Kursus Daring Riding the Wakelet Wave

MOOC atau Kursus Daring Terbuka Masal merupakan tren pendidikan terbuka saat ini. Banyak platform yang sudah menyediakannya, termasuk Wakelet.

Sumber: erickunto.com

Pengantar

Baru saja saya menyelesaikan kursus daring gratis yang disediakan oleh Wakelet yang bertajuk Riding the Wakelet Wave! Ini merupakan kursus kedua yang sebelumnya bernama Surfing 5C's with Wakelet (sertifikat elektronik terlampir di bawah ini). Di kursus ini, Wakelet telah memperbarui dengan materi berupa fitur-fitur terbarunya, termasuk Space.

Sumber: erickunto.com


Deskripsi kursus

Mulailah kursus Wakelet yang diperbarui dan buka kekuatan platform dalam pengajaran Anda! Kursus ini akan menunjukkan bagaimana pendidik dapat memanfaatkan fungsi kurasi, berbagi, dan kolaborasi Wakelet, serta menciptakan lingkungan belajar virtual di dalam Space di Wakelet!

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan kursus, pendidik akan mampu:

  1. Meningkatkan kolaborasi, komunikasi, dan kerja tim di kelas Anda.
  2. Menemukan cara baru untuk berbagi materi yang menarik dengan komunitas belajar Anda.
  3. Menemukan ide untuk terlibat dan terhubung dengan siswa yang belajar dari rumah.
  4. Memulai perjalanan Anda di Wakelet Wave dengan bergabung bersama komunitas pendidik yang menginspirasi.

Tip! Semua materi dalam kursus ini disajikan dalam bahasa Inggris. Anda dapat memanfaatkan add-on translator yang ada di peramban Anda masing-masing untuk menerjemahkan materi berupa teks.

Model kursus

Kursus ini tersedia secara gratis di Microsoft Education Center. MEC merupakan salah satu MOOC (Kursus Daring Terpadu Masal) yang menyediakan banyak kursus digital, terutama terkait produk-produk dan layanan Microsoft. Model kursus seperti kebanyakan MOOC lainnya yakni dengan model self-paced. Artinya, calon peserta kursus akan disuguhi materi pembelajaran multimedia yang berupa teks dan video dari setiap topik bahasan. Di akhir materi akan terdapat kuis yang harus diselesaikan sebagai bahan evaluasi peserta. Jika peserta lulus (biasanya dengan ambang batas 80% pertanyaan terjawab) maka akan diterbitkan badge dan/ sertifikat elektronik. Kuis dalam bentuk soal piilhan ganda, pilihan jamak, dan/ mengurutkan. Yang paling menarik adalah peserta dapat mengikuti kursus kapan pun dia memiliki waktu luang karena tidak ada batasan waktu.

Cara mengikuti kursus

Untuk mengikuti kursus ini setiap peserta diharuskan memiliki akun MEC. Dengan akun ini maka setiap kursus yang telah Anda ikuti dan selesaikan akan terekam. Anda juga dapat mengekspor trankrip dari semua kursus yang telah Anda ikuti. Tidak perlu kuatir karena Anda dapat memperoleh akun ini secara gratis. Silakan klik di tautan ini untuk mendaftarkan akun. Berikut langkah-langkah mengikuti kursus Wakelet di MEC.

  1. Masuk ke MEC melalui akun Anda. Daftar apabila belum memiliki akun.
  2. Pilih menu Training > Courses lalu masukkan kata kunci Wakelet atau klik di sini.
  3. Pelajari materi yang disajikan sampai tuntas. Normalnya, kursus ini membutuhkan waktu 1 jam.
  4. Selesaikan kuis di akhir materi. Jawab minimal 80% soal yang ada.
  5. Bagikan ke media sosial bahwa Anda baru saja menyelesaikan kursus.
  6. Unduh sertifikat elektronik.

Catatan! Anda tidak perlu terburu-buru menyelesaikan kursus ini. Pahami setiap materi yang ada sehingga Anda mampu menjawab soal dengan mudah. Jika Anda gagal dalam menjawab 8 soal dengan benar, jangan kuatir karena Anda dapat mengulangnya.

Penutup

Slogan belajar sepanjang hayat sudah semestinya menjadi kegiatan sehari-hari yang kita lakukan sebagai pendidik. Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan MOOC secara terbuka dan gratis. Pendidik perlu mengalokasikan waktu untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan skill yang dimilikinya. Setelah Anda menyelesaikan kursus Riding the Wakelet Wave! silakan telusuri dan coba ikuti kursus-kursus lain yang ada di MEC. Selamat menjadi longlife learners!


Baca Juga