Kembali ke Sekolah bersama Bitmoji

Anda sering menjumpai poster, infografik, atau presentasi yang saya buat terdapat karakter kartun yang mirip dengan diri saya? Bagaimana membuatnya?

Sumber: erickunto.com

Apa itu Bitmoji?

Apakah Anda sering menjumpai poster, infografik, atau presentasi yang saya buat terdapat karakter kartun yang mirip dengan diri saya seperti gambar di bawah ini?

Bitmoji adalah emotikon karakter kartun lucu yang dapat Anda sesuaikan agar terlihat seperti tampilan fisik diri Anda dalam versi kartun! Pilih warna rambut, warna kulit, pakaian, bentuk wajah, aksesori, dan lain sebagainya sesuai dengan karakter dan kesukaan Anda. 

Karakter Bitmoji dapat diekspor ke format gambar dan dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam konten media seperti stiker dengan pesan yang unik, infografik pendidikan, poster pembelajaran, dlsb. Bitmoji juga dapat digunakan untuk signature email Anda, stiker pesan teks, postingan media sosial, bahkan sebagai umpan balik pada hasil kinerja online siswa. 

Berikut adalah contoh stiker cetak tentang profesi di dunia yang dibuat dengan menggunakan Bitmoji. Menarik, bukan?

Fungsi Bitmoji untuk Pendidik

Popularitas Bitmoji telah meroket di kalangan pendidik pada beberapa tahun terakhir ini. Kita dapat menggunakannya untuk:

  1. Feedback kinerja online siswa
  2. Cetak menjadi stiker, label, dll.
  3. Digital story-telling & presentasi
  4. Komik dan infografik digital
  5. Bisa juga untuk email signature

Buat Bitmojimu

Catatan! Beberapa pengguna melaporkan adanya masalah saat mendaftar Bitmoji melalui aplikasi. Jika Anda mengalami masalah serupa, coba halaman pendaftaran Bitmoji ini.

Anda dapat membuat Bitmoji melalui aplikasi iOS atau Android. Untuk penggunaan di komputer Anda dapat memasang ekstensi browser Chrome. Karakter Bitmoji yang Anda buat melalui aplikasi akan tersinkron dengan karakter di ekstensi Chrome selama Anda login dengan menggunakan akun yang sama.

Beberapa tips

  • Cara menyimpan gambar Bitmoji – melalui Ekstensi Chrome, temukan gambar yang ingin Anda simpan. Klik kanan dan pilih opsi "simpan gambar sebagai". Setelah Anda menyimpannya ke desktop Anda, Anda dapat menggunakannya seperti halnya gambar lain yang Anda miliki.
  • Bagikan langsung dari aplikasi smartphone – Anda dapat membuka aplikasi Bitmoji di perangkat iOS atau Android, pilih karakter yang Anda inginkan, dan bagikan ke Facebook, Twitter, dan layanan lainnya langsung dari aplikasi.
  • Berbagi melalui keyboard Bitmoji – Aplikasi iOS dan Android memungkinkan untuk menambahkan keyboard khusus yang dapat Anda gunakan untuk menyisipkan Bitmoji di aplikasi tertentu seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, dll. Ikuti petunjuk di pengaturan aplikasi dalam rangka menyiapkan keyboard Bitmoji. Keyboard akan muncul di tempat emotikon dan opsi gif.

Salindia

Kebetulan, nanti malam hari Selasa 10 Agustus 2021 saya diminta untuk sharing terkait penggunaan Bitmoji kepada rekan-rekan Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mencermati salindia atau presentasi yang akan saya sampaikan, silakan geser ke lembar berikutnya dari media yang ada di bawah ini.

Kembali ke Sekolah bersama Bitmoji oleh Eric Kunto Aribowo

Sumber bacaan

Berlangganan artikel blog

Jika Anda tidak ingin ketinggalan blogpos terbaru dari website ini, silakan berlangganan melalui tautan ini. Jangan kuatir karena layanan ini tidak dipungut biaya atau gratis.

Apakah Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini? Jangan segan untuk membagikan ke rekan sejawat, guru, siswa dan orang-orang yang Anda sayangi. Untuk pertanyaan lebih lanjut, mohon dapat disampaikan pada kolom komentar.

Baca Juga