Akhirnya Menyelesaikan Sertifikasi Apple Teacher

Apple Teacher disediakan bagi pendidik yang menggunakan iPad dan/ Mac untuk kalangan pendidikan. Sertifikasi ini sebagai pengakuan dan dukungan Apple.

Sumber: apple.com

Pengantar

Akhirnya, setelah sekian lama tertunda, selesai juga sertifikasi Apple Teacher. Program ini sebenarnya sudah saya mulai sejak pertengahan Juni tahun 2019, namun sempat mangkrak dan terhenti karena ada hal lain yang harus didahulukan. 😄

Pengalaman menggunakan produk Apple

Sebagaimana digunakan sebagai nama, program ini memang ditujukan bagi para pengguna produk Apple dan menggunakannya untuk proses pendidikan, terutama untuk belajar-mengajar. Dua piranti yang paling memiliki peran penting memang iPad dan Mac, yang kebetulan dua produk ini telah lama saya gunakan. Pertama kali membeli produk Apple, saya memiliki iPod generasi kedua di tahun 2010. Kemudian di tahun 2013 mulai menggunakan iPad untuk mengajar karena mulai bermunculan aplikasi-aplikasi edukatif untuk mengajar. Bahkan, saya pernah menulis artikel khusus tentang ini "iPadagogi dalam Praktik: Sebuah Model m-learning dalam Pembelajaran Bahasa". Pada artikel ini , saya menerangkan contoh-contoh bagaimana aplikasi dapat membantu kita dalam meningkatkan performa mengajar kita. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan klik tautan ini. Untuk Mac, saya baru menggunakannya di pertengahan tahun 2016. Bagaimana dengan Anda?

Apa itu Apple Teacher?

Sebagaimana dilansir dari laman resminya:

Apple Teacher adalah program pembelajaran profesional gratis yang didesain untuk mendukung dan menghormati pendidik yang menggunakan produk Apple untuk mengajar dan belajar. Sebagai pendidik, Anda bisa mengasah keterampilan di iPad dan Mac yang sesuai dengan aktivitas bersama siswa Anda, memperoleh pengakuan atas hal baru yang Anda pelajari, dan diberi penghargaan atas kerja keras yang Anda lakukan setiap hari.

Tampilan laman depan Apple Teacher


Nah, intinya Apple Teacher ini disediakan bagi para pendidik yang menggunakan produk Apple, khususnya iPad dan/ Mac untuk kalangan pendidikan. Sertifikasi ini sebagai bentuk dukungan dan pengakuan Apple bahwa pendidik yang menggunakan produknya untuk kepentingan pendidikan memang benar menguasai fungsi-fungsi dasar beberapa aplikasi dan memanfaatkan iPad dan/ Mac untuk kepentingan mengajar sehari-hari.

Materi sertifikasi

Sertifikasi ini terdiri dari dua macam, iPad dan Mac. Anda dapat mengambil salah satu program tersebut. Namun, jika Anda memang menggunakan iPad dan Mac, saya menyarankan Anda mengambil keduanya. Sebelum Anda mengikuti sertifikasi, Anda dapat mempelajari konten-konten yang disediakan sebagai materi yang nantinya akan diujikan untuk lolos sertifikasi. Masing-masing versi, baik iPad maupun Mac memiliki enam materi tersendiri mulai dari: iPad/Mac, Pages, Keynote, Numbers, iMovie, dan GarageBand.

Setidaknya lebih dari 60 materi yang dapat dipelajari di sini dan Anda dapat mengambilnya kapan pun Anda memiliki waktu luang. Tidak ada batas waktu kapan Anda harus menyelesaikan bagian-bagian materi. Materi disajikan dalam bentuk gambar dan teks penjelas layaknya tutorial bagaimana memaksimalkan piranti dan aplikasi Apple untuk pembelajaran.

Pilihan materi yang ada di Apple Teacher

iPad

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampun mentrasformasikan iPad menjadi buku, kamera, asisten, papan sketsa, dlsb. agar dapat membantu melalui hari-hari di sekolah.Materi yang dibahas seperti: home screen, control center, camera, photos, siri, safari, multi tasking, notes, voice memos, screenshoots, accessibility, dan maps.

Mac

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampun mentransformasikan Mac menjadi buku, kamera, asisten, studio rekaman, dlsb. yang memberdayakan penggunanya melalui hari-hari di sekolah. Materi terkait seperti Desktop, Finder, Spotlight, Safari, Siri, Photo Booth, Photos, Notes, Multitasking, Screenshoots, Accessibility, dan Maps.

Pages

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu membuat laporan, buletin, poster, buku, dlsb. dari templat yang tersedia dengan kostumasi jenis font, gambar, video, audia, dan ikon atau elemen lain.

Sumber: Apple Teacher

Keynote

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu membangun cerita menjadi lebih hidup dengan foto, ilustrasi, dan animasi menggunakan Magic Move. Topik-topik yang dibahas antara lain: Slides, Photos, Shapes, Add Media, Tables, Charts, Animation, Magic Move, Present, dan Presentasi Video.

Numbers

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu mengelola dan menjelaskan data melalui grafik yang penuh warna, tabel ringkasan, foto, bahkan video di lembar kerja yang menarik. Topik yang dipelajari antara lain: Basic, Formatting, Media, Charts, Shapes, Calculations, Categories, Sheets, Collaboration.

iMovie

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu membuat dan membagikan video yang berisi judul, musik, efek dari semua foto dan video yang diambil melalui kamera iPad/Mac. Topik yang dibahas seperti: movies, trimming, transitions, photos, titles, audio, overlays, green screen, adjustments, effects, dan sharing.

Garage Band

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu memainkan instrumen musik dan menambahkan rekaman suara, loop, dan suara efek, puisi yang direkam, soundtrack, dan lain sebagainya. Topik yang dibahas antara lain: audio recorder, apple loops, editing, automation, drummer, software instrument, sound library, mixing, dan sharing.

Cara mengikuti sertifikasi

Untuk mengikuti sertifikasi ini Anda tidak dipungut biaya, bahkan termasuk sertifikat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Menuju ke appleteacher.apple.com lalu login menggunakan Apple ID. 
  2. Pelajari materi yang tersedia. Tidak harus berurutan.
  3. Ambil tes dan jawab minimal 80% benar. Setiap satu topik tuntas akan mendapatkan badge.
  4. Lengkapi keenam badge untuk mendapatkan sertifikat.
Keenam badge yang harus dituntaskan

Strategi menyelesaikan materi

Saya menyarankan Anda untuk mempelajari terlebih dahulu konten-konten yang telah disediakan. Percayalah, Anda akan mendapatkan hal dan informasi baru terkait bagaimana memaksimalkan iPad dan/ Mac sebagai piranti ampuh untuk mendukung pembelajaran. Selesaikan bagian demi bagian. Lanjutkan di kemudian hari jika memang ada hal lain yang harus Anda kerjakan. Plot satu-dua jam per hari untuk belajar lalu kerjakan tes. Soal yang muncul dalam berbagai variasi, mulai dengan pilihan ganda, memilih beberapa jawaban benar, mengurutkan, menjodohkan, dlsb.  

Penting! Untuk mendapatkan badge, Anda minimal harus memberikan 4 jawaban benar (dari total 5 soal). Soal juga akan selalu diacak ketika Anda mengulang tes tersebut. Pastikan Anda memang benar-benar menguasai setiap topik yang diujikan.

Penutup

Saat ini memang banyak vendor atau pemilik produk yang menyediakan dukungan untuk pendidikan. Sebagian besar bertipe MOOC atau kursus daring yang dapat dipelajari secara mandiri. Cermati setiap panduan yang ada dan tanyakan jika Anda menemui kendala. Jika Anda memiliki pengalaman menarik lainnya, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga