Bagaimana Cara Saya Menemukan Referensi Ilmiah

Sumber: erickunto.com

Pengantar

Berikut ini tiga platform dan perangkat lunak yang sering saya gunakan dalam melakukan penelusuran referensi ilmiah. Kombinasi ketiga platform ini saya jamin dapat memberikan rekomendasi paper-paper relevan yang selama ini kita cari.

Selain itu, semua hasil pencarian yang dilakukan dari ketiga platform ini dapat diekspor ke format RIS dan/ BibTeX sehingga dapat dibuka di Reference Management Software seperti Zotero, Mendeley, EndNote, dlsb. Dengan kata lain, kita tidak perlu lagi mengimpor satu per satu referensi tersebut. Ini akan mempermudah kita, ketika kelak referensi-referensi tersebut akan kita gunakan sebagai rujukan di karya kita berikutnya.

5 Poin penting sebelum melakukan pencarian

Sebelum mencoba melakukan penelusuran, saya menyarankan Anda untuk mencermati beberapa poin penting berikut.

  1. Susunlah daftar kata kunci atau keywords yang relevan dengan topik yang ingin Anda cari
  2. Identifikasi istilah yang digunakan dalam kancah nasional dan global. Temukan pula sinonim atau kata lain yang digunaan untuk penelusuran kata kunci tersebut
  3. Gunakan jangan hanya satu kata kunci. Coba gunakan kombinasi dengan bantuan Boolean: AND dan/ OR
  4. Manfaatkan tanda kutip jika mencari frase, misal "teknologi pendidikan"
  5. Input kata kunci, bukan judul. Identifikasi kata-kata kunci dari judul, misalnya "Hukum penggunaan dompet digital menurut ajaran Islam". Artinya, kata kuncinya adalah "dompet digital" AND islam

Salindia materi

Bagaimana Cara Saya Menemukan Referensi Ilmiah oleh Eric Kunto Aribowo

Latihan mandiri

Jika Anda tertarik mencoba berlatih mandiri melakukan penelusuran referensi, coba selesaikan tiga kasus berikut ini.

Penutup

Apakah Anda memiliki kiat lain dalam melakukan penelusuran referensi ilmiah? Tulis pengalaman Anda di kolom komentar agar dapat dicoba oleh pembaca lainnya.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan segan-segan untuk membagikannya ke mahasiswa, kolega, atau rekan kerja Anda.

Baca Juga