Special Delivery dari Wakelet

Artikel ini berisi penjelasan paket spesial dari Wakelet yang dikirimkan menjelang Tahun Baru 2021

Sumber: erickunto.com

 

Hadiah Akhir Tahun

Lebih kurang dua minggu lalu saya mendapatkan kiriman khusus dari Wakelet. Menjelang akhir tahun memang biasanya tim dari Wakelet mengirimkan ucapan selamat Tahun Baru dan Natal bagi seluruh pada ambassador Wakelet di seluruh dunia sekaligus sebagai bentuk apresiasi terhadap para komunitas yang membantu menyebarluaskan penggunaan Wakelet untuk sarana pendidikan. Dan sering kali, saya menjadi orang terakhir yang menerima paket jika dibandingkan dengan ambassador-ambassador lain. Ketika teman-teman ambassador lain sudah menerima paket bahkan sebelum pertengahan Desember, saya biasanya mendapatkan paket selepas Tahun Baru. Setelah saya cek tanggal pengiriman ternyata memang telah dikirimkan jauh-jauh hari, tepatnya tanggal 26 Agustus 2020. Ini berarti sampai di Indonesia, paket tersebut lebih kurang membutuhkan waktu lima bulan.

Sumber: erickunto.com

Biaya Penerimaan Paket

Mulai tahun 2020 Kemenkeu menetapkan aturan biaya masuk bagi barang-barang yang dikirim dari luar negeri. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka melindungi produk-produk nasional. Sayangnya, paket yang dibebaskan biaya masuk yang saya ketahui harus memiliki prosedur dan bukti korespondensi dari pengirim, salah satunya adalah produk atau material yang digunakan untuk riset. Namun, jika Anda tidak memiliki bukti tersebut akan dikenai biaya masuk yang besarannya disesuaikan dengan nilai barang yang dikirimkan. Apabila dalam paket tidak disertakan dokumentasi terkait nilai barang tersebut, pihak kepabaean akan menentukan taksiran harga sesuai dengan harga normal yang berlaku di Indonesia.

Sumber: erickunto.com


Untuk kasus paket ini yang dikirim melalui Pos Indonesia, saya dikenai biaya sebesar Rp86.000,00 plus administrasi Pos Rp5.000,00 dengan taksiran nilai barang $2 dengan berat 1 kg. Alhamdulillah karena sebagaimana yang tertera di dokumen pengiriman dari Wakelet tertulis 10 GBP atau sekitar Rp191.000,00 (menurut kurs saat ini). Apa saja rincian biaya tersebut?

  • Bea masuk Rp36.000,00
  • PPN Impor Rp18.000,00
  • PPh Pasal 22 Rp 27.000,00

Apa isi paketnya?

Isinya antara lain ada amplop yang berisi sertifikat ambassador berisi nama yang ditulis tangan (keren ini mereka menulis satu per satu nama ambassador. Padahal saat ini jumlahnya ratusan 🤩). Di samping itu, ada pula kartu ucapan terima kasih yang menyentuh hati. Ada juga permen lolipop yang langsung diambil putri saya. Lalu ada kaos ambassador, stiker, tali lanyard untuk ID card, dan kertas berisi QR Code material untuk ambassador.

Sumber: erickunto.com

Jika Anda tertarik mempelajari Wakelet, silakan klik pada label "Wakelet" atau menuju ke beberapa artikel di bawah ini.

Baca Juga