Menulis Superscript dan Subscript pada Judul Referensi di Zotero

Judul artikel pada bidang ilmu tertentu, misalnya Kimia membutuhkan superscript dan subcript misalnya rumus senyawa. Bagaimana cara menulis di Zotero?

Sumber: erickunto.com


Memunculkan daftar pustaka secara otomatis sangatlah mudah jika kita menulis kutipan menggunakan Reference Management Software. Namun, pada faktanya penarikan informasi metadata dari DOI maupun Zotero Connector tidak dapat memfasilitasi judul-judul artikel yang memuat penulisan alternatif judul lain seperti: penulisan cetak superscript, subscript, cetak tebal, ataupun miring. 

Pada kasus-kasus tertentu misalnya pada artikel di bidang Kimia, kita terkadang dituntut untuk menuliskan rumus senyawa pada judul artikel, seperti pada contoh artikel di bawah ini.

Sumber: SpringerLink

Lalu, bagaimana cara kita menuliskan judul dengan model tersebut? Apakah kita harus mengeditnya satu per satu secara manual? Tentu tidak, dengan menambahkan kode html judul akan tertulis otomatis, baik superscript, subscript, cetak miring, maupun cetak tebal. Bagaimana cara mengaturnya?

Format penulisan kata atau frase pada judul

Anda dapat menerapkan pemformatan teks dengan menambahkan kode HTML berikut secara manual pada judul yang ada di library Zotero Anda:
  • <sub>TEKS</sub> untuk subscript
  • <sup>TEKS</sup> untuk superscript
  • <i>TEKS</i> untuk italics
  • <b>TEKS</b> untuk bold

Untuk penjelasan yang lebih detil, silakan amati contoh berikut.

Penulisan subscript

Jika Anda ingin menuliskan judul "Synthesis, electrochemical and theoretical characterization of schiff base as an anticorrosive molecule for mild steel in 0.5 M H2SO4 medium" yang mengandung rumus kimia H2SO4 maka Anda tinggal menambahkan kode H<sub>2</sub>SO<sub>4</sub> pada judul artikel di library Zotero.

Rumus: <sub>TEKS</sub>

Tampilan edit metadata judul artikel untuk subscript

Penulisan superscript

Untuk penulisan superscript, misalnya pada kata Tb3+ yang terdapat pada "LaF3: Tb3+ nanoparticles show adaptability to targeted therapy for a safer cancer cell treatment" maka kita tinggal menambahkan kode Tb<sup>3+</sup>.

Rumus: <sup>TEKS</sup>

Tampilan edit metadata judul artikel untuk superscript

Penulisan cetak miring

Untuk penulisan cetak miring, misalnya untuk spesies atau genus tertentu pada prinsipnya sama. Cukup tambahkan kode <i>TEKS</i> pada kata atau frase yang ingin diset miring, misalnya frase Andrographis paniculata maka ditulis <i>Andrographis paniculata</i>.

Penulisan cetak tebal

Tidak jauh berbeda, penulisan cetak tebal pada judul dapat dilakukan dengan menambahkan kode <b>TEKS</b>. Ternyata, cukup mudah bukan?

Catatan untuk Mendeley

Anda juga dapat menggunakan cara ini di Mendeley Anda. Untuk Mendeley akan sedikit berbeda dengan Zotero yang tetap menampilkan kode tambahan pada judul referensi di library. Di Mendeley, setelah Anda memasukkan kode tersebut, secara otomatis Mendeley akan menghapus kode sehingga tidak tampil pada metadata di library. Untuk mengeceknya, silakan masukkan sebagai kutipan dan tampilkan daftar pustaka.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar RMS silakan bubuhkan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah. Agar tidak ketinggalan postingan artikel saya silakan input alamat email Anda pada kolom Nawala Digital atau Newsletter. Secara otomatis, Anda akan dikirimi email pemberitahuan apabila terbit blogpost terbaru saya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga