian work. Untuk jurnal yang menggunakan OJS, silakan cek tutorialnya di sini.

Tanya: Apakah gabung orcid sama juga dengan membuat web?
Jawab: Tidak. Namun, jika pengguna melengkapi semua informasi kegiatan akademiknya, ini juga dapat dimanfaatkan sebagai CV digital.

Tanya: Bagaimana cara agar twitter kita bisa memunculkan info terupdate tentang perjunalan, penulisan, dan lain lain?
Jawab: Coba ikuti atau follow penerbit, jurnal, para pakar di bidang Anda. Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika akun yang Anda ikuti memposting cuitan.
Baca Juga